Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang 17 Obat Tradisional Sakit Pinggang Paling Efektif

17 Obat Tradisional Sakit Pinggang Paling Efektif

by Erlita

Sakit pinggang bisa sangat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Karena rasa sakit atau nyerinya yang begitu mengganggu, hal ini pun berpengaruh banyak terhadap setiap kegiatan Anda. Ada banyak penyebab sakit pinggang, seperti misalnya postur tubuh yang kurang tepat pada aktivitas tertentu, dudu terlalu lama dengan posisi yang tak nyaman, mengangkat suatu barang yang berat, ketegangan pada punggung dan lainnya.

Supaya sakit pinggang dapat teredakan, ada sejumlah obat tradisional sakit pinggang yang bisa Anda pertimbangkan. Dari bahan-bahan alami, tentunya beberapa rekomendasi obat di bawah ini akan jauh lebih aman dengan risiko efek samping lebih kecil.

(Baca juga: ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal)

1. Jagung

Jagung adalah sebuah bahan alami yang biasanya Anda bisa olah dengan memasaknya. Namun untuk sakit pinggang pun jagung bisa menjadi bahan yang tepat.

  • Caranya: Ambil rambut jagung secukupnya, begitu pula dengan adas, buah takokak dan jahe merah. Seluruh bahan dapat Anda rebus bersama dengan seliter air. Didihkan hingga bersisa setengahnya. Ramuan tradisional ini dapat Anda minum selagi masih hangat supaya rasa nyeri bisa cepat teredakan.

2. Bawang Merah

Terlepas dari adanya efek samping bawang merah, bumbu dapur ini berkhasiat dalam meredakan dan memudarkan rasa sakit di pinggang Anda apapun penyebabnya.

  • Caranya: Siapkan akar bawang merah secukupnya, beserta buah sun boi an angco, dan jahe merah. Rebus bersama dengan air secukupnya juga (biasanya 1 liter) hingga tinggal sisa setengahnya. Ramuan ini dapat Anda minum selagi masih hangat untuk membuat sakit pinggang Anda cepat membaik.

(Baca juga: gejala sakit pinggang sebelah kiri)

3. Daun Dewa

Bahan alami lainnya yang dapat Anda andalkan untuk mengobati rasa nyeri di pinggang adalah daun dewa. Kombinasikan juga dengan beberapa bahan tradisional lainnya untuk hasil lebih maksimal.

  • Caranya: Sediakan daun dewa beberapa lembar saja, bersama dengan jahe merah, temu hitam, serta akar sawi langit. Rebus seluruh bahan bersama-sama pada sekitar seliter air, tunggu mendidih dan tersisa setengahnya, dan air rebusan itulah yang perlu Anda minum. Supaya cepat sembuh, Anda bisa meminumnya secara rutin selagi masih hangat.

4. Temulawak

Apabila gejala sakit pinggang sudah mulai terasa, Anda bisa mencari temulawak untuk dijadikan ramuan obat yang akan menyembuhkan rasa nyeri tersebut dari dalam.

  • Caranya: Sediakan temulawak, bersama juga tumbuhan kumis kucing dan jahe merah sebanyak 30 gram masing-masing, dan meniran 20 gram. Cucilah dulu seluruh bahan, baru Anda rebus bersama air sebanyak 800 cc. Tunggulah air surut dan berkurang hingga 300 cc. Sesudah matang Anda bisa angkat dan saring sebelum diminum sehari 2 kali agar rasa sakit pada pinggang lebih cepat membaik.

(Baca juga: obat sakit pinggang sebelah kiri)

5. Jahe Merah

Ketika ciri-ciri sakit pinggang mulai tampak dan Anda merasakan ketidaknyamanan, silakan langsung cari jahe merah untuk dijadikan bahan utama obat tradisional buatan sendiri.

  • Caranya: Sediakan jahe merah sebanyak 25-30 gram untuk kemudian Anda rebus dengan air secukupnya. Air rebusan yang sudah jadi itulah yang perlu Anda minum selagi masih hangat. Jahe merah tak hanya akan menyediakan kehangatan pada pinggang Anda, tapi juga akan meredakan rasa sakit sedikit demi sedikit. Untuk hasil yang lebih optimal, tak ada salahnya selama melakukan pengobatan dengan ramuan jahe merah ini, Anda juga melakukan sedikit olahraga ringan setiap harinya secara rutin. Tujuannya adalah supaya tulang dan otot pinggang terjaga kesehatan serta kekuatannya.

