Home Penyakit dan KelainanUsus Buntu 17 Obat Usus Buntu Secara Medis dan Tradisional

17 Obat Usus Buntu Secara Medis dan Tradisional

by Erlita

Usus buntu yang kita kenal tentu adalah suatu penyakit yang penanganannya memerlukan prosedur operasi, namun apakah ada cara pengobatan lainnya? Usus buntu sendiri sebetulnya masih menjadi bagian dari organ dalam setiap manusia yang bentuknya tabung kecil dan tipis dengan ukuran 5-10 cm di mana terkoneksi dengan usus besar. Penyakit usus buntu terjadi ketika peradangan menyerang organ tersebut.

Nama lain penyakit usus buntu adalah apendisitis di mana bila tak segera ditangani maka akan berlanjut menjadi komplikasi serius. Ada potensi usus buntu dapat pecah dikarenakan radang tersebut apabil tak mendapatkan penanganan yang sempurna. Ini karena semakin lama bakteri yang berasal dari usus akan menginfeksi.

Sejumlah tanda-tanda usus buntu pun dapat dialami oleh penderita dan seperti di bawah inilah kondisi gejala tersebut:

  • Sulit buang gas.
  • Demam ringan.
  • Sering muntah.
  • Sering terasa mual.
  • Rasa sakit muncul di bagian perut yang lama-lama bisa makin tak nyaman.
  • Saat menekan perut kanan bawah akan ada rasa kebal.
  • Saat batuk, rasa sakit akan makin parah.
  • Sakit perut semakin memburuk dan bertambah.
  • Sembelit
  • Diare
  • Area perut membengkak.

Dari gejala-gejala yang muncul tersebut, Anda bisa segera langsung ke dokter untuk memastikan dengan memeriksakan diri. Namun bila Anda memerlukan referensi obat usus buntu baik kimia maupun herbal, ada beberapa rekomendasi yang dapat diintip.

(Baca juga: makanan penyebab penyakit usus buntu)

1. Antibiotik

Ternyata selain dari operasi, obat antibiotik telah dibuktikan mampu mengatasi radang usus buntu secara efektif. Hal ini tentunya sudah melalui penelitian dan memang ada setengah dari kasus radang usus buntu yang bisa ditangani secara efektif hanya dengan obat antibiotik. Penelitian tersebut telah dilakukan di Inggris oleh Nottingham University Hospitals.

Pada penelitian tersebut, antara penanganan usus buntu ringan lewat jalur operasi dan juga lewat minum obat antibiotik diperbandingkan. Rupanya justru dengan langkah operasi malah bisa meningkatkan potensi komplikasi sebesar 40 persen seperti usus buntu pecah dan infeksi. Terbukti bahwa antibiotik malah lebih efektif dan baik untuk dijadikan solusi, tapi tentunya tak semua kasus bisa hanya dengan antibiotik saja mengatasinya.

2. Daun Kemangi

Para penderita usus buntu pada umumnya akan mengalami demam ringan sebagai salah satu tandanya, dan untuk mengobati secara alami, ada daun kemangi yang siap untuk dikonsumsi. Obat herbal ini dapat membantu menurunkan temperatur tubuh, serta membantu melancarkan gas usus serta pencernaan.

  • Caranya: Sediakan daun kemangi segenggam saja beserta parutan jahe sebanyak sesendok teh untuk Anda rebus bersama dengan secangkir air. Tunggu mendidih dan pastikan airnya menyusut hingga separuhnya sebelum Anda bisa menyaringnya dan menambahkan madu sedikit. Ramuan ini hendaknya dikonsumsi sehari 2 kali hingga demam turun dan usus buntu membaik.
  • Alternatif: Demi menghilangkan gas usus, silakan Anda menyediakan 5 lembar daun kemangi yang telah dilumatkan beserta garam laut dan lada hitam ΒΌ sendok teh masing-masing, dan juga yogurt tawar 2-3 sendok makan. Campurkan seluruh bahan untuk Anda bisa konsumsi sehari 2 kali untuk mengontrol gejala usus buntu.

