16 Obat Herbal Untuk Ginjal Paling Ampuh

Ginjal adalah organ penting bagi manusia meskipun ukurannya sangat kecil bukan berarti ginjal tidak memiliki peranan penting. Fungsi ginjal salah satunya adalah sebagai penyaring darah agar tidak ikut dikeluarkan bersama dengan urin. Oleh sebab itu tanda penyakit ginjal yang parah atau gagal ginjal kronis adalah saat berkemih air urin tercampur bersamaan dengan darah. Jika sudah gagal ginjal kronis, pengobatan yang dilakukan seperti cuci darah hanya bisa dilakukan untuk memperpanjang umur pasien bukan untuk mengobatinya. Untuk pasien yang sudah mengalami gagal ginjal, pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobatinya adalah cangkok ginjal. Meski organ yang kecil, penyakit ginjal bermacam macam, ada batu ginjal, gagal ginjal, ginjal bocor dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah obat herbal untuk ginjal yang efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit ginjal :

  1. Daun Sukun

Obat herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah daun sukun Selama ini orang hanya memanfaatkan buah sukunnya saja, namun siapa sangka jika daun tanaman sukun pun bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal. Mengobati penyakit ginjal menggunakan daun sukun bukan sebagai ide asal asalan saja, namun sudah dilakukan penelitian yang begitu rumit. Penelitian mengatakan bahwa senyawa kimia yang ada daun sukun seperti hidrosianat, tannin dan flavonoid bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya mengobati gagal ginjal yang ringan. Orang yang menderita gagal ginjal ringan, bisa diobati menggunakan daun sukun. Daun sukun juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung seperti gagal jantung. Berikut ini adalah cara mengolah daun sukun sebagai obat untuk ginjal :

  • Siapkan daun sukun sebanyak 5 lembar, setelh itu cuci bersih daun sukun tersebut.
  • Rebuslah daun sukun tersebut menggunakan 4 gelas air yang mentah.
  • Saat direbus, sisakan air rebusannya menjadi setengah gelas saja dan usahakan untuk menghancurkan daun sukun tersebut di dalam air rebusan.
  • Diamkanlah ar rebusan sampai dingin, saat sudah dingin saringlah air rebus itu agar yang tersisa hanyalah air rebusannya.
  • Agar bisa mengobati ginjal dengan efektif sebaiknya penderita ginjal meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari. Mengkonsumsi minuman itu saat pagi dan sore hari.
  • Jangan mengkonsumsi ramuan daun sukun sebelum makan, sebab senyawa yang ada di dalam daun sukun bisa mengikis lambung yang ada di dalam organ pencernaan. Efeknya jika dikonsumsi sebelum makan akan menyebabkan perut menjadi perih dan panas.
  • Oleh sebab itu alangkah baiknya jika ingin mengobati sakit ginjal menggunakan daun sukun mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu. ( Baca : Gejala sakit ginjal pada wanitaTanda tanda batu ginjal )
  1. Daun Sirsak

Selama ini daun sirsak banyak diketahui bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, misalnya saja adalah untuk mengobati kanker, tumor dan juga penyakit kronis lainnya. Antioksidannya yang tinggi dan juga berbagai jenis senyawa yang ada di daun sirsak dipercaya bisa digunakan untuk mengobati peradangan ginjal. Sifat anti inflamasi pada daun sirsak juga bisa membantu peradangan yang terjadi di ginjal. Cara mengobati radang ginjal menggunakan daun sirsaak adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan bahan yang disiapkan adalah 7 lembar daun sirsak dan juga 5 lembar daun sirih merah. Kedua bahan tersebut dicuci bersih sampai tidak ada kotoran yang menempel di daun itu.
  • Cara pembuatannya adalah rebus semua baan bahan tersebut menggunakan empat gelas air. Saat merebusnya sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
  • Saring kemudian minum air rebusannya saat masih hangat.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari dan rutin dilakukan setiap hari. ( Baca : Efek samping daun sirsak )
  1. Kumis Kucing