6. Daun Kemangi

Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi selain bisa dijadikan lalapan juga efektif diandalkan sebagai obat sakit pinggang.

  • Caranya: Sediakan sekitar 8-10 lembar daun kemangi yang bisa ditambahkan ke secangkir air. Rebuslah sampai airnya berkurang sampai separuhnya dan tinggalkan dulu sampai suhunya lebih dingin. Sebelum diminum, tambahkan sedikit garam. Ramuan ini dapat diminum sekali sehari untuk sakit pinggang tahap ringan, tapi untuk yang sudah lebih parah Anda bisa mengonsumsinya 2 kali sehari.

(Baca juga: penyebab kelainan tulang belakang)

7. Bawang Putih

Walau ada bahaya bawang putih mentah yang mungkin menjadi kekhawatiran, sebenarnya ada banyak manfaat dari bumbu dapur ini yang bisa Anda peroleh. Bagi penderita sakit pinggang pun, bawang putih adalah bahan alami yang sangat baik.

  • Caranya: Minyak bawang putih adalah minyak yang bisa Anda pakai, untuk membuatnya Anda dapat memanaskan minyak kelapa secukupnya, bersama dengan minyak wijen dan minyak mustard pada api kecil. Tambahkan 8-10 siung bawang putih ke dalamnya dan gorenglah hingga warnanya kecoklatan. Minyaknya bisa disaring lalu diamkan hingga suhunya berubah dingin. Pinggang Anda dapat Anda pijat-pijat dan gosok-gosok dengan minyak ini, tunggu beberapa waktu sebelum Anda bisa mandi air hangat untuk sekalian membersihkan tubuh dari minyak tersebut.

8. Gandum

Dengan kandungan senyawa yang mampu memroduksi efek analgesik, rasa sakit yang begitu tak tertahankan pada pinggang Anda akan otomatis teredakan secara efektif.

  • Caranya: Ambil gandum sebanyak 1 genggam, lalu direndam di dalam air semalam. Pada pagi harinyalah Anda bisa campurkan gandum tersebut bersama ketumbar dan bubuk rumput kuskus (opsional). Tak lupa juga Anda bisa menambahkan susu secangkir saja, lalu didihkan hingga hasilnya mengental. Minumlah ramuan sehari 2 kali agar sakit pinggang cepat sembuh.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

9. Susu

Kaya akan kalsium, susu juga bisa dijadikan obat tradisional atau alami yang bisa Anda manfaatkan dalam mengobati nyeri pinggang. Susu sangat baik dalam meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan otot, jadi sangat ampuh dalam mengatasi hingga mencegah datangnya sakit pinggang.

  • Caranya: Anda hanya perlu meminum susu setiap hari secara rutin, dan Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk membuat rasanya lebih nikmat. Atau, bisa juga Anda tambahkan gula serta rumput kurkus ke dalam secangkir susu hangat secukupnya sesuai selera. Ini adalah cara alami yang tak akan memberikan efek samping berbahaya.

10. Teh Kamomil

Gejala apapun dari sakit pinggang yang kiranya mengganggu kegiatan Anda dapat teredakan oleh secangkir teh kamomil. Selain mengurangi rasa stres, teh kamomil sangat bagus dalam menyembuhkan rasa sakit di pinggang juga.

  • Caranya: Sediakan secangkir air mendidih dan tambahkan dengan sesendok makan bunga kamomil. Seduhlah sekitar 10 menit sebelum akhirnya bisa diminum ketika hangat. Meminumnya setiap hari adalah cara terbaik dan tunggulah sampai sakit pinggang membaik.

(Baca juga: cara mencegah sakit buah pinggang)

11. Daun Landep

Daun ini mungkin tidak begitu familiar bagi beberapa orang, namun untuk masalah kesehatan seperti sakit pinggang daun ini sangat luar biasa berkhasiat.

  • Caranya: Sediakan daun landep sebanyak 1 genggam, lalu cucilah sampai bersih. Daun kemudian bisa Anda tumbuk hingga menjadi sangat lembut, barulah Anda tambahkan air kapur sirih pada tumbukan tersebut secukupnya. Bentuknya akan menjadi pasta, inilah yang bisa Anda oles ke bagian pinggang yang nyeri sambil memberi pijatan ringan. Melakukan pengobatan ini sehari 2 kali akan memberikan hasil maksimal.