(Baca juga: cara mengobati usus buntu)

3. Minyak Jarak

Obat rumah lainnya yang kiranya dapat membantu meringankan gejala usus buntu Anda adalah minyak jarak. Obat herbal ini sangat efektif untuk masalah usus buntu karena mampu membuat peradangan berkurang dan penyumbatan menjadi lebih ringan. Minyak ini pun sangat berguna dijadikan sebagai obat sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

  • Caranya: Sediakan minyak jarak beserta kain halus dan bersih yang sudah dilipat menjadi beberapa bagian. Kemudian Anda bisa menuangkan 2 sendok makan minyak jarak ke atasnya. Setelah itu, Anda bisa membaringkan tubuh lalu kain yang sudah dituang minyak jarak dapat Anda letakkan pada bagian perut kanan bawah. Teruskan metode pengobatan ini seminggu 3 kali 2-3 bulan lamanya.

4. Lemon

Lemon sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi menawarkan khasiat luar biasa dalam mengobati radang usus buntu. Vitamin C-nyalah yang akan membuat sistem daya tahan tubuh meningkat sehingga infeksi dapat dicegah. Gangguan pencernaan, sembelit, dan rasa sakit pun bakal berkurang berkat sari jeruk alami di dalam lemon ini.

  • Caranya: Ambil ekstrak jus segar dari sebuah lemon. Ekstrak jus inilah yang Anda dapat campurkan kemudian dengan madu murni dengan takaran yang seimbang. Campuran ini bisa Anda ambil sehari beberapa kali dan setiap harinya Anda dapat mengulangi metode pengobatan ini beberapa minggu.

(Baca juga: fungsi usus buntu)

5. Biji Fenugreek

Dalam mengobati bahaya usus buntu, biji fenugreek pun dapat Anda andalkan. Ini karena bahan herbal ini dapat mencegah proses akumulasi atau penumpukan limbah usus serta berlebihnya lendir. Potensi komplikasi dari usus buntu pun dapat dicegah oleh obat ini sehingga rasa sakit pun bisa berkurang.

  • Caranya: Sediakan secangkir air yang bisa ditambah dengan 2 sendok teh biji fenugreek. Anda bisa merebusnya lalu didihkan hanya dengan api kecil sekitar 10-15 menit saja. Saringlah setelah Anda angkat dan air rebusan dapat ditunggu dulu menjaid lebih hangat sebelum diminum. Atau, masukkan saja biji fenugreek ke setiap makanan yang Anda konsumsi demi mengurangi inflamasi.

6. Jahe

Meski ada efek samping jahe yang memang wajib diketahui, tapi Anda juga perlu tahu bahwa jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang tinggi. Jahe ini dapat membuat radang usus buntu terobati secara alami. Rasa sakit dan peradangannya akan berkurang serta jahe ini mampu membuat gejala mual serta muntah lebih ringan.

  • Caranya: Siapkan teh jahe yang bisa Anda konsumsi 2-3 kali dalam sehari. Untuk membuatnya, sediakan parutan jahe sesendok teh untuk Anda seduh bersama secangkir air panas sekitar 5-10 menit. Menggunakan irisan jahe pun juga tak masalah, dan air seduhannya dapat Anda minum hingga perut terasa membaik dan gejala berkurang.
  • Alternatif: Bila Anda dapat dengan mudah memperoleh minyak jahe, silakan Anda menggunakannya sebagai obat oles dan pijat. Perut kanan bawah Anda dapat dipijat setelah diberi olesan minyak jahe sehari beberapa kali. Atau, kapsul jahe juga bisa tapi harus Anda konsultasikan lebih dulu bersama dokter supaya lebih aman.

(Baca juga: penyebab usus buntu)

7. Bawang Putih

Sama seperti jahe, ada efek samping bawang putih yang kiranya sedikit mengkhawatirkan, namun selama pemakaiannya benar maka tak akan menjadi masalah. Dengan sifat anti inflamasinya, bawang putih akan mengobati radang usus buntu secara efektif. Rasa sakit dan peradangan pun bakal dibuat berkurang.

