8 Kegunaan Asam Sitrat yang Sangat Bermanfaat bagi Kita

1389

Asam sitrat merupakan sebuah jenis asam organik yang biasa ditemukan di dalam daun dan buah dari tumbuhan jeruk. Salah satu kegunaan asam sitrat adalah berguna dalam industri makanan, farmasi, dan juga ternak. Asam sitrat sebenarnya bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayuran, namun jumlah asam sitrat yang tinggi biasanya ditemukan dalam buah jeruk termasuk jeruk nipis dan jeruk purut. Tidak ada efek samping dari penggunaan asam sitrat baik pada makanan ataupun pada minuman. Hal ini lah yang membuat kegunaan asam sitrat menjadi sangat banyak karena asam sitrat digunakan dalam berbagai macam hal

Adapun beberapa kegunaan asam sitrat yang sering digunakan diantaranya adalah :

  1. Digunakan sebagai bahan pengawet makanan
    Kegunaan asam sitrat yang paling sering digunakan adalah sebagai bahan pengawet makanan. Hal ini karena asam sitrat tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan. Asam sitrat bisa menjadi pengawet karena kandungan asam di dalamnya bisa berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Asam sitrat juga bisa berfungsi mempertahankan warna makanan dengan cara mengurangi kekeruhan warna pada makanan.
  2. Digunakan dalam proses pembuatan keju
    Keju sendiri merupakan salah satu produk olahan susu yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Dalam hal ini, Fungsi asam sitrat lainnya adalah digunakan pada proses pembuatan keju. Asam sitrat digunakan untuk proses menggumpalkan susu. Asam sitrat juga akan menambah cita rasa dari keju itu sendiri.
  3. Digunakan dalam bahan pembuatan kosmetik
    Asam sitrat juga digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kosmetik termasuk untuk perlengkapan bayi, make up, lipstick, dan kosmetik lainnya. Hal ini dilakukan karena asam sitrat sendiri bisa berfungsi untuk menghilangkan garis halus, menghilangkan keriput, menghilangkan bekas luka, membantu proses perbaikan warna kulit, menghilangkan sel – sel kulit mati yang ada pada pori – pori, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori – pori, melembutkan dan melembabkan kulit.
  4. Digunakan dalam pembuatan produk perawatan rambut
    Asam sitrat juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan produk perawtan rambut. Asam sitrat digunakan untuk membuat shampoo dengan ph yang tinggi. Fungsi dari asam sitrat ini adalah untuk menstabilkan dan mengurangi ph dengan tujuan untuk membuat rambut menjadi lebih halus dan mengkilap. Produk perawatan rambut lainnya yang menggunakan asam sitrat lainnya adalah konditioner, pewarna rambut, gel rambut, dan spray rambut.
  5. Digunakan dalam perawatan mulut dan gigi
    Fungsi asam sitrat yang lain adalah untuk mencegah pembentukan karang gigi yang akan membuat gigi anda menjadi keropos. Ada banyak bahaya karang gigi bagi kesehatan. Dengan asam sitrat maka akan bisa mencegah pertumbuhan dari mikroorganisme pembentuk karang gigi. Oleh karena itulah asam sitrat juga sering digunakan dalam pembuatan pasta gigi. Selain itu juga asam sitrat bisa digunakan dalam pencegahan bau mulut. Mengkonsumsi asam sitrat dari makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, leci, dan apel bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah bau mulut ini.
  6. Digunakan dalam pembuatan detergent
    Salah satu fungsi asam sitrat lainnya juga adalah untuk campuran detergent. Fungsi asam sitrat pada campuran detergent ini adalah untuk menghilangkan noda dan juga untuk menggantikan fungsi fosfor yang berbahaya bagi air.
  7. Sebagai bahan pembersih lantai
    Fungsi asam sitrat juga biasa digunakan dalam campuran pembersih lantai. Asam sitrat bisa mengikat mineral sehingga memudahkan untuk membersihkan lantai. Selain itu juga asam sitrat bisa berfungsi untuk membasmi bakteri dan juga kuman di lantai.
  8. Digunakan dalam proses produksi
    Fungsi penting lainnya dari asam sitrat adalah digunakan dalam berbagai proses produksi. Dalam industri makanan asam sitrat digunakan sebagai anti oksidan yang berfungsi mempertahankan cita rasa dari makanan tersebut. Sementara pada industri farmasi asam sitrat digunakan sebagai anti oksidan untuk menjaga kandungan dalam obat seperti vitamin, effervescent, dan juga sebagai pengawet darah. Sementara dalam industri kimia asam sitrat digunakan sebagai bahan untuk pelunakan dan pengobatan tekstil.

Meskipun fungsinya sangat banyak, asam sitrat ini tidak memiliki efek samping apapun. Itulah mengapa asam sitrat aman dikonsumsi walaupun penggunaannya bisa digunakan untuk farmasi tetapi asam sitra bisa digunakan secara aman dalam pengawetan makanan.

Bahaya Asam Sitrat

Meskipun bisa dikatakan penggunaan asam sitrat ini tidak memiliki efek samping apapun, namun penggunaan yang berlebihan ataupun penggunaan yang tidak pada tempatnya bisa berakibat bahaya bagi tubuh. Beberapa bahaya dari asam sitrat yang bisa terjadi pada kita diantaranya adalah :

  • Konsumsi asam sitrat yang berlebihan bisa mengakibatkan korosi pada gigi
  • Bila terkena mata, maka asam sitrat bisa menyebabkan kebutaan
  • Bila terkena kulit maka asam sitrat bisa menyebabkan peradangan

Itulah beberapa dari bahaya dari asam sitrat yang harus diperhatikan.