Home Penyakit dan KelainanFaringitis 8 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak dengan Cepat

8 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak dengan Cepat

by Mei Riska

Tenggorokan merupakan salah satu bagian tubuh kan sangat rentan terkena penyakit. Tenggorokan ini merupakan bagian tubuh yang sering terjangkit penyakit, baik virus, bakteri, atau yang lainnya. Hal ini karena tenggorokan adalah jalan yang dilalui oleh berbagai makanan yang masuk dari dalam mulut untuk menuju ke lambung. Salah satu penyakit yang seringkali menyerang tenggorokan ialah radang tenggorokan. Radang tenggorokan biasa ditandai dengan adanya rasa serak di tenggorokan dan juga rasa sakit ketika tenggorokan digunakan untuk menelan sesuatu. Radang tenggorokan memang sering terjadi pada siapa saja. Radang tenggorokan ini datangnya bisa saja disertai dengan penyakit- penyakit lain. Radang tenggorokan ini akan menyebabkan suara kita menjadi serak dan juga sakit. Terlebih bila radang ini terjadi pada anak, anak akan merasa kesulitan untuk berbicara dan terlihat kehilangan keceriaannya. Lalu, apa yang harus kita lakukan apabila si kecil terserang radang tenggorokan? Apakah obat yang mujarab untuk mengatasi hal ini? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cara mengobati radang tenggorokan pada anak yaitu sebagai berikut ini :

  1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Salah satu cara yang paling umum untuk menangani penyakit radang tenggorokan pada anak- anak yakni dengan membiarkan mereka mengonsumsi air putih yang banyak. Mendapatkan asupan cairan yang cukup akan dapat membuat dahak menjadi lebih encer, dapat melembabkan saluran tenggorokan dan sekaligus mencegar terjadinya dehidrasi. Akan lebih baik lagi jika air yang diminum merupakan air putih hangat, air yang hangat akan memberikan rasa yang nyaman di tenggorokan, sehingga tenggorokan yang mengalami radang akan terasa lebih baik daripada sebelum diberi air hangat.

Banyak- banyak meminum air putih juga akan membantu melarutkan berbagai kuman penyakit, dan membersihkan tenggorokan dari sisa- sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan lagi keberadaannya. Namun bagi anak- anak yang tidak begitu menyukai air putih, dapat juga diganti dengan menggunakan air the, susu, jus, atau makanan- makanan yang banyak mengandung kuah. Yang pasti dan perlu diingat adalah anak- anak harus mendapatkan minimal 8 gelas atau setara dua liter air setiap hari. mngonsumsi cairan yang cukup selain menghilangkan radang tenggorokan juga bisa menjadi obat bagi penyakit amandel yang menyerang anak- anak. Selin itu, cukup cairan juga akan menjada daya tahan tubuh anak dan juga menjada kesehatan pencernaan pada anak- anak.

Baca : Akibat kelebihan air putihAkibat Kekurangan air putihBahaya akibat kurang minum air putih

  1. Memberikan Paracetamol

Partacetamol dikenal sebagi obat penurun demam yang mujarab. Biasanya, radang tenggorokan akan terjadi atau menyerang anak ketika anak mengalami flu atau demam. Dan setelah flu atau demam pada anak menghilang, biasanya radang tenggorokan juga akan berangsur- angsur menghilang juga. Maka dari itu, berilah anak- anak obat penurun panas yang mengandung paracetamol agar membatu menurunkan panas demamnya, sehingga keadaannya lekas segera membaik.

Baca : Kompres yang benar untuk demamPenyebab demam

  1. Memberikan Obat Antibiotik

Untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan pada anak, bisa juga dengan memberikannya obat antibiotik. Namun, obat antibiotik ini hanya dapat diberikan kepada anak yang mengalami radang tenggorokan yang disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri streprokokus ataupun jenis bakteri lain. Dan perlu diketahui juga bahwa pemberian antibiotik ini tidak untuk mengatasi virusnya.

Baca : Bahaya antibiotikEfek samping antibiotik Jenis jenis antibiotik

  1. Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam

Bila anak- anak yang terserang sakit tenggorokan ini umurnya dudah cukup besar, maka cara berkumur dengan menggunakan air garam bisa menjadi alternatif yang perlu dicoba.