  • Caranya: Sediakan 2-3 siung bawang putih yang bisa Anda kupas dan cuci dengan air matang lebih dulu, barulah Anda makan mentah-mentah setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Jika tak ingin memakannya langsung, campurkan saja bawang putih dengan mengiris-irisnya ke makanan yang Anda nikmati. Atau, kapsul bawang putih juga boleh, namun silakan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

8. Ginseng

Seperti yang kita tahu, ginseng merupakan sebuah bahan alami ampuh yang sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Dengan sifat anti inflamasinya, ginseng bakal secara efektif menyembuhkan usus buntu. Rasa sakit dan peradangannya akan menjadi berkurang apabila mengonsumsi secara rutin.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan ginseng sebanyak 6-8 irisan tipis yang dapat Anda rebus bersama 3 cangkir air mendidih. Tunggu selama 15 menit untuk mendidihkannya dengan api kecil. Setelah diangkat barulah Anda bisa menyaringnya serta menambahkan madu murni secukupnya. Biarkan dulu sampai dingin baru setelah itu Anda dapat menikmati sedapnya teh ginseng berkhasiat ini; mengonsumsi sehari 2 kali selama beberapa bulan lebih dianjurkan.

(Baca juga: ciri-ciri usus buntu)

9. Mint

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan mint yang biasanya digunakan sebagai perasa pada permen atau makanan tertentu. Mint ini ternyata berkhasiat dalam mengobati usus buntu dan mengurangi gejala mual dan muntah yang dirasakan. Rasa sakit akibat usus buntu juga bakal hilang dengan mint ini.

  • Caranya: Buatlah teh mint sebagai obat usus buntu Anda dengan menambahkan sesendok makan daun mint yang masih segar ke dalam secangkir air panas. Seduhlah maksimal 10 menit, lalu saring dan tambahkan madu murni sedikit. Teh ini bisa dikonsumsi sehari 2-3 kali secara aman dalam beberapa bulan. Untuk mengurangi mual dan muntah, kunyahlah sejumlah daun mint secara langsung.

10. Temulawak

Kalau biasanya temulawak dijadikan obat asam lambung atau obat maag kronis, kali ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat bagi usus buntu. Baik itu dalam bentuk kapsul ekstrak temulawak atau secara langsung mengonsumsi air rebusannya, dua cara ini sangat berguna.

  • Caranya: Apabila tertarik untuk membuat rebusannya, Anda dapat menyiapkan beberapa irisan temulawak yang direbus dengan segelas air. Setelah matang, angkat lalu saring lebih dulu barulah Anda diamkan hingga menjadi lebih hangat atau dingin. Minumlah secara teratur untuk menyembuhkan gejala-gejala tak nyaman akibat usus buntu; sehari 2-3 kali lebih dianjurkan.

(Baca juga: pencegahan usus buntu kambuh)

11. Sambiloto

Seperti yang sudah banyak kita dengar, sambiloto adalah jenis tanaman yang daunnya mampu dimanfaatkan sebagai obat beberapa penyakit. Usus buntu pun ternyata juga bisa ditangani dengan bahan herbal ini. Jika tertarik, silakan mencoba karena penggunaannya tak sulit sama sekali.

  • Caranya: Sediakan 30 gram daun sambiloto bersama madu sesendok makan dan air 400 ml. Setelah dicuci bersih, rebuslah daun sambiloto, didihkan hingga airnya berkurang atau tersisa separuhnya. Air rebusan kemudian dapat Anda saring dan campur bersama sesendok makan madu murni tadi. Minumlah saat ramuan sudah mulai dingin sehari 3 kali; pastikan konsumsi rutin agar efektivitasnya terasa.

12. Mengkudu

Mengkudu adalah buah yang juga dapat dipercaya sebagai obat usus buntu ampuh, khususnya bila mengkudu dicampur dengan madu supaya khasiatnya lebih mantap.

  • Caranya: Siapkan sebuah mengkudu matang bersama sesendok makan madu. Sesudah Anda membersihkan mengkudu, buah ini dapat Anda parut dan ambil airnya dengan memerasnya. Air mengkudu ini bisa Anda campur dengan madu murni dan siap diminum sehari 2 kali.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan apendisitis)

13. Kunyit

Kalau biasanya kunyit diketahui sebagai cara mengatasi jantung lemah secara alami, Anda kini juga dapat mendapatkannya dan meramunya sebagai obat ampuh usus buntu. Karena kandungan-kandungan baik di dalamnya, peradangan yang diakibatkan usus buntu dapat Anda coba hilangkan.

