15 Penyebab Telapak Kaki Berkeringat Dingin Paling Berbahaya

Telapak kaki berkeringat atau sering disebut hiperhidrosis seringkali menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman dan rentan terkena masalah kepercayaan diri kettika penyebab telapak kaki berkeringat dingin menyebabkan penumpukan bakteri dan menimbulkan bau tak sedap pada area kaki.

Penyebab telapak kaki berkeringat dingin bisa muncul pada pria maupun wanita dengan berbagai tingkatan usia misalnya anak anak, Dewasa hingga usia lanjut, Dimana pemicunya berbeda beda, Diantaranya:

1.Faktor genetik

Seseorang yang memiliki riwayat kelainan pada sitem saraf simpatik sehingga dalam kondisi apapun kelenjar keringat yang ada pada telapak kai tidak dapat terkendali dengan baik akibat produksi keringat yang over aktif maka akan menjadi penyebba telapak kaki berkeringat dingin yang akan selalu bisa miuuncul untuk seumur hidupnya. Aktifnya keringat yang keluar tersebut tidak bisa disembuhkan secara permanen tetapi masih bisa dikurangi dengan cara memberikan obat obatan tertentu untuk mengendalikan kelenjar keringat agar tidak terlalu aktif.

2. Suhu udara

Penyebab telapak kaki berkeringat dingin dapat pula karena temperatur atau suhu udara yang terlalu tinggi dan lembab yang ternyata dapat menyebabkan saraf saraf seputar telapak kaki mendapat tekanan terus menerus sehingga mendesak kelenjar keringat untuk bergerak dann memproduksi keringat lebih aktif.

3. Sirkulasi darah tidak normal

Pemakaian sepatu yang tidak tepat misalnya terlalu sempit atau terlalu tinggi menyebabkan tekanan pada sistem saraf simpatik diarea telapak kaki sehingga merangsang keringat keluar seacra berlebihan lalu menghambat pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi tidak normal, Kondisi inilah yang menjadi penyebab telapak kaki berkeringat dingin.

4. Kondisi psikologi

Dalam kondisi psikologi yang tidak stabil seperti sedang cemas, Terserang kepanikan, Ketakutan, Marah, Grogi berlebihan, Merasa tidak berharga, Merasa gagal atau kesedian yang berlarut larut dapat menyebabkan munculnya bahaya stres yang berlebihan. Ketika stres maka aliran darah dan pembuluh darah mendapat tekanan dan mengerut sebagia sinyal bahwa tubuh membutuhkan  waktu luang untuk beristirahat dan menenangkan ketegangan saraf saraf termasuk sistem saraf simpatik . Kondisi itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa telapak kaki berkeringat dingin yang sering menyerang pada penduduk yang tinggal didaerah perkotaan.

Baca juga: Cara menghilangkan stres pikiran

5. Obesitas

Obesitas atau kegemukan adalah salah satu penyebab tewlapak kaki berkeringat dingin akibat penumpukan lemak yang menghalangi tubuh untuk melakukan proses pembakaran secara alami sehingga menyumbat aliran darah dan menekan kelenjar keringat sehingga memacunya untuk segera memproduksi keringat dalam jumlah banyak sebagai respon alami dari tubuh bahwa jaringan harus segera dilindungi dari tersumbatnya proses pembakaran tubuh.


Baca juga:

6. Neuropati perifer

Munculnya gangguan neuropati perifer bukan hanya menyebabkan ujung kaki menjadi dingin tetapi juga mendapatkan sensai basah akibat keluarnya keringat berlebih. Kondisi ini disebabkan adanya gangguan fungsi saraf akibat kaki kelelahan atau bagian saraf simpatik sempat terkilir akibat aktivitas berat dan dilakukan secara berulang.

7. Merokok berlebihan

Banyaknya merk rokok yang telah beredar ditengah masyarakat memang perlu diwaspadai terutama pada kawula muda yang masih dibawah umur yang sudah mulai berani coba coba merokok, karena bahaya merokok yang mematikan juga bisa berawal dari kebiasaan seseorang merokok berlebihan atau jangka panjang yang diikuti dengan rendahnya asupan nutrisi seimbang sehari hari, Sehingga cepat atau lambat beresiko besar menjadi penyebab telapak kaki berkeringat dingin yang akhirnya memicu munculnya gejala penyakit buerger’s Disease atau penyempitan pembuluh darah termasuk pada area telapak kaki yang jika dibiarkan tidak segera diobati dapat menyebabkan seseorang kesulitan berjalan dengan normal.

