Home Penyakit dan KelainanAmandel 13 Bahaya Amandel Bengkak

13 Bahaya Amandel Bengkak

by Ana Rohma

Amandel merupakan kelenjar getah bening yang merupakan benteng pertahanan tubuh dari masuknya virus atau bakteri melalui hidung dan mulut. Penyaringan yang dilakukan oleh amandel akan memaksa sel darah putih untuk  membunuh virus dan bakteri yang masuk bersama makanan ataupun udara yang kita hirup. Penyakit Amandel adalah peradangan yang terjadi di amandel, letaknya di pangkal tenggorokan. Penyakit yang di sebut juga penyakit tonsillitus ini mengakibatkan sakit luar biasa yang bisa dirasakan di daerah tenggorokan.

bahaya amandelJenis Penyakit Amandel

Jenis dari amandel ada 2 macam yang diketahui secara klinis yaitu :

  • Jenis pertama, akan terasa nyeri saat menelan makanan atau minuman dan biasanya juga di sertai demam.
  • Jenis kedua, memang tidak merasa nyeri saat menelan, namun lama-lama ukurannya menjadi membesar,. Kondisi ini disebut hipertrofi, maka akan menyebabkan penderita sulit menelan.

Kondisi yang jelas bisa di lihat dari penderita amandel adalah, penderita akan merasa sakit d telinga saat menelan. Kemudian bau mulut tidak sedap, kadang amandel bisa dilihat saat penderita membuka mulutnya. Saat itu, akan terlihat permukaan tonsil berwarna kemerahan dan ada warna putih pecah-pecah.

 Penyebab Penyakit Amandel

Amandel ini disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Penyakit ibi tidak hanya disebabkan oleh 1-2 bakteri atau virus saja, seperti penyakit-penyakit pada umumnya. Peradangan pada amandel bisa disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Bahkan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan amandel cukup banyak, sehingga wajar jika penyakit ini cukup sering menyerang seseorang. Virus dan bakteri penyebab amandel, sebagai berikut :

1. Virus – Amandel yang disebabkan virus pada umumnya disebabkan oleh virus pilek, seperti adenovirus, influenza, rhinovirus, RSV, dan coronavirus. Tidak hanya virus pilek, penyakit amanadl juga bisa disebabkan oleh virus Herpes simpleks virus, Epstein barr, aytomegalovirus, atau bahkan virus HIV.

2. Bakteri – Amandel juga bisa disebabkan bakteri. Bakteri yang umumnya bisa menyerang amandel adalah GABHS, Staphylcoccus aureus, Mycoplasma pneumoniae, pertusis, difetri, gonore, sifilis, dan clamydia pneumoniae.

Jika sudah terjadi peradangan pada amandel maka harus dilakukan treatment yang tepat agar peradangan tidak membuat amandel semakin membesar.

Bahaya Amandel

Hampir  70% penyebab amandel dikarenakan oleh faktor makanan. Jika dibiarkan maka akan sangat mengganggu saluran tenggorokan yang merupakan jalannya sistem pernapasan dan juga sistem pencernaan tubuh. Jika sudah begini maka akan membuat bahaya amandel semakin kronis. Penyakit amandel yang diderita tidak hanya sehari dua hari, melainkan bisa sampai berminggu-minggu. 

1. Menurunnya pasokan oksigen

Radang amandel yang semakin menerima serangan bakteri dan virus akan membuat tonsil semakin membesar, kondisi ini disebut hypertrofi. Pembesaran tonsil ini akan membuat ruang pernapasan semakin sempit, dampaknya adalah suplai oksigen di dalam tubuh akan semakin sedikit. Kondisi ini akan memperburuk sistem pernapasan.

2. Menurunnya daya konsentrasi

Sedikitnya suplai oksigen di dalam tubuh, yang kemudian akan diikat oleh darah untuk di salurkan ke dalam otak akan membuat fungsi otak bisa menurun. Otak sangat membutuhkan suplai oksigen untuk tetap berfungsi dengan baik, kurangnya oksigen akan mengurangi daya konsentrasi dan daya ingat.

3. Nafsu makan berkurang

Kondisi peradangan amandel akan terasa sangat tidak nyaman. Untuk menelan ludah saja akan terasa nyeri, apalagi makan atau minum. Tidak jarang penderita penyakit amandel merasa tidak nafsu untuk makan. Atau bahkan pola makan kita tidak akan teratur. Penderita amandel berusaha untuk tidak banyak makan saat radang amandel.

4. Kekurangan gizi

Kebutuhan nutrisi yang kurang dalam tubuh, dampak terburuknya adalah tubuh kita akan kekurangan nutrisi. Kebutuhan tubuh akan kalori untuk menjaga stamina tubuh dan zat besi yang di butuhkan darah, akan sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Jika asupan nutrisi kita kurang maka akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita menurun. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena peradangan amandel akan semakin membesar.

5. Kondisi Psikologis Terganggu

Penderita akan mengalami pikiran yang berat dan bisa merasa stres dengan apa yang dialami, yang mengganggu psikologis. Sakit amandel bukan penyakit sederhana.

Sakit yang dirasakan akan sangat mengganggu ketenangan pikiran. Rasa nyeri yang bisa dirasakan seluruh badan, sakit kepala, menggigil, dan bahkan disertai demam, akan dirasakan penderita sekitar seminggu hingga dua minggu tergantung tingkat keparahan amandelnya.

6. Komplikasi saluran THT

Jika radang amandel semakin kronis yang artinya sudah sangat membesar dan bahkan hampir menyumbat sistem pernapasan maka akan berpotensi terjadinya komplikasi pada saluran THT lainnya. Jika sudah begini maka diperlukan tindakan medis yang pada umumnya akan dilakukan pembedahan.

Pencegahan Bahaya Radang Amandel

Amandel memiliki fungsi penting untuk menyaring makanan, minuman, ataupun udara yang masuk ke dalam tenggorkan. Tidak jarang sesuatu yang masuk ke dalam tubuh bisa melalui mulut atau hidung mengandung bakteri dan virus yang bisa mengancam tubuh. Itulah fungsi Amandel untuk menyaring dan menghancurkan virus dan bakteri yang masuk.

Amandel adalah tempat pertarungan sel darah putih yang memiliki fungsi kekebalan tubuh “bertarung” melawan virus dan bakteri. Semakin sering terjadinya pertarungan maka akan besar peluangnya untuk membuat amandel mengalami peradangan. Oleh karena itu, untuk bisa menghindari kerja Amandel maka kita perlu mengatur gaya hidup sehat, terutama pola makan yang baik.

  1. Pastikan makanan yang dikonsumsi, adalah makan higienis
  2. Ganti kebiasaan “ngemil” dengan makan buah-buahan
  3. Hindari makanan bersantan dan juga berminyak
  4. Atur waktu makan, jangan makan berkali-kali di waktu yang berdekatan
  5. Pastikan lingkungan tempat tinggal bersih
  6. Gunakan masker jika berada pada lingkungan kotor
  7. Perbanyaklah minum air putih, namun jangan air yang dingin

Dengan menjaga pola makan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan menjadi kunci utama bagi kita untuk terhindar dari bahaya amandel ini. Amandel adalah organ dalam tubuh yang sangat penting. Sayangi amandel yang telah menjadi benteng pertahanan dari serangan virus dan bakteri pada tubuh, dengan menjaga pola makan dan kebiasaan yang sehat. Selain itu, lakukan pertolongan pertama amandel dengan cara menghilangkan amandel secara alami, yang dapat dilakukan di rumah.

You may also like