  • Caranya: Sediakan kunyit sebanyak 2 ruas saja dan jangan lupa mengupas serta membersihkannya lebih dulu. Lanjutkanlah dengan memarutnya dan ambil airnya dengan cara memeras parutan kunyit tersebut. Air yang telah diambil Anda bisa campur bersama gula sebagai perasa sedikit. Meminumnya sehari 3 kali akan membantu penyembuhan usus buntuk secara optimal.
  • Alternatif: Kunyit juga bisa Anda kombinasikan bersama jeruk nipis dalam mengatasi usus buntu, yakni dengan cara membersihkannya dan memarutnya. Ambil ekstrak airnya dari parutan tersebut dengan memerasnya lebih dulu. Jeruk nipis pun demikian, ambil air perasannya dan campur kedua air perasan dan tambahkan garam dan gula merah sedikit. Seduh menggunakan air panas dan saat hangat Anda bisa meminumnya; sehari 2 kali lebih disarankan.

14. Tanaman Krokot

Tanaman satu ini sudah cukup sering digunakan sebagai obat penyakit tertentu dan ternyata untuk mengatasi usus buntu pun sangat berguna. Asalkan mengonsumsi rutin dijamin gejala usus buntu akan hilang dan kondisi Anda pun dicegah dari komplikasi.

  • Caranya: Tanaman krokot dapat Anda ambil secukupnya, lalu Anda bersihkan dengan mencucinya lebih dulu sebelum mulai menumbuk. Tumbuklah dan ambil airnya dengan cara memeras dan pastikan banyaknya sampai secangkir. Air perasan dari tumbukan tanaman krokot inilah yang Anda perlu minum sekali habis. Konsumsi 2 kali dalam sehari paling dianjurkan supaya cepat sembuh.

(Baca juga: cara mencegah usus buntu)

15. Daun Balimoa

Mungkin terdengar sedikit asing bagi sebagian orang akan nama daun balimoa ini. Namun ternyata keberadaannya dan juga manfaat besarnya untuk mengatasi usus buntu sudah terbukti keampuhannya. Jadi bila Anda masih ragu, silakan mencobanya langsung dengan meramunya sendiri di rumah.

  • Caranya: Sediakan daun balimoa sebanyak 15-20 gram yang kemudian bisa Anda campurkan bersama air panas. Untuk bahan tambahannya, Anda bisa menambahkan asam jawa dan gula merah secukupnya. Sesudah terseduh dengan baik dan sudah mulai hangat, Anda dapat meminumnya. Demi memperoleh hasil maksimal, silakan meminum ramuan ini sehari 2 kali serutin mungkin, yakni setiap hari.

16. Minyak Almond

Mungkin agak kurang terdengar akan manfaat minyak almond sebagai solusi usus buntu alami, namun Anda dapat membuktikannya sendiri. Dalam meredakan rasa sakit, minyak ini bisa diandalkan selain dari minyak jarak. Penggunaannya pun tergolong sederhana.

  • Caranya: Gunakan minyak almond dengan mengambil beberapa tetes saja. Teteskan atau tuangkan ke handuk bersih kompres hangat. Tempelkan handuk ini ke atas perut bagian kanan bawah, barulah Anda siap memijat-mijatnya, pastikan untuk tak terlalu keras dan kasar saat memijat. Ketika melakukan metode pengobatan ini secara rutin, peradangan dan rasa sakit yang ditimbulkannya akan hilang secara berangsur.

17. Kulit Delima Kering

Dengan mengombinasikan kulit delima kering dan daun jambu yang masih segar, Anda akan mendapatkan ramuan herbal penyembuh usus buntu yang efektif.

  • Caranya: Sediakan kulit delima kering yang banyaknya 15 gram, tak lupa juga air 500 cc dan daun jambu segar 30 gram. Setelah itu, rebus kedua bahan dan didihkan. Angkat kalau airnya sudah berkurang sampai 200 cc di mana airnya kemudian dapat Anda saring sebelum mengonsumsinya. Ada baiknya untuk meminum sehari 3 kali agar lebih sempurna efeknya.

(Baca juga: penyebab usus bocor)

Itulah daftar obat usus buntu kimia dan alami yang Anda bisa dapatkan selain dari harus menjalani operasi. Selamat mencoba dan kiranya berhasil menyembuhkan usus buntu Anda.

You may also like