Obat herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal seperti batu ginjal adalah daun kumis kucing. Daun kumis kucing ini selama ini banyak dgunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah untuk mengobati penyakit ginjal. Mengobati batu ginjal menggunakan daun kumis kucing ini sudah dibuktikan keefektifannya melalui berbagai macam penelitian. Cara mengobati batu ginjal menggunakan daun kumis kucing ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun kumis kucing secukupnya kemudian cuci bersih.
  • Rebus daun kumis kucig menggunakan 3 gelas air.
  • Saat merebusnya, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Meminumnya masing masing adalah setengah gelas. Minum ramuan tersebut saat pagi hari, siang hari dan juga malam hari sebelum tidur. Malam hari sebelum tidur sangat efektif untuk membantu memulihkan keadaan ginjal seperti sedia kala. Oleh sebab itu jangan pernah lewatkan untuk meminum ramuan sebelum tidur. ( Baca : Pengaruh asam urat terhadap ginjalPerbedaan sakit asam urat dan rematik )
  1. Daun Sendok

Pernahkah anda melihat daun sendok?, jika iya berarti anda telah menemukan salah satu obat herbal untuk ginjal. Penelitian yang dilakukan oleh negara Malaysia mengungkapkan bahwa senyawa yang ada di daun sendok bernama terpenoid mampu digunakan untuk mengobati batu ginjal. Negara Malaysia melakukan penelitian dengan memasukkan sari daun sendok ke dalam tabung untuk eksperimen. Sari dari daun sendok yang mengandung senyawa tersebut bisa menghambat pembentuan kristal di dalam ginjal sehingga massa dai batu ginjal itu bisa bertambah. Senyawa tersebut juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran batu ginjal yang ada di dalam ginjal manusia. Cara mengobati batu ginjal menggunakan daun sendok ini sangat mudah sekali, yaitu dengan mengambil sari dari daun sendok tersebut. Berikut ini adalah cara mengambil sari daun sendok yang bisa dilakukan di rumah :

  • Siapkan daun sendok sebanyak 7 lembar
  • Haluskan daun sendok tersebut, bisa dengan cara ditumbuk atau di blender.
  • Saring dan juga peras daun sendok yang telah dihaluskan tersebut agar sarinya keluar.
  • Campurkan satu sendok teh madu untuk menetralisir rasa hambar dari daun sendok tersebut.
  • Minum sari daun sendok itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar massa batu ginjal segera mengecil. ( Baca : Tanda tanda batu ginjalPerbedaan sakit ginjal dan batu ginjal )
  1. Tanaman Tanjung

Tanaman tanjung atau tanaman yang memiliki nama latin mimusops elengi dipercaya bisa meredakan dan mengobati penyakit batu ginjal. Hal itu sesuai dengan penelitian yang dllakukan di India dimana tikus dirangsan untuk bisa membentuk batu ginjal di dalam tubuhnya. Setelah batu ginjal terbentuk, ilmuwan mengambil ekstra alkohol yang ada di tanaman tanjung. Alkohol pada tanaman tanjung itu mampu menurunkan massa dari batu ginjal dan dapat menurunkan kaar kereatinin ginjal. Cara membuat tanaman tanjung untuk ramuan penyakit batu ginjal sama dengan ramuan herbal lainnya yaitu dengan mengambil sari dari daun tanjung tersebut. Di dalam sari daun tanjung ada alkohol yang mampu mencgah pembentkan massa batu ginjal.

Baca : Manfaat madu untuk penderita batu ginjalMakanan dan minuman penghancur batu ginjal

  1. Daun Meniran

Obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobatii penyakit batu ginjal adalah daun meniran. Daun meniran yang bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal adalah daun meniran yang warnanya adalah hijau. Tanaman ini dipercaya bisa memperlambat dan mengganggu terjadinya pembentukan batu kristal yang ada di dalam ginjal manusia. Cara mengobati batu ginjal menggunakan daun meniran ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan 8 lembar daun meniran yang berwarna hijau, kemudian cuci bersih daun meniran tersebut.
  • Setelah itu blender dau meniran menggunakan satu gelas air.
  • Blender sampai lembut selama 3 menit.
  • Setelah di blender, saring dan pisahkan dari ampasnya.
  • Minum sari daun meniran tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Rutin mengkonsumsi sari dari daun meniran dipercaya bisa memecah batu ginjal sehingga ukurannya tidak besar lagi.
  1. Rumput Upas

