Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang 12 Obat Herbal Sakit Pinggang Paling Ampuh dan Nyeri

12 Obat Herbal Sakit Pinggang Paling Ampuh dan Nyeri

by Mei Riska

Sakit pinggang kini banyak yang menyerang kaum muda maupun kaum tua, hal itu dikarenakan gaya hidup yang salah. Selain itu, sakit pinggang disebabkan oleh berbagai faktor misalnya saja adalah :

  • Gangguan yang ada di bagian tulang belakang
  • Masalah otot
  • Gangguan ligamen
  • Hernia diskus
  • Arthritis
  • Infeksi di bagian tulang belakang
  • Rongga panggul bermasalah
  • Penyakit di perut dan lain sebagainya.

Menghilangkan penyakit seperti sakit pinggang tidak boleh asal asalan, namun harus diketahui terlebih dahulu apa yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang. Jika penyebabnya tidak diketahui maka untuk menghilangkan sumber penyebabnya pun akan sulit. Berikut ini adalah obat sakit herbal yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang secara aman dan efektif :

  1. Jahe Merah

Obat herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang adalah jahe merah. Bisa dikatakan jahe merah merupakan jahe yang memiliki kandungn senyawa lebih banyak dibandingkan dengan jahe putih. Budidaya jahe merah pun lebih sulit dibandingkan dengan budidaya jahe putih. Jahe merah ini juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang bisa diatasi oleh jahe merah ini seperti sakit pinggang dan juga perut kembung. Senyawa yang ada pada ajhe merah seperti gingerol, zingeron dan shogaol dipercaya bisa menghilangkan skait pinggang dan meredakan gejala sakit pinggang tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi sakit pinggang menggunakan jahe merah :

  • Siapkan jahe merah sebanyak 25 gram, 25 gram temu hitam, 30 gram akar sawi langit yang segar, 30 gram daun dewa.
  • Cara pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mencuci bersih semua bahan bahan tersebut.
  • Rebus menggunakan empat gelas air.
  • Saat mendidih, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja.
  • Minum air rebusan itu dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur. ( Baca : Gejala sakit pinggang sebelah kiriObat sakit pinggang sebelah kiri )
  1. Daun Mahkota Dewa

Obat herbal lainnya yang tidak boleh disepelekan khasiatnya adalah daun mahkota dewa. Tanaman mahkota dewa ini memiliki banyak senyawa seperti flavonoid, saponin dan juga minyak atsiri. Tidak mengherankan jika saat ini tanaman mahkota dewa banyak ditanam dan dibudidayakan untuk tanaman obat keluarga. Yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan tidak hanya daunnya saja, namun buah mahkota dewa pun bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Untuk mengobati sakit pinggang menggunakan daun mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan. Semua bahan bahan hars lengkap, jangan sampai ada yang terlewat sedikitpun. Bahan yang disiapkan untuk mengobati sakit pinggang ini adalah 30 gram temulawak, 25 gram daun baru china yang masih segar. Daun dewa yang digunakan sebanyak 30 gram.
  • Cara. Setelah semua bahan siap, cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih semua bahan bahan. Ingat, semua bahan jangan lupa dicuci. Hal itu dikarenakan kuman dan bakteri bisa saa menempel di semua bahan bahan tersebut. Setelah selesai dicuci, langkah selanjutnya adalah dengan merebus semua bahan bahan itu menggunakan 500 cc air. Ketika mendidih, sisakanlah air rebusan itu menjadi 200 cc saja. Saat sudah menjadi 200 cc, saring air rebusan tersebut agar terpisah dengan ampasnya. Minum saat masih hangat. Meminumnya cukup dua kali dalam sehari saja, pagi dan malam hari. ( Baca : Gejala sakit pinggangCiri ciri sakit pinggang karena ginjal )
  1. Kurma Cina

Obat herbal lainnya yang berguna untuk sakit pinggang adalah kurma Cina. Kurma ini disebut juga dengan angco. Buah kurma ternyata tidak hanya ada di Arab Saudi saja, namun Cina pun juga memilikinya. Kurma Arab maupun kurma Cina memiliki khasiatnya masing masing. Berikut ini adalah cara mengobati skait pinggang menggunakan kurma Cina :

  • Siapkan kurma Cina sebanyak 10 butir, 3 buah sun boi, 15 gram akar bawang merah yang masih segar, 25 gram jahe merah yang segar.
  • Cuci semua bahan bahan yang sudah disiapkan.
  • Rebus semua bahan bahan itu menggunakan 3 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi satu setengah gelas saja.
  • Saringlah air rebusa tersebut agar air dan ampasnya terpisah.
  • Setelah berubah menjadi hangat, minumlah air rebusan itu.
  • Rutinlah membuat ramuan ini agar sakit pinggang yang anda rasakan segera menghilang.
  1. Takokak