Hal ini karena anak- anak yang umurnya sudah cukup besar bisa dengan mudah melakukan kumur- kumur sehingga tidak akan menelannya. Untuk membuat ramuan pereda radang tenggorokan yang efektif maka dapat menggunakan air garam. Berikut ini adalah caranya :

  • Bahan. Untuk membuat air garam ini yang kita perlukan adalah 1 gelas air matang yang masih hangat, ¼ sendok the garam, dan 1 sendok makan obat kumur jika ingin menggunakannya.
  • Cara. Campurkan ketiga bahan diatas, lalu jadikan sebagai ramuan untuk berkumur. Dari bahan- bahan ramuan diatas, air hangat memegang peranan yang penting bagi karena air hangat merupakan bahan yang lebih efektif untuk berkumur daripada jika kita menggunakan air dingin. Larutan ini akan membantu kita untuk membunuh kuman-kuman penyakit  dan juga meredakan perasaan nyeri dan juga sensas terbakar yang terasa pada tenggorokan. Selain radang tenggorokan, berkumur dengan menggunakan air garam ini juga dapat menjadi obat amandel yang ampuh untuk anak- anak.
  1. Mengonsumsi Madu

Madu dari dulu dipercaya sebagai minuman herbal yang dapat digunakan untuk meredakan berbagai jenis penyakit. Selain itu, madu mempunyai rasa yang manis dan juga enak dan banyak anak yang menyukainya. Madu ini juga dapat menjadi obat bagi radang tenggorokan yang baik. Berdasarkan berbagai penelitian, madu ini mempunyai efek antibakteri, antivirus dan antijamur. Madu juga dapat berkhasiat untuk melegakan tenggorokan yang sedang sakit. Sebagai obat sakit tenggorokan atau radang, madu ini dapat dikonsumsi dengan cara menelan satu sendok makan madu langsung atau bisa juga dilarutkan ke dalam segelas air hangat untuk diminul oleh anak- anak. Namun jika Anak Anda dibawah usia satu tahun, maka masih belum dianjurkan untuk mengonsumsi madu ini.

Baca : Bahaya madu untuk diabetesCara membedakan madu asli dan palsu

  1. Mengonsumsi Lemon Atau Jeruk Nipis

Lemon dan juga jeruk nipis dari dulu dikenal sebagai bahan yang dapat melegakan tenggorokan dan menyembuhkan radang tenggorokan. Buah lemon dan juga jeruk nipis mempunyai kandungan astringen, vitamin C, dan juga antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi, membunuh kuman dan juga mengencerkan dahak yang kental.

Selain itu, buah lemon dan juga jeruk nipis juga mengandung nutrisi yang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh sehingga tidak mudah lelah. Untuk menggunakan lemon dan juga jeruk nipis ini sebagai obar radang tenggorokan, maka kita dapat menggunakan berbagai macam cara. Dari sekian banyak cara yang dapat digunakan, obat kumur dan sebagai campuran minuman lainlah yang paling terkenal penggunaannya. Untuk berkumur, campurkan dua sendok makan lemon atau jeruk nipis ke dalam air, kemudian pakai larutan air tersebut untuk berkumur. Lakukan hingga sakit mereda.

Baca : Bahaya jeruk nipis bagi penderita maag

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan hal yang penting bagi semua orang, terlebih bagi anak- anak. Istirahat yang cukup ternyata dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan pada anak- anak. Aktivitas anak- anak yang terlalu berat akan dapat mempersulit tubuh anak melawan infeksi kuman pembawa penyakit. Dengan istrirahat yang cukup, maka energi yang dipunyai anak- anak akan dapat dialokasikan untuk melawan infeksi. Saat sakit radang tenggorokan, pastikan anak- anak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur siang dan tidur malam. Dan yang paling penting jangan sampai anak- anak melakukan aktivitas yang berlebihan.

Baca : Penyakit akibat kurang tidurBahaya tidur pagi

  1. Menghindari Obat Tanpa Resep Dokter

Banyak sekali orang tua yang mencoba berbagai cara mengobati radang tenggorokan pada anak hanya dengan membelikannya obat yang dijual bebas di pasaran. Sebenarnya hal seperti ini tidak apa- apa untuk dilakukan, namun terkadang yang perlu kita perhatikan adalah takaran pemakaian atau dosis untuk anak- anak. Terkadang orang tua tidak memperhatikan petunjuk penggunaan yang biasa ada di kemasan obat atau tidak mengindahkan intruksi dari dokter.