Obat herbal untuk ginjal yang bisa dicoba untuk penderita batu ginjal adalah rumput upas. Memang rumput upas merupakan tanaman yang sdikit asing dikarenakan tidak semua masyarakat tahu apa itu rumput upas. Rumput ini dipercaya mampu sebagai pengurang enzim pensitensis oksalat. Enzim itu mampu membuat batu di ginjal semakin besar. Tidak hanya itu saja, senyawa yang ada di rumput upas bisa digunakan untuk mengurangi massa dari batu ginjal. Manfaat lainnya dari rumut upas ini adalah bisa digunakan untuk meringankan gejaala penyakit saluran kemih. Saluran kemih yang di dalamnya ada batu ginjal bisa diringankan gejalanya menggunakan rumut ini. Cara mengobati batu ginjal menggunakan rumput upas sangat mudah sekali yaitu dengan merebusnya. Berikut ini adalah cara mengobati bat ginjal menggunakan rumput upas :

  • Siapkan rumput upas yang sudah dicuci bersih sebanyak 10 gram.
  • Rebus rumput upas tersebut menggunakan empat gelas air.
  • Biarkan sampai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. ( Baca : Batu saluran kemihTerapi infeksi saluran kemih )
  1. Mentimun

Obat untuk batu ginjal yang bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal adalah menggunakan mentimun. Mentimun ini tidak hanya berguna untuk kesehatan saja namun juga bisa digunakan untuk kecantikan. Masker timun bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan mengurangi produksi minyak yang ada di wajah. Manfaat mentimun untuk kesehatan adalah menurunkan tekanan darah yang tinggi dan juga bisa digunakan sebagai penghancur batu ginjal yang ada di dalam ginjal. Cara kerja mentimun untuk mengobati batu ginjal adalah kandungan mineral dan vitamin pada mentimun bisa membuat batu ginjal larut dan hancur dengan cepat. Mengkonsumsi mentimun ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah, hal itu dikarenakan efek samping dari mengkonsumsi mentimun ini adalah membuat tekanan darah menjadi rendah.

Baca : Obat tradisional darah tinggiSayuran berbahaya untuk darah tinggi

  1. Daun Alpukat

Selama ini orang hanya mengetahui khasiat biji alpukat dan juga khasiat dari buah alpukat itu sendiri. Namun siapa sangka jika daun alpukat juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaat daun alpukat yang belum banyak diketahui masyarakat luas adalah daun alpukat bisa digunakan sebagai obat herbal untuk ginjal. Daun alpukat memiliki kandungan senyawa dan juga memiliki berbagai macam mineral didalamnya. Semua kandungan tersebut bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal seperti radang ginjal dan juga batu ginjal. Cara mengobati sakit ginjal menggunakan daun alpukat ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun alpukat sebanyak 10 lembar.
  • Cuci bersih daun alpukat itu sampai tidak ada kotoran yang menempel di daun tersebut.
  • Setelah itu rebuslah menggunakan empat gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih. Saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
  • Minum air rebusan itu dua kali dalam sehari pagi dan juga malam hari.
  1. Lobak

Pernahkah anda melihat sayur lobak?, sayur lobak merupakan sayur yang bentuknya mirip dengan wortel namun warnanya putih. Sayangnya citarasa lobak berbeda jauh dengan sayur wortel. Lobak ini tidak hanya sebagai sayur saja namun bisa juga digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan ginjal. Kandungan antioksidan, mineral dan vitamin yang ada pada lobak bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal seperti peradangan ginjal. Berikut ini adalah cara mengobati sakit ginjal menggunakan lobak :

