10 Fungsi Asam Sitrat yang Wajib Kamu Ketahui

1668

Asam sitrat merupakan sejenis asam organic yang biasanya digunakan untuk pengawet makanan serta minuman secara alami. Tidak ada efek samping dari penggunaan asam sitrat terhadap makanan dan minuman, apalagi untuk kesehatan manusia. Justru asam sitrat yang memberikan rasa asam pada makanan. Karena aman digunakan penambah rasa tanpa rasa efek samping untuk tubuh manusia. Jika anda memang membutuhkan rasa asam dalam makanan anda, sangat disaranakan menggunakan penyedap rasa yang menggunakan asam sitrat sebagai bahan utamanya. Namun demikian anda disarankan juga mengetahui gejala kepala sering terasa berat. 

Nah, artikel berikut akan membahas tentang 10 fungsi asam sitrat yang wajib kamu ketahui. Dengan demikian, anda semakin bijak dan selektif menggunakan penyedap rasa untuk menimbulkan rasa asam dalam makanan anda. Berikut adalah fungsi asam sitrat tersebut.

  1. Sebagai Bahan Pengawet Makanan

Fungsi asam sitrat yang pertama adalah untuk bahan pengawet makanan. Asam sitrat sangat aman untuk bahan pengawet makanan dan tidak memiliki efek buruk untuk kesehatan anda. saat ini banyak sekali produk makanan yang menggunakan pengawet yang sangat membahayakan kesehatan anda. jadi anda disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang diawetkan. Zat pengawet makanan yang aman untuk anda konsumsi adalah asam sitrat, garam benzoate, sorbet, belerang dioksida, sulfit, propionate, dan nitrat. Nah, asam sitrat inilah yang digunakan sebagai zat pengawet alami tanpa efek samping. Namun demikian anda disarankan untuk mengetahui penyebab kepala sering pusing. 

  1. Membantu Proses Pengalengan

Fungsi asam sitrat yang selanjutnya adalah untuk membantu proses pengalengan. Pengalengan merupakan salah satu cara pengawetan makanan dalam wadah kaleng. Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan keawetan produk. Adapun beberapa jenis makanan yang biasanya diolah dengan cara ini adalah koktail, cincau, ssardines, dan lain-lain. Asam sitrat digunakan untuk membantu proses pengalengan. Sehingga makanan yang diawetkan aman untuk dikonsumsi. Anda juga disarankan untuk mengetahui gejala mata kunang kunang.

  1. Menggumpalkan Susu dalam Pembuatan Keju

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah untuk menggumpalkan susu ketika proses pembuatan keju. Mengapa keju aman dikonsumsi? Karena salah satu bahannya menggunakan asam sitrat dalam hal menggumpalkan susu. Selain itu, asam sitrat juga menambah cita rasa khas keju. Sehingga asam sitrat ini tidaklah berbahaya dan memberikan dampak baik terhadap kesehatan anda. Anda juga disarankan untuk mengetahui masalah asam lambung.

  1. Bahan Pembuatan Komestik

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah untuk bahan pembuatan komestik. Dalam hal ini fungsi asam sitrat sendiri adalah untuk menghilangkan garis halus, menghilangkan keriput, bebas luka, membantu dalam proses perbaikan warna kulit, menghapus sel-sel mati yang berada di pori-pori kulit, menghilangkan jerawat, melembutkan kulit, dan melembabkan kulit. Meskipun demikian bukan berarti asan sitrat adalah zat yang tidak aman untuk dikonsumsi. Pada beberapa makanan yang menggunakan bahan zat asam sitrat sangatlah aman untuk dikonsumsi. Anda disarankan juga mengetahui penyebab makanan penyebab asam lambung naik.

  1. Bahan Pembuatan Produk Perawatan Rambut

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah sebagai bahan untuk pembuatan produk perawatan rambut. Biasanya sampo memiliki ph yang sangat tinggi. Nah, fungsi dari asam sitrat ini adalah untuk mengurangi dan menstabilkan ph tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan efek agar rambut lebuh halus dan mengkilap. Anda juga disarankan untuk mengetahui bahaya asam lambung naik.

  1. Mencegah Pembentukan Karang Gigi

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah untuk mencegah pembentukan karang gigi. Karang gigi akan membuat keropos gigi anda, sehingga anda akan mengalami gangguan kesehatan gigi. Nah, fungsi dari asam sitrat di sinilah adalah untuk mencegah mikrooganisme yang ada dalam gigi melalui pasta gigi. Jadi asam sitrat adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan pasta gigi. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah pertumbuhan karang gigi.

  1. Mencegah Bau Mulut

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah untuk mencegah bau mulut. Bau mulut adalah masalah yang akan mengganggu segala aktivitas anda terutama akan mengganggu lawan anda bicara dan orang-orang kepercayaan di sekitar anda. Anda disarankan untuk mengatasi dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan asam sitrat. Dalam hal ini buah yang ampuh untuk anda pilih adalah lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon yang akan mengatasi masalah bau mulut yang sedang anda hadapi. Anda juga disarankan mempelajari gejala diare

  1. Campuran Detergent

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah untuk campuran detergent. Detergent sendiri merupakan bentuk dari hasil kemajuan tekonologi yang memanfaatkan bahan kimia dihasilkan dari penyulingan minyak bumi dan campuran beberapa zat kimia lainnya seperti fosfat, silikat, pewarna, dan pelembut. Fungsi dari asam sitrat dalam detergen adalah untuk menggantikan fosfor dalam detergen yang berbahaya untuk air. Selain itu, asam sitrat berfungsi untuk menghilangkan noda.

  1. Bahan Pembersih Kamar Mandi

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah sebagai bahan pembersih kamar mandi. Cara kerja asam sitrat ini adalah dengan cara mengikat mineral sehingga hal ini akan memudahkan untuk membersihkan kamar mandi atau toilet. Fungsi lainnya dari asam sitrat ini adalah untuk membasmi bakteri dan juga kotoran yang bersarang di kamar mandi atau toilet.

  1. Digunakan pada Proses Produksi

Fungsi asam sitrat selanjutnya adalah digunakan sebagai bahan pada proses produksi. Dalam industri makanan, asam sitrat difungsikan untuk antioksidan yang sanggup mempertahankan cita rasa jus buah dan es krim. Sementara industri farmasi, asam sitrat digunakan untuk antioksidan untuk menjaga kandungan vitamin dalam obat.