Untuk penggunaan obat yang dijual bebas di pasaran ini, kita dapat memilih obat yang mengandung paracetamol atau ibuprofen. Bagi anak- anak, ada baiknya jangan menggunakan obat yang mengandung aspirin. Hal ini karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit Reye Syndrome yang bersifat berbahaya. Disarankan pula agar orang tua jangan memberikan obat antibiotik pada nak- anak sebelum menjalani pemeriksaan dokter. Hal ini karena penggunaan antibiotik yang tidak tepat ini dapat menyebabkan penyakit anak dapat bertambah parah.

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak- anak

Radang tenggorokan ini bisa menyerang siapa saja, termasuk juga anak- anak. Pada anak- anak, radang tenggorokan dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa penyebab. Salah satu penyebab yang menjadikan anak- anak terjangkit radang tenggorokan salah satunya karena infeksi. Berikut ini hal-hal yang berhubungan dengan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan pada anak :

  • Infeksi yang dapat menyebabkan radang tenggorokan ini dapat bersumber dari 3 hal, yaitu kesehatan mulut dan juga gigi, amandel, dan juga sinusitis. ( Baca : Gejala sinusitis )
  • Kesehatan mulut dan juga gigi merupakan satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Jika kesehatan mulut dan juga gigi ini tidak diperhatikan maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti radang tenggorokan.
  • Gigi yang tidak terawat dan berlubang juga dapat menjadi sarang kuman dan juga menimbulkan bau yang busuk. Kuman inilah yang kemudian masuk ke tenggororokan dan menyebabkan infeksi. ( Baca : Bahaya membiarkan gigi berlubangObat sakit gigi )

Gejala Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan meskipun seringkali dianggap penyakit yang sepele, namun keberadaannya perlu mendapatkan perhatian khusus. Meskipun radang tenggorokan pada anak ini dapat diatasi degan cepat menggunakan obat radang tenggorokan khusus anak, namun sebagai orang tua juga harus mengerti gejala- gejala apa saja yang menjadikan radang tenggorokan perlu diwaspasai keberadaannya. Radang tenggorokan yang serius dapat dikenali dengan beberapa gejala. Jika beberapa gejala ini jika muncul, maka menandakan bahwa radang tenggorokan sudah ke tahap yang lebih serius. Beberapa gejala yang menandakan bahwa radang tenggorokan sudah serius antara lain:

  • Sesak nafas atau kesulitan bernafas yang dialami oleh anak- anak
  • Anak tidur dengan kondisi mendengkur atau ngorok. ( Baca : Penyebb ngorok saat tidur )
  • Anak tampak tidak nyenyak ketika tidur atau sering terbangun pada saat tidur.
  • Nafas mengi.
  • Anak mengalami demam lebih dari 38 derajat celcius dan terjadi selama dua hari berturut- turut atau lebih.
  • Anak terlihat kesulitan pada saat menelan makanan.
  • Anak mengalami batuk yang lama dan lebih dari 3 minggu.
  • Radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh hingga melebihi satu minggu
  • Munculnya ruam pada kulit anak.
  • Terdape tanda- tanda dehidrasi seperti kencing yang jarang, kencing sedikit, pada saat mengeluarkan air mata pada saat menangis dan juga mulut terlihat kering.

Itulah beberapa gejala- gejala yang menyertai radang teggorokan yang harus diwaspadai oleh orang tua bila menyerang sang buah hati.

Pencegahan

Meskipun radang tenggorokan ini serngkali dianggap menjadi penyakit yang sepele, namun keberadaannya cukup mengganggu, terlebih untuk anak kecil. Oleh karena itu, sebaiknya radang tenggorokan ini dicegah sebelum menyerang anak- anak. Sakit tenggorokan ini bisa dicegah dengan menggunakan cara sebagai berikut:

  1. Hindarkan anak- anak dengan penderita batuk dan pilek
  2. Hindarkan anak dari orang- orang yang sedang menderita influenza dan juga infeksi bakteri
  3. Berikan anak- anak minum air putih yang banyak
  4. Berikan waktu istirahat yang cukup bagi anak- anak, hal ini berguna untuk meningkatkan stamina anak- anak
  5. Berikanlah anak- anak makanan yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang mencukupi bagi mereka.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit radang tenggorokan pada anak. Cara- cara seperti diatas dapat kita lakukan pada anak- anak agar terhindar dari penyakit radang tenggorokan.

You may also like