Jika anda pernah melihat buah leunca dari suku terung terungan, maka buah takokak sangat mirip dengan leunca. Buah takokak ini bermanfaat untuk menghilangkan sakit pinggang yang anda derita. Berikut ini adalah cara mengobati sakit pinggang menggunakan buah takokak :

  • Bahan. Yang disiapkan adalah 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagng, 20 gram jahe merah yang segar, 10 gram tanaman herbal adas.
  • Cara. Pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu cuci semua bahan bahan tersebut. Setelah semua bahan dicuci langkah selanjutnya adalah dengan mrebus semua bahan ahan itu menggunakan 600 cc air mentah. Tunggu sampai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi 300 cc air saja. Saring agar air rebusannya bersama dengan ampasnya bisa terpisah. Minum air rebusan tersebut saat masih hangat kuku. ( Baca : Tanda tanda TBC tulang belakangPenyebab kelainan tulang belakang )
  1. Cabai Rawit

Tentu banyak masyarakat yang tidak menyangka jika cabai rawit yang biasanya digunakan untuk membuat sambal dan makanan pedas bisa digunakan untuk obat herbal sakit pinggang. Cabai rawit ini memiliki banyak sekali kandungan minerak dan vitamin. Cabai rawit memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan cabai lainnya. Kandungan capsicum pada cabai rawit pun lebih banyak dibandingkan dengan cabai lainnya seperti cabai hijau dan caai merah keriting. Berikut ini adalah cara membuat obat herbal sakit pinggang menggunakan cabai rawit :

  • Bahan. Yang harus disiapkan adalah cabai rawit 5 buah ( dibuang tangkainya ), 2 jahe rimpang jahe yang sudah dicuci bersih kemudian diiris tipis tipis.
  • Cara. Membuatnya pun sangat mudah yaitu anda tinggal merendam semua bahan bahan tersebut mengunakan alkohol yang kandungannya 75 persen, jangan kurang dan jangan berlebihan. Merendamnya pun selama 14 hari. Setelah 14 hari, anda bisa menggunakan air rendaman itu untuk dioleskan ke bagian pinggang yang terasa sakit maupun nyeri. Lakukanlah cara ini secara teratur. Karena obat luar, anda bisa mengoleskan bagian pinggang anda yang sakit mengunakan air rendaman tersebut kapan saja. ( Baca : Bahaya minum alkohol 70 persenPengaruh alkohol terhadap sistem syaraf manusia )
  1. Bawang Putih

Selama ini bawang putih tidak hanya dikenal sebagai bumbu dapur saja, namun bawang putih kini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan senyawa kimia pada bawang putih tersebut dan sifat antiseptiknya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti mengobati sakit gigi, infeksi telinga dan bisa digunakan sebagai obat sakit pinggang. Berikut ini adalah cara mengobati skait pinggang menggunakan bawang putih :

  • ­Bahan. Yang disiapkan ketika membuat obat herbal ini adalah 120 gram jahe merah, 150 gram bawang putih, bubuk cabai secukupnya saja.
  • Cara. Pembuatannya sangat mudah, iris jahe tipis tipis, kemudian kupas bawang putih dan geprek bawang putih tersebut. Rendam semua bahan bahan itu menggunakan alkohol yang kandunganya sekitar 75 persen. Merendamnya pun selama 14 hari. Setelah 14 hari lamanya, anda bisa mengoleskan air rendaman alkohol tersebut ke bagian pinggang yang sakit. Saat mengoleskannya anda bisa sambil mengurut atau memijatnya. Hal tersebut bisa membuat sakit pinggang anda segera mereda atau hilang. ( Baca : Obat sakit gigi berlubangObat sakit gigi )
  1. Akar Ilalang

Ilalang merupakan tumbuhan yang sering dianggap tidak berguna. Kadang kadang ladang yang berisi ilalang dibabat habis daan digantikan dengan tanaman lainnya yang dianggap lebih berguna. Namun tahukah anda bahwa akar dari tanaman ilalng tersebut bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang yang anda derita. Cara pembuatan obat herbal untuk sakit pinggang pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:

  • Bahan yang disiapkan tentu saja akar ilalang yang telah dikeringkan. Siapkan akar ilalang yang kering sebanyak 10 gram.
  • Saat sudah kering, rebus akar iallang itu menggunakan 4 gelas air.
  • Ketika mendidih, sisakan air rebusannya menjadi dua gelas saja.
  • Tunggu sampai hangat, saat sudah menjadi hangat minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari masing masing satu gelas. Minum saat pagi dan malam hari. Jika saat malam hari satu gelas air rebusan telah dingin, anda bisa menghangatkan air rebusan itu kembali.
  1. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, misalnya saja bisa digunakan untuk mengobati asam urat dan juga bisa digunakan sebagai obat herbal sakit pinggang. Senyawa yang ada pada daun kumis kucing itulah yang dipercaya bisa diguakan untuk mengobati sakit pinggang. Berikut ini adalah cara mengobati sakit pinggang menggunakan daun kumis kucing :

