Home Featured 6 Salep untuk Semua Jenis Penyakit Kulit Mudah Ditemukan

6 Salep untuk Semua Jenis Penyakit Kulit Mudah Ditemukan

by Putri Yohani Masnun

penyakit kulit ada banyak jenisnya, dikarenakan penyebabnya yang berbeda, begitu pula dengan gejala yang muncul. Umumnya penyakit kulit menimbulkan gejala berupa gatal, ruam kemerahan atau rasa perih, sehingga seringkali membuat tidak nyaman siapapun yang mengalaminya. Sebagian besar penyakit kulit disebabkan oleh infeksi jamur, dan sebagian lagi akbat penyakit tertentu, alergi, cuaca dan sebagainya. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan obat salep yang bisa diperoleh di apotek atau dengan resep dokter.

Obat salep dianggap lebih ampuh karena langsung diberikan area kulit yang bermasalah. Berikut ini beberapa salep yang dapat digunakan untuk mengatasi semua jenis penyakit kulit yang umum dialami banyak orang.

1. Hidrokortison

Salep ini dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit terutama yang disebabkan oleh alergi. Segera setelah pemakaian biasanya ruam dan gatal pada kulit akan segera mereda, namun penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari dua minggu secara berturut-turut. Hal ini dikarenakan hidrokortison dapat membuat lapisan kulit menjadi lebih tipis. Selain itu, salep ini juga tidak dapat mengatasi penyakit kulit akibat infeksi jamur. Justru jika digunakan untuk mengatasi jamur, infeksi jamur akan semakin berkembang.

2. Pramoxine

Terkadang, penyakit kulit dapat muncul sesaat setelah gigitan serangga terjadi. Umumnya gejala yang muncul adalah rasa gatal disertai rasa sakit dan juga panas. Untuk mengatasinya, obat oleh pramoxine yang merupakan anestesi ringan dapat digunakan agar gejala segera hilang. Biasanya, obat ini juga sudah ditambahkan bahan aktif lainnya yang dapat membantu mengurangi gejala penyakit kulit.

3. Dipenhydramine

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi alergi pada kulit karena terdiri dari senyawa antihistamin. Namun, penggunaan dipenhydramine perlu dilakukan secara berhati-hati, karena tidak semua orang dapat terkena paparan obat ini. Beberapa orang dapat mengalami alergi jika diberikan dipenhydramine dan dapat menimbulkan iritasi kulit. Agar tidak menimbulkan efek samping, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum memakainya.

4. Calamine

Obat salep satu ini dapat mengatasi berbagai keluhan dan gejala berbagai penyakit kulit seperti ruam, gatal, kulit melepuh, alergi dan sebagainya. Obat dengan kandungan oksida besi dan oksida seng ini juga ampuh digunakan untuk mengatasi masalah kulit akibat gigitan serangga.

5. Kortikosteroid

Jenis salep satu ini sebaiknya memang harus digunakan sesuai dengan petunjuk dari dokter. Salep dengan kandungan kortikosteroid dapat membantu mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh dermatitis atau penyakit autoimun yang menyebabkan kulit mudah terinfeksi jamur dan bakteri.

6. Miconazole

Salep ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, dan gejala biasanya akan hilang dalam 1-2 minggu. Triazol dan imidazol juga termasuk salep antijamur yang bisa dipakai, jika miconazole sulit diperoleh. Obat jamur kulit ini dapat dipakai sehari dua kali hingga gejala benar-benar hilang.

Nah, itulah beberapa jenis salep untuk semua jenis penyakit kulit yang umumnya dialami kebanyakan orang. Agar pengobatan dapat maksimal, sebaiknya kenali dahulu penyebab jamur kulit maupun penyebab penyakit kulit lainnya, sehingga pemilihan obat lebih tepat sasaran.

You may also like