Baca juga :

8. Penyakit Hipertiroid

Penyakit hipertiroid merupakan penyebab telapak kaki berkeringat dingin paling berbahaya jika menyerang usia lanjut karena dapat memperbesar resiko gangguan jantung seperti lemah jantung, Gagal jantung kongestif atau masalah arteri koroner. Secara proses alamiah pada usia lanjut kekuatan dan elastisitas dari katub jantung mulai mengalami penurunan.

9. Penyakit diabetes

Diabetes merupakan induk dari munculnya segala penyakit yang dapat merusak jaringan apapun didalam tubuh termasuk jaringan saraf sistematik, Otot otot dan pembuluh darah seputar telapak kaki. Penyebab telapak kaki berkeringat dingin paling klasik yang diderita orang Dewasa dan lanjut usia adalah karena berawal dari adanya peningkatan gula dalam darah yang telah terjadi selama bertahun tahun.

Baca juga :

10.Hipotensi (darah rendah)

Tekanan darah rendah yang berlangsung terus menerus atau jangka panjang dapat menyebabkan munculnya penyakit anemia yang akhirnya mengganggu fungsi pembuluh darah dan menimbulkan penyusutan aliran darah sehingga darah gagal untuk menyebar lancar keseluruh jaringan termasuk area telapak kaki sehingga menjadi salah satu penyebab telapak kaki berkeringat dingin yang paling banyak menyerang manusia adalah akibat efek samping obat obatan , Kurang tidur , wanita sedang hamil atau pada Wanita yang sedang mengalami siklus haid.

Baca juga :

11.Infeksi telapak kaki

Telapak kaki memiliki jutaan simpul saraf saraf yang bisa dijadikan patokan untuk menentukan apa dan bagaiamana penyakit seseorang atau gejala keluhan kesehatan apa yang saedang terjadi pada seseorang. Jika telapak kaki mengalami infeksi akibat luka misalnya karena tertusuk paku berkarat, Cedera akibat benda tajam sampai mengeluarkan banyak darah atau menginjak pecahan kaca namun tidak segera diobati apalagi jika luka telah terkontiminasi dengan paertikel beracun atau bakteri, Maka beresiko dapat merusak jaringan saraf simpatik, Melukai dinding pembuluh darah dah menekan aliran darh menjadi tidak normal, Akibatnya akan menjadi penyebab telapak kaki berkeringat dingin.

12.Menopause

Pada wanita yang memasuki masa menopause atau yang sudah menopause dapat mengalami gangguan kelenjar keringat dimana keringat akan sering keluar secara berlebihan kendati sedang tidak melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak energi. Menopause dapat menyebabkan perubahan dan penurunan hormonal tubuh serta penurunan sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh kehilangan kemampuannya secara normal untuk mempertahankan suhu dingin pada telapak kaki. Hal inilah yang mempengaruhi saraf saraf tangan atau area telapak kaki menjadi sering terserang sensasi rasa panas lalu berkeringat.

Baca juga :

13. Jantung bermasalah

Jantung bermasalah misalnya gagal jantung atau jantung lemah sangat berhubungan dengan kesehatan arteri, Pembuluh darah serta saraf saraf pada jaringan tubuh. Ketika seseorang mengalami gangguan terhadap organ jantungnya maka akan memperlambat stabilnya darah yang dipompa untuk kemudian disebarkan keseluruh tubuh termasuk pada area telapak kaki yang banyak memilki saraf saraf dan pembuluh darah. Kondisi ini berbahaya karena dapat menjadi salah satu penyebab telapak kaki berkeringat dingin.

Baca juga:

14.Infeksi dalam organ tubuh

Penyebab telapak kaki berkeringat dingin bukan hanya menyerang pada seseorang yang telapak kakinya mengalami infeksi akibat luka benda berkarat, Tumpul atau tajam yang mencederai saraf saraf telapak kaki, Namun bisa juga disebabkan karena adanya luka yang menyerang salah satu organ tubuh, Misalnya luka luka pada dinding saluran pernafasan, Pada lambung, Pembengkakan ginjal dan lain lain dimana luka dan infeksi yang telah terjadi menyebabkan mundurnya fungsi jaringan sehingga menghambat kelancaran aliran darah lalu memicu penyumbatan pembuluh darah.

15.Pemakaian kosmetik kaki

Untuk menghindari dan mengobati kelainan pada kulit diseputar kaki misalnya munculnya pecah pecah dan bersisik pada tepi kaki biasanya ada obat oles kaki khusus yang diformulasikan untuk merawat keindahan permukaan kulit kaki, Namun pada sebagian orang ada yang mempunyai reaksi alergi atau peningkatan kinerja kelenjar keringat setelah memakai lotion atau cairan dari obat oles tersebut sehingga menjadi penyebab telapak kaki berkeringat dingin dan terkadang terasa lengket.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki