19 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak secara Alami

2213

Penyebab gusi bengkak dapat dipicu oleh banyak faktor, dan ketika hal ini terjadi bakal sangat tidak nyaman. Orang yang menderita gusi bengkak rata-rata pasti akan mengeluh walaupun sudah banyak obat untuk gigi bengkak di pasaran. Cara menyembuhkan gusi bengkak, yang alami selalu lebih aman dan baik tanpa efek samping berbahaya.

(Baca juga: cara mengobati bibir bengkak)

1. Memakai Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman serbaguna dan tak dipungkiri lagi tentang hal tersebut, apalagi kalau bicara tentang khasiat lidah buaya untuk kulit. Untuk gusi bengkak pun, lidah buaya dapat menjadi obatnya.

  • Caranya: Dengan membelah daun lidah buaya menjadi dua untuk mendapatkan gelnya. Ambil gel menggunakan jari bersih Anda, lalu oles ke gusi dan pijat-pijat lembut sampai 2 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat; lakukan perawatan ini sampai kondisi gusi membaik.

2. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Gusi bengkak oleh karena peradangan dan terasa amat sakit bisa diatasi oleh hidrogen peroksida di mana bahan ini bakal mampu membasmi kuman. Segala masalah mulut akan dilawan dengan baik.

  • Caranya: Ambil hidrogen peroksidan 3 persen saja dari larutan tersebut beserta juga mempersiapkan air. Berkumurlah dengan campuran tersebut sekitar 30 detik sebelum dibersihkan menggunakan air hangat. Atau, campur hidrogen peroksida bersama baking soda sebanyak 1 sendok teh untuk membuat pasta. Oles pasta ini ke gusi yang sakit dan bengkak, diamkan 1 menit sebelum dibersihkan dengan air. Pastikan Anda melakukannya seminggu 3 kali dan jangan sampai hidrogen peroksidan tertelan.

(Baca juga: cara mengobati gusi bengkak)

3. Kompres Dingin dan Panas

Kompres panas dan dingin pada gusi yang membengkak dikenal sebagai salah satu cara mengatasi gusi bengkak dengan cepat. Jadi tak ada salahnya Anda mencoba cara yang bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan ini.

  • Caranya: Ambil kain bersih yang bisa Anda rendam di dalam air hangat, lalu kelebihan air bisa diperas, barulah kain Anda tempelkan ke wajah tepat di area sekitar gusi yang bengkak. Lakukan kompres selama 5 menit, selanjutnya lanjutkan dengan mengompres dengan es batu yang dibungkus handuk ditempelkan ke area yang sama sampai area itu agak mati rasa. Pengulangan sangat dibutuhkan sekitar 3 kali atau lebih hingga rasa sakitnya mereda.

4. Mengonsumsi Vitamin D

Vitamin D diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi sehingga sangat baik untuk diandalkan ketika sedang mengalami pembengkakan pada gusi. Bahkan dengan mencukup asupannya, gusi bengkak dapat dicegah untuk kembali dialami.

  • Caranya: Anda bisa berjemur setiap pagi untuk mendapatkan sinar matahari; lakukan hal ini selama 10 menit setiap harinya, tapi jangan terlalu siang. Makanan yang mengandung vitamin D tinggi pun akan sangat membantu, seperti halnya minyak ikan, telur, ikan salmon sampai biji bunga matahari. Suplemen juga boleh dikonsumsi supaya vitamin D bakal membuat tubuh secara maksimal memanfaatkan kalsium penuh sehingga kesehatan periodontal akan meningkat.

5. Memperoleh Nutrisi yang Tepat

Untuk gusi dan gigi yang selalu sehat, dan demi kesembuhan pembengkakan gusi supaya cepat sembuh, dapatkan nutrisi-nutrisi penting. Asam folat, vitamin C, hingga kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Kurangnya asupan dari nutrisi tersebut berpotensi menjadi pemicu peradangan gusi.

  • Contoh makanan berasam folat tinggi antara lain adalah lentil, alpukat, kacang-kacangan, kacang polong, asparagus, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya.
  • Contoh makanan berkalsium tinggi antara lain adalah sereal, susu kedelai, ikan salmon, tofu, sarden dan juga produk olahan susu.
  • Contoh makanan bervitamin C tinggi antara lain adalah kale, jeruk, melon, stroberi, kubis Brussel, kiwi, brokoli, nanas, serta paprika.

6. Minum Air Putih

Untuk kesembuhan gusi yang bengkak, minum air putih mungkin terkesan sangat sederhana, tapi nyatanya sangat membantu menyembuhkan. Pastikan Anda mengonsumsi 2-3 liter air putih setiap harinya supaya bisa mencegah terbentuknya karang gigi sesudah makan. Hindari minuman lain seperti teh, minuman keras, kopi apalagi soda dengan kandungan tinggi glukosa karena mampu menjadi penyebab dari kerusakan gigi serta peradangan pada gusi.

(Baca juga: efek kekurangan air putih bagi tubuh)

7. Menggunakan Minyak Cengkih

Demi kesehatan gigi dan gusi, khususnya untuk masalah gusi bengkak, minyak cengkih bisa diandalkan.