12. Tanaman Herba Sangitan

Lagi-lagi mungkin tanaman ini jarang terdengar namanya, tapi manfaatnya sangat besar untuk menghilangkan sakit pinggang Anda secara alami dan aman tanpa efek samping.

  • Caranya: Sediakan 30 gram tanaman herba sangitan yang sudah dicuci hingga bersih, kemudian cincang-cincang secara kasar saja sebelum kemudian Anda rebus. Gunakan 3 gelas air untuk merebus dan tunggu hingga berkurang hingga separuhnya. Saring dulu sebelum Anda minum; konsumsilah sehari 1 kali setiap hari hingga pinggang sudah tidak sakit lagi.

(Baca juga: penyebab encok)

13. Tanaman Halia

Nama tanaman ini juga cukup asing, namun Anda dapat mempercayakan bahan ini sebagai obat sakit pinggang ampuh dan tidak berbahaya.

  • Caranya: Sediakan tanaman halia sebanyak 4-8 rimpang, bersama juga dengan 3 buah asam jawa yang sudah matang. Rimpang halia dapat Anda parut, lalu campurkan langsung dengan asam jawa. Ramuan ini dapat menjadi obat gosok ampuh untuk pinggang Anda. Penggunaan sehari 2 kali setiap hari akan membuat rasa nyeri cepat hilang.

14. Biji Blustru

Biji yang asalnya dari tanaman blustru ini sangat efektif dijadikan sebagai obat sakit pinggang. Bagi Anda yang kurang begitu mengenal apa itu blustru, ini sebenarnya adalah ketela manis.

  • Caranya: Ambil biji blustru secukupnya yang kemudian bisa disangrai hingga hangus, barulah Anda blender atau giling secara manual sampai lembut. Lanjutkan dengan memasukkan biji yang sudah halus ke dalam toples kedap suara. Saat hendak memakainya, ambil gilingan biji blustru tersebut 10 gram saja, dan tambahkan ½ sloki arak, aduk-aduk hingga rata hingga ada endapan yang muncul pada air. Air endapan tersebutlah yang bisa Anda gunakan sebagai obat sakit pinggang Anda dan untuk hasil optimal Anda perlu melakukan perawatan sehari 2 kali.

15. Daun Pinang

Selain mampu menjadi cara memutihkan gigi dan juga cara mengobati radang tenggorokan, daun pinang juga sangat baik sebagai obat sakit pinggang.

  • Caranya: Sediakan daun pinang sebanyak 5 lembar dan cuci sampai bersih. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Panaskan campuran ini pada api kecil sambil mengaduknya supaya tak cepat hangus. Bahan inilah yang Anda gunakan sebagai obat kompres untuk pinggang yang nyeri. Rasa nyaman dari hangatnya ramuan ini akan meredakan rasa sakit yang membuat Anda menderita.

(Baca juga: ciri-ciri penyakit ginjal)

16. Daun Kecubung

Daun dengan segudang manfaat ini juga bagus untuk sakit pinggang. Bersama dengan kapur sirih, daun kecubung ini mampu menghilangkan nyeri di pinggang dengan cepat.

  • Caranya: Sediakan daun kecubung 4 lembar saja, lalu setelah dicuci bisa Anda tumbuk hingga lembut. Campurkan tumbukan daun kecubung dengan kapur sirih hingga rata dan sampai membentuk pasta. Pasta dari daun kecubung dan kapur sirih inilah yang Anda bisa gunakan sebagai obat oles atau gosok. Oleskan saja ke pinggang yang terasa sakit seperti ketika menggunakan balsem. Sehari 2 kali adalah penggunaan obat yang dianjurkan.

17. Daun Sirsak

Alternatif obat lainnya untuk sakit pinggang adalah dengan bahan utama daun sirsak. Daun yang sangat ampuh dalam mengobati tumor serta kanker ini sangat efektif.

  • Caranya: Sediakan daun sirsak sebanyak 20 lembar yang Anda harus cuci bersih lebih dulu. Rebuslah daun sirsak ini bersama air sebanyak 5 gelas. Didihkan hingga sisanya menjadi 3 gelas, barulah Anda meminumnya ketika hangat. Mengonsumsinya sehari 3 kali masing-masing segelas akan memberikan manfaat luar biasa pada pinggang Anda.

(Baca juga: obat herbal sakit pinggang)

Demikianlah daftar obat tradisional sakit pinggang yang sangat aman untuk Anda pakai sampai pinggang Anda membaik dan tidak nyeri lagi.

You may also like