Home Featured Waspada! Kenali 5 Penyakit yang Rentan Dialami Pria

Waspada! Kenali 5 Penyakit yang Rentan Dialami Pria

by Putri Yohani Masnun

Wanita pria memiliki struktur tubuh yang berbeda, karena itu beberapa penyakit lebih banyak dialami pria baik di usia produktif maupun usia senja. Belakangan ini, semakin banyak pria yang mengeluhkan kesehatannya dan berujung dengan menjalani perawatan di rumah sakit. Kondisi ini terjadi bukan hanya kondisi fisik pria lebih lemah, melainkan saat ini banyak sekali pria yang menjalani pola hidup buruk dan terkesan acuh dengan kesehatannya. Akibatnya, saat penyakit sudah menjadi parah barulah meminta bantuan tenaga medis namun tentu butuh waktu lebih lama untuk sembuh. Setidaknya, para pria harus waspada dengan penyakit yang rentan dialami seperti berikut.

  1. Penyakit Jantung

Pola makan yang tidak sehat ditambah kebiasaan merokok menjadi penyebab utama seorang pria sangat rentan mengalami penyakit jantung. Selain itu, kesibukan dalam pekerjaan seringkali menyita waktu sehingga tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Jika anggota keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan selalu perhatikan kesehatan jantung Anda.

2. Kanker Paru-paru

Sebagai makhluk yang dominan mengkonsumsi rokok, jumlah pria yang menderita penyakit kanker paru-paru terus meningkat setiap tahunnya. Selain karena rokok, riwayat keluarga dan lingkungan kerja juga turut memicu seorang pria terserang kanker paru. Polusi yang diterima setiap hari termasuk zat kimia yang terhirup di tempat kerja akan meningkatkan seseorang mengalami kanker paru, yang merupakan kanker paling mematikan bagi kaum pria.

3. Kanker Prostat

Setelah kanker paru, kanker prostat menempati urutan kedua sebagai penyakit kanker yang paling sering menyerang pria. Kelenjar prostat yang berhubungan dengan organ reproduksi pria memang rentan mengalami gangguan kesehatan, dengan kasus yang paling sering terjadi adalah pembesaran prostat. Sebaiknya hindari makanan dan minuman tinggi lemak di usia lanjut agar terhindar dari masalah pada prostat.

4. Stroke

Penyakit stroke menempati urutan ketiga sebagai penyakit yang sering dialami pria setelah penyakit jantung dan kanker. Stroke terjadi akibat penebalan dinding pembuluh darah arteri sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan menyebabkan pembuluh darah pecah. Untuk menghindarinya, usahakan untuk olahraga secara teratur, hindari rokok dan alkohol dan konsumsi makanan yang sehat seperti makanan yang mengandung serat tinggi.

5. Depresi

Pria cenderung lebih menutup diri dengan segala peristiwa dalam hidupnya. Itulah alasan kenapa pria cenderung lebih mudah depresi daripada wanita, terutama jika ia memiliki masalah di tempat kerjanya. Jika dibiarkan, tak jarang para pria yang depresi memilih tindakan untuk bunuh diri. Karena itu, cobalah sedikit terbuka dan berbagi masalah dengan orang terdekat agar tidak sampai mengalami depresi.

Itulah beberapa penyakit yang memang rentan dialami pria. Sebisa mungkin miliki pikiran yang positif dan mulailah untuk menjalani pola hidup sehat. Penyakit tersebut terkadang tidak menimbulkan gejala awal, namun menjadi sangat fatal ketika sudah parah. Dengan lebih peduli terhadap kesehatan, setidaknya penyakit tersebut dapat dihindari.

You may also like