  • Siapkan lobak sebanyak 200 gram.
  • Cuci bersih lobak tersebut.
  • Setelah dicuci bersih, kupas kulit lobak tersebut.
  • Potong potong kecil lobak tersebut kemudian masukkan lobak tersebut ke dalam blender.
  • Tambahkan satu gelas air ke dalam blender. Blender selama 3 menit.
  • Minum jus lobak itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar ginjal bisa berfungsi seperti sedia kala atau setidaknya ginjal kembali sehat tanpa terganggu oleh apapun. ( Baca : Tanda tanda gagal ginjalPenyebab infeksi ginjal )
  1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto selama ini banyak digunakan untuk pengobatan herbal, selain bisa digunakan untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, daun sambiloto ini bisa digunakan untuk meringankan gejala sakit ginjal. Kandungan senyawa kimia dan juga antioksidannya yang tinggi bisa membuat daun sambiloto ini berguna untuk meringankan sakit ginjal seperti infeksi ginjal. Berikut ini adalah cara mengobati sakit ginjal menggunakan daun sambiloto :

  • Siapkan daun sambiloto sebanyak 7 lembar, cuci bersih daun sambloto tersebut.
  • Setelah dicuci bersih, masukkan daun sambiloto ke dalam panci.
  • Masukkan empat gelas air ke dalam panci.
  • Rebus sampai mendidih.
  • Biarkan air rebusannya menyusut menjadi dua gelas.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan juga malam hari.
  1. Daun Keji Beling

Alam telah menyiapkan tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal. Salah satunya adalah daun keji beling. Daun ini memang jarang dijumpai namun daun ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit ginjal. Untuk membuat ramuan ginjal diperlukan bahan lainnya selain daun keji beling tersebut. Berikut ini adalah cara membuat ramuan untuk obat sakit ginjal menggunakan daun keji beling :

  • Bahan. Yang disiapkan adalah daun keji beling sebanyak 25 gram, daun kumis kucing sebanyak 25 gram, daun meniran bersama dengan akarnya sebanyak 20 gram.
  • Cara. Membuatnya sama dengan ramuan ramuan sebelumnya. Yaitu dengan cara direbus. Semua bahan dicuci bersih, kemudian direbus mengguaka 3 gelas air. Saat direbus sisakan air rebusannya menjadi 2 gelas banyaknya. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Mengkonsumsi ramuan ini harus teratur agar sakit ginjal bisa segera diatasi. ( Baca : Makanan yang baik untuk ginjal dan hatiPenyebab ginjal rusak )
  1. Acai Berry

Obat herbal untuk sakit ginjal yang bisa dikonsumsi adalah acai berry. Buah satu ini termasuk dalam family berry. Kita sudah tahu bahwa buah yang masuk ke dalam family berry termasuk buah yang menyehatkan dan juga lezat. Family berry juga banyak yang digunakan untuk kesantikan, misalnya saja adalah untuk mencegah penuaan dini dn juga sebagai pencerah kulit. Acai berry bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal dikarenakan di dalam buah ini kaya akan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas itu bisa membuat sakit ginjal bertambah parah. Peran antioksidan ini sebagai pelindung ginjal dari hal hal yang bisa membuatnya rusak. Mengkonsumsi acai berry dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh dan juga menjaga kesehatan ginjal. Untuk pengobatan ginjal, penderita ginjal harus mengkonsumsi 100 gram acai berry setiap harinya, sedangkan untuk menjaga kesehatan ginjal cukup setangahnya saja yaitu 50 gram per hari.

  1. Guarana

Obat herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati gagal ginjal adalah guarana. Guarana adalah tanaman yang ditemukan di pedalaman hutan Amazon. Tanaman guarana yang digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah bagian buahnya. Selama ini buah guarana banyak digunakan untuk membakar lemak dan meningkatkan energi. Tidak hanya itu saja, kandungan senyawa aktif yang ada di dalam buah guarana akan meringankan gejala gagal ginjal pada penderita ginjal. Penderita gagal ginjal juga akan lebih memiliki energi yang cukup. Jika tidak mengkonsumsi obat herbal yang bisa membangkitkan energi, orang yang terkena gagal ginjal sering terlihat lesu dan mudah capek.

