14 Cara Menghilangkan Pegal di Punggung dan Leher Paling Mudah Dilakukan

993

Rasa pegal-pegal yang muncul seringkali membuat seseorang merasa resah dan tidak nyaman. Terutama pada saat malam tiba, seseorang yang mengalami pegal-pegal bisa saja sulit tidur. Keadaan ini tentu saja sangat mengganggu aktifitas, lantaran tidak bisa maksimal. Biasanya pegal yang terjadi pada beberapa bagian tubuh lantaran terlalu lelahnya seseorang. Terkadang ada yang melakukan aktifitas fisik cukup berat secara menerus, sehingga rasa lelah menumpuk dan membuatnya pegal-pegal.

Cara menghilangkan pegal di punggung dan leher ini ada beberapa macam. Mengapa? Karena yang sering terjadi, pegal menyerang bagian punggung dan leher. Untuk mengatasinya penderita tidak melulu harus pergi ke dokter, dengan beberapa langkah yang saya berikan pada halaman ini bisa anda coba.

  1. Kompres Air Hangat

Air hangat sangat manjur sekali dalam mengobati pegal-pegal di tubuh. Bahkan tidak sedikit orang mandi dengan air hangat saat merasa tubuhnya terasa pegal di bagian punggung dan leher. Anda bisa melakukan cara ini, mengompres bagian punggung dan leher. Media yang di gunakan bisa dengan waslap atau botol. Perlu Anda ketahui juga bahwa untuk teknik ini juga termasuk ke dalam cara mengobati mata lelah, cara mengobati masuk angin, dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Kompres Air Es

Air hangat atau air es, keduanya tidak berbeda dalam memberikan keringanan pegal pada tubuh. Cara mengompres dengan air es tidak jauh berbeda dengan mengompres menggunakan air hangat. Tergantung yang mana akan di pilih dan menjadi keinginan anda, air hangat atau air es.

  1. Pijat

Terapi pijat sudah menjadi teknik dalam meringankan keadaan tubuh yang pegal. Pijat memberikan tekanan pada otot, merangsang semua bagian dalam tubuh. Pegal-pegal yang menyerang pada punggung anda atau leher dapat di atasi dengan pijat tradisional. Mungkin Anda sebelumnya masih belum mengetahui bahwa sebenarnya untuk pijat tradisional ini juga termasuk ke dalam cara mengatasi susah tidur, cara mengatasi bunion, cara menghilangkan tremor, dan masih banyak lagi khasiat lain.

  1. Gerakkan Leher

Cara menghilangkan pegal pada bagian punggung dan leher lainnya adalah dengan memutar leher searah dengan jarum jam 7-8 kali. Ulangi gerakan ini dengan arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah itu cobalah untuk menarik nafas pada waktu memutar leher ke atas dan hembuskan ketika leher memutar ke bawah. Lakukan secara perlahan, karena gerakan ini bertujuan untuk relaksasi otot agar tidak kaku alias tegang.

  1. Gerakkan Bahu

Gerakkan bahu anda ke belakang dan juga ke depan. Kepalkan jari-jari tangan serta angkat lengan ke atas. Pandangan harus tetap lurus ke depan dan jangan membungkuk. Tahan selama satu menit, baru lengan kembali turun. Jika sudah, gerakkan bahu anda ke belakang dan ke depan, terakhir ulangi prosedur yang sama.

  1. Peregangan Tubuh

Cara lain adalah dengan meregangkan tubuh guna serta hilangkan stress. Caranya yakni dengan meletakkan kedua tangan ke belakang punggung, lalu genggam kedua tangan. Kemudian angkat lagi hingga otot-otot bahu tertarik. Tahan selama beberapa detik sambil tenangkan pikiran dan rileks-kan tubuh. Ulangi beberapa kali hingga tubuh terasa lebih nyaman dari sebelumnya. Namun jika Anda mengalami sakit nyeri pada bagian ini, segeralah mengkonsumsi obat nyeri otot bahu berikut untuk mengatasinya supaya tubuh dapat digunakan untuk bergerak lebih nyaman lagi.

  1. Konsumsi Obat Herbal/Tradisional

Obat untuk mengurangi rasa pegal biasanya seperti jamu tradisional atau jamu herbal. Cara ini sudah menjadi langkah umum ketika tubuh seseorang mengalami pegal. Misalnya saja seperti obat herbal pegal linu dan obat pegal linu tradisional yang berbahan alami adalah yang lebih aman.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Adapun makanan yang bisa menghilangkan rasa pegal di punggung dan leher adalah sejumlah makanan yang mengandung flavonol (jenis flavonoid) meliputi:

  • cokelat (untuk memperlancar aliran darah).
  • buah blueberry
  • delima
  • biji labu
  • jahe
  • buah ceri (karena ceri mempunyai kandungan anti radang yang bisa meredakan nyeri pada otot tubuh anda).
  1. Berbaring di Kasur

Ketika Anda merasakan rasa pegal pada bagian punggung, maka segeralah membaringkan tubuh di kasur tanpa menggunakan bantal selama beberapa saat, dengan begitu rasanya akan lebih lega dan otot akan menjadi lebih rileks. Anda perlu melakukan cara mengatasi badan pegal yang tepat untuk mendapatkan kondisi yang fit kembali sehingga akan menjadi lebih nyaman dalam setiap aktivitas.

Itulah beberapa cara menghilangkan pegal di punggung dan leher paling mudah yang bisa anda coba. Jika Anda sudah merasakan kejadian semacam ini maka segeralah ikuti salah satu atau beberapa teknik di atas untuk membuat punggung serta leher nyaman digerakkan lagi.