11 Cara Mengatasi Tangan Panas karena Cabe Paling Efektif

20391

Mungkin tangan Anda sering mengalami panas akibat cabe karena Anda memang menyukai makanan pedas dan rasanya tangan akan begitu pedas menyengat. Masalahnya, apabila Anda mengucek mata secara tak sengaja, panas dan perihlah yang harus dialami. Oleh karena itu, cara mengatasi tangan panas karena cabe bisa dilihat berikut ini dan kiranya dapat membantu.

(Baca juga: pertolongan pertama kena minyak goreng panas)

1. Cuci Tangan

Entah Anda sehabis makan cabe atau mengolah cabe sehingga terjadi kontak antara tangan dengan bahan makanan pedas tersebut, tentu mencuci tangan adalah cara mengatasi panasnya cabe di tangan Anda sesegera mungkin. Setelah disabuni, tangan bisa dibilas menggunakan air hangat dan bahkan kalau perlu Anda dapat menggosok tangan yang terkena cabe tadi menggunakan spons agar rasa panasnya hilang dengan lebih ampuh.

(Baca juga: cara mencuci tangan yang benar dan steril – bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan)

2. Menggunakan Yogurt atau Susu Cair

Yogurt serta susu cair bisa juga menjadi bahan yang Anda andalkan untuk menghilangkan rasa panas pada tangan sehabis terkena cabe. Mengapa harus kedua produk susu ini? Sederhana saja, ini dikarenakan kedua bahan tersebut sudah terbukti bagus dan efektif dalam membuat rasa asam yang dihasilkan dan diberikan cabe dapat dinetralkan dengan baik. Jadi kalau di rumah memiliki stok susu cair maupun yogurt, Anda bisa pakai salah satunya untuk mencuci tangan.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

3. Menggunakan Alkohol

Mencuci tangan mungkin kurang efektif bagi Anda, tapi tenang saja jika Anda mempunyai alkohol di rumah. Terlepas dari pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia, pemakaian luar seperti spiritus juga baik dan dapat dimanfaatkan betul karena kandungan alkohol di dalamnya mencapai 85 persen yang dianggap cukup besar. Tingginya kadar alkohol inilah yang kemudian menjadikan bahan ini bisa membuat hawa panas terusir dari tangan Anda. Kapanpun Anda mengolah cabe atau mengonsumsi cabe, tangan yang panas bukan masalah besar lagi.

4. Memanfaatkan Saus Tomat

Setelah terkena cabe dan tangan terasa panas, benarkah saus tomat bisa menyelamatkan? Inilah bahan yang bisa Anda jadikan alternatif ketika Anda tak memiliki persediaan alkohol. Saus tomat bisa digunakan untuk mengatasi tangan pedas nan panas akibat cabe dengan merendamkan tangan ke dalam saus tomat, kemudian tunggulah sekitar 15 menit saja. Baru setelah itu, tangan bisa dicuci menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih dari sisa-sisa cabe.

(Baca juga: kandungan gizi tomat)

5. Membuat Pasta Baking Soda

Terlepas dari bahaya baking soda itu sendiri, pernah mendengar bahwa pasta baking soda bisa membantu menghilangkan rasa panas di kulit akibat cabe? Ini saatnya Anda bisa memraktikkannya di rumah dengan menciptakan pasta kental dengan mencampurkan dua bahan utama, yakni air dan baking soda. Setelah ramuan jadi, oleskan pasta tersebut di tangan yang panas, dan tunggu sampai kering baru boleh Anda membilasnya dengan air bersih.

(Baca juga: bahaya konsumsi garam berlebih)

6. Mengusapkan Garam

Tak hanya sekadar menyedapkan masakan, garam yang bisa menyebabkan berbagai penyakit serius ini mampu menyelamatkan tangan Anda yang panas dengan mengusap-usapkan garam ke bagian yang terkena cabe. Setelah diusap secara merata, tangan Anda bisa dicoba dihangatkan di atas panas kompor, tak usah lama-lama sebentar saja hingga garam di tangan meleleh. Setelah Anda menemukan adanya cairan garam hasil lelehan, ratakan kembali cairan garam pada tangan hingga rasa panas dari cabe hilang.

(Baca juga: bahaya garam bagi penderita hipertensi)

7. Menggunakan Minyak Zaitun

Untuk mengatasi masalah tangan panas yang diakibatkan oleh efek cabe, minyak zaitun adalah bahan yang tepat untuk digunakan sebagai solusi. Sebelum mengonsumsi cabe atau mengolahnya yang mengharuskan adanya kontak langsung dengan cabe, pastikan Anda telah mengolesi tangan Anda dengan minyak zaitun secara menyeluruh. Selain bisa menjadi cara mengobati katarak, minyak zaitun merupakan bahan alami yang aman untuk tangan panas karena cabe.

8. Memanfaatkan Minyak Sayur

Selain minyak zaitun, untuk mengatasi efek panas dari paprika atau cabe, Anda bisa menggunakan minyak sayur yang kurang lebih pemakaiannya sama seperti ketika Anda menggunakan minyak zaitun. Sebelum mulai menyentuh, memotong atau memakan cabe maupun paprika, gunakan minyak sayur lebih dulu dengan cara mengolesinya ke tangan.

(Baca juga: bahaya minyak tanah bila diminum)

9. Mencelupkan Tangan ke Air Es

Beberapa dari Anda mungkin bisa menemukan bahwa cara-cara sebelumnya kurang afdol, maka sebagai alternatif lain lagi, air es bisa dipertimbangkan. Ketika tangan terasa panas akibat cabe, silakan taruh dan rendam tangan Anda ke dalam semangkuk air es karena ini akan sangat membantu meredakan panas.

(Baca juga: bahaya minum air es bagi kesehatan)

10. Merendam Tangan ke Air Hangat

Jika air es tak dapat membantu juga, cobalah untuk merendam tangan yang panas tersebut ke semangkuk air hangat karena biasanya rasa panas akibat cabe bisa dihilangkan dengan cukup cepat. Mangkuk bisa diisi dengan air panas yang Anda campurkan bersama air dingin, baru tangan dicelup ke sana sekitar 3 detik sebelum kemudian bisa diangkat lagi. Rasa panas bisa kemudian hilang jika Anda mengulangi pencelupan tangan 2-4 kali.

(Baca juga: bahaya mandi air hangat – khasiat minum air hangat setelah makan)

11. Merendam Tangan ke Air Beras

Jika Anda berencana untuk masak dan mengolah cabe atau mengonsumsinya, pastikan setelah mencuci beras, air cucian beras jangan dibuang dulu. Sabun anti lemak dapat ditambahkan ke dalam air beras tersebut yang kemudian bisa digunakan untuk merendam tangan Anda. Tangan panas akibat cabe biasanya akan dapat secara efektif hilang sekalinya terkena cairan air beras. Sesudah itu, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci tangan menggunakan air biasa.