Baca : Cara mengobati badan lemas dan lesuPenyebab tubuh lemah dan lesu


  1. Akasia

Obat herbal lainnya yang bisa digunakan sebagai obat untuk gaga ginjal ringan adaah tanaman akasia. Tanaman akasia yang bisa digunakan untuk mengobati gagal ginjal adalah bagian seratnya. Serat akasia dipercaya sebagai serat terbaik yang ada di dunia dimana serat itu mampu untuk memperbaiki organ manusia yang mengalami kerusakan, serat akasia juga dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan pencernaan yang terganggu. Cara mengobati gagal ginjal menggunakan serat akasia ini sangat mudah sekali yaitu dengan merebus serat akasia yang telah dikeringkan. Rebus serat akasia itu menggunakan empat gelas air dan sisakan menjadi setengahnya. Setelah itu minum air rebusan itu dua kali dalam sehari.

Baca : Khasiat daun akasia

  1. Plum Hitam

Buah plum merupakan buah impor dan tidak aa di Indonesia, namun buah plum bisa mudah dijumpai di supermarket besar. Karena buah impor tidak mengherankan jika buah ini harganya lumayan mahal. Meski begitu, harganya sebanding dengan khasiatnya. Buah plum mengandung banyak sekali kandungannya, kandungan itu seperti asam oksalat, asam malat, tannin dan juga zat besi yang tinggi. Semua kandungan pada plum hitam dipercaya bisa memperbaiki fungsi ginjal yang terganggu dan mengembalikan fungsinya dengan baik. Untuk bisa memperbaiki fungsi ginjal, konsumsilah plum hitam tiga buah dalam sehari.

Penyebab Penyakit Ginjal

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Ginjal merupakan organ yang penting bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu ada baiknya manusia menjaga ginjalnya dengan baik. Salah satu upaya mencegah penyakit ginjal adalah dengan menghindari sumber penyakit ginjal. Berikut ini dalah penyebab penyakit ginjal yang harus diketahui :

  • Duduk Terlalu Lama

Hal pertama yang bisa membahayakan kesehatan ginjal adalah duduk yang terlalu lama. Duduk maupun berdiri telalu lama sama sama tida bagus untuk kesehatan sebab saat duduk atau berdiri, ada organ yang tertekan dengan posisi seperti itu. Saat duduk terlalu lama, ginjal menjadi tertekan sehingga bagian punggung bawah akan terasa nyeri dan linu. Terlalu lama tertekan akan membuat ginjal terganggu fungsinya.

Baca : Bahaya duduk bersila terlalu lamaEfek buruk dan bahaya kelamaan duduk

  • Kurang Minum Air Putih

Untuk menjaga kesehatan ginjal dibutuhkan cairan yang cukup, sayangnya saat sudah duduk terlalu lama orang orang tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi cukup cairan. Air putih diperlukan untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama ke ginjal. Orang yang duduk butuh banyak cairan dibandingkan dengan orang yang tidak terlalu lama duduk. Jika kekurangan cairan, orang akan terkena bahaya dehidrasi dimana salah satu bahayanya adalah merusak ginjal.

  • Supplemen Energi

Ginjal tidak bisa mentolerir beberapa kandungan kimia yang ada pada supplemen energi. Oleh sebab itu mengkonsumsi terlalu sering supplemen energi bisa merusak ginjal jangka panjangnya. Jika tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya hindari mengkonsumsi supplemen energi terlalu sering.

Pola hidup yang tidak sehat akan membuat ginjal rusak. Contohnya adalah mengkonsumsi alkohol dan juga obat obatan terlarang. Kandungan kimia pada alkohol dan obat obatan terlarang bisa membuat fungsi ginjal terbebani. Tidak hanya itu saja penggunaan obat kimia yang terlalu sering juga tidak bagus untuk kesehatan ginjal.

Baca : Pengaruh alkohol terhadap sistem syaraf manusiaBahaya alkohol bagi kesehatan

Itulah beberapa obat herbal untuk ginjal yang bisa dibuat dirumah. Mencegah selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati, oleh sebab itu mari lakukan pola hidup sehat mulai dari sekarang juga dan sayangi ginjal anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyakit Ginjal