  • Siapkan daun kumis kucing secukupnya.
  • Setelah itu cuci bersih daun kumis kucing tersebut.
  • Rebuslah daun kumis kucing itu menggunakan empat gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih, saat mendidih sisakan air rebusannya menjadi dua gelas saja.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan malam hari. Saat malam hari jangan lupa untuk selalu meminum air rebusan ini sebab saat malam hari merupakan saat yang tepat untuk mengobati berbagai macam penyakit. ( Baca : Obat herbal untuk ginjalObat herbal untuk asam uratObat herbal untuk diabetes )
  1. Daun Bakung

Tanaman bakung tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja, namun tanaman bakung kini bisa dijadikan sbagai obat herbal yang efektif dan manjur untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Jika daun kumis kucing digunakan untuk mengatasi sakit pinggang dan obat oral, daun bakung ini digunakan untuk mengobati sakit pinggang dari luar. Cara membuat obat herbal dari daun bakung ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan 5 lembar daun bakung, panggang daun bakung itu menggunakan api yang kecil sampai layu. Memanggangnya jangan sampai gosong.
  • Olesilah duan bakung yang sudah layu itu menggunakan minyak kelapa, kemudian daun itu ditempelkan di bagian pinggang yang terasa sakit.
  • Anda juga bisa menumbuk daun bakung itu sampai benar benar halus, saat sudah halus campurkan menggunakan minyak kelapa.
  • Balurkan daur bakung yang sudah dicampurkan minyak kelapa itu di bagian pinggang yang terasa sakit. Saat membalurkannya bisa dengan sedikit pijatan agar otot pinggang yang sakit sedikit berkurang. ( Baca : Penyebab kaki bengkak dan nyeriPenyebab nyeri ulu hati )
  1. Daun Beluntas

Daun beluntas adaah rumput liar yang sering dianggap remeh keberadaannya. Namun siapa sangka jika daun beluntas yang dianggap sebagai tanaman tidak berguna itu memiliki sifat antibakteri dan juga memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidannya yang tinggi dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri dan meredakan nyeri akibat sakit pinggang. Untuk mengatasi sakit pinggang menggunakan daun beluntas ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun beluntas sebanyak 10 gram.
  • Cuci bersih daun beluntas tersebut.
  • Rebus daun beluntas selama 2 menit atau menjadi setengah matang.
  • Gunakanlah daun beluntas itu sebagai lalapan.
  • Meskipun dijadikan sebagai lalapan, jangan pernah mengkonsumsi daun beluntas dalam kondisi mentah. Sebab saat daun beluntas masih mentah, selaput yang melekat di bagian daun beluntas tersebut bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. ( Baca : Cara mengobati radang tenggorokan pada anakAntibiotik radang tenggorokan di apotik )
  1. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan daun yang kaya akan antioksidan. Selama ini daun sirsak itu bermanfaat untu mengobati tumor di dalam tubuh manusia. Kandungan antioksidan itulah yang nantinya berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan daun sirsak ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun sirsak sebanyak 20 lembar dan air sebanyak 5 gelas air.
  • Cuci bersih daun sirsak tersebut menggunakan air yang mengalir agar tidak ada kotoran yang menempel di daun itu.
  • Rebus menggunakan lima gelas air tersebut.
  • Tunggu sampai menddih dan sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja.
  • Minum sebanyak dua kali dalam sehari saat pagi dan malam hari agar sakit pinggang yang anda derita segera menghilang. ( Baca : Efek samping daun sirsak )
  1. Daun Pinang dan Minyak Kelapa

Bahan herbal selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang adalah menggunakan daun pinang. Untuk bisa digunakan sebagai obat herbal sakit pinggang, daun pinang itu harus dicampurkan menggunakan minyak kelapa. Cara pembuatannya pun sangat muah sekali yaitu dengan menumbuk daun pinang sampai benar benar halus, saat sudah halus campurkan satu sendok makan ke dalam daun pinang tersebut. Oleskan ke bagian pinggang yang skait sambil dipjat secara halus.

Itulah obat herbal sakit pinggang yang bisa anda buat dirumah. Obat herbal ini bisa anda coba terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mengobatinya secara kimia. Obat kimia yang terus dikonsumsi sangatlah tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan organ tubuh manusia. Agar mendapatkan hasil yang maksimal teraturlah dalam mengkonsumsi obat herbal tersebut.

You may also like