  • Caranya: Pastikan Anda membeli minyak cengkih asli, lalu oles minyak cengkih ini ke area gusi bengkak sehari 2 kali setiap hari. Dalam waktu 3-4 hari, apabila dilakukan rutin, Anda akan mengalami pemulihan pada gusi tersebut di mana bengkak mengempis dan rasa sakit memudar.

8. Menggunakan Bawang Merah

Terlepas dari efek samping bawang merah yang perlu Anda waspadai, bawang merah sebetulnya kaya akan sifat anti inflamasi. Inilah yang bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada gusi.

  • Caranya: bawang merah yang sudah dihaluskan bisa Anda campur bersama garam secukupnya. Oles ramuan ini ke area gusi yang membengkak, lalu diamkan sampai teresap sempurna. Gunakan air hangat untuk berkumur.

9. Memakai Baking Soda

Baking soda juga cukup handal dijadikan sebagai obat gusi bengkak. Karena baking soda telah terbukti dapat membuat asam pada mulut ternetralisir, inilah yang menjadikan bahan alami ini ampuh dalam menyembuhkan baking soda.

  • Caranya: Cukup dengan menyediakan baking soda secukupnya, bersama air hangat seperlunya juga yang bisa membantu membentuk pasta. Larutkanlah baking soda pada air hangat tersebut, sampai terbentuk larutan pasta. Oleskanlah pasta baking soda ini pada area gusi yang meradang, sakit dan bengkak, tunggu beberapa menit sebelum berkumur air bersih untuk membersihkannya.

(Baca juga: cara membedakan madu asli dan palsu)

10. Menggunakan Madu

Karena madu sangat tinggi sifat antibakterial dan antiseptiknya, Anda bisa mengandalkan madu ini sebagai penyembuh gusi bengkak yang disebabkan oleh gingivitis.

  • Caranya: Gunakan madu asli untuk pengobatan ini. Setelah memperoleh madunya, oles madu secukupnya pada gusi yang bengkak sesudah Anda menggosok gigi. Asal tidak terlalu banyak, tak akan menyebabkan rasa ngilu.

11. Memakai Kulit Andong

Tak banyak yang tahu akan manfaat dari kulit andong sebagai penyembuh gusi yang meradang dan bengkak. Asalkan menggunakan ramuan ini secara rutin, efektivitasnya pasti tinggi.

  • Caranya: Siapkan kulit andong yang kemudian bisa Anda kupas, lalu ditambah dengan garam secukupnya. Campurkan sampai merata kedua bahan tersebut, lalu oles ke gusi yang sakit dan bengkak. Tunggu beberapa menit sebelum dibersihkan dengan berkumur air bersih.

12. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Bersifat anti inflamasi dan antibiotik, minyak pohon teh adalah salah satu obat yang akan menyembuhkan gusi bengkak Anda. Untuk iritasi dan radang pada gusi, minyak ini akan sangat efektif sebagai solusinya.

  • Caranya: Beberapa tetes minyak pohon teh dapat Anda campur rata bersama 1 gelas air hangat. Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur sehari 2 kali. Lalu sikatlah gigi Anda juga dengan pasta gigi dengan kandungan tinggi minyak pohon teh. Hingga sembuh, pastikan Anda rutin melakukan pengobatan dengan cara ini, dan hindari menelan minyak tersebut atau akan terkena gangguan pencernaan nantinya.

(Baca juga: penyebab gusi jadi hitam)

13. Menggunakan Buah Gambir

Buah gambir pun sangat efektif dalam mengatasi masalah pembengkakan pada gusi. Untuk kesehatan gusi Anda, gunakan obat herbal satu ini.

  • Caranya: Ambil 3 potong buah gambir bersama air 2 gelas sert kunyit sebanyak ½ jari. Rebuslah seluruh bahan hingga sisanya 1 gelas. Ketika sudah agak hangat, Anda bisa memakai ramuan atau air rebusan tersebut sebagai obat kumur. Lakukan pengobatan ini sehari 4 kali demi gusi bengkak cepat mereda dan rasa sakitnya berkurang.

14. Memakai Asam Jawa

Apakah aman menggunakan asam jawa yang jelas-jelas terasa asam? Gusi bengkak nyatanya dapat ditangani oleh bahan alami satu ini. Bahkan masalah karang gigi pun bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan asam jawa.

  • Caranya: Sediakan biji asam jawa, tak usah banyak-banyak, secukupnya saja. Sangrai terlebih dulu sebelum ditumbuk hingga lembut teksturnya. Hasil tumbukan itulah yang Anda bisa oles dan usap secara perlahan ke gusi bengkak atau pada gigi yang misalnya terasa sakit. Anda juga bisa menjadikannya sebagai pasta gigi.

(Baca juga: bahaya amandel bengkak)

15. Memanfaatkan Daun Krokot

Daun krokot juga memiliki efektivitas tinggi dalam menghilangkan masalah pembengkakan pada gusi Anda. Ramuan ini sangat baik dan bisa Anda gunakan setiap hari sampai gusi sembuh.

  • Caranya: Sediakan daun krokot secukupnya yang kemudian bisa dicuci bersih. Setelah itu rebuslah bersama 3 gelas air, didihkan, susutkan hingga bersisa 1 gelas, angkat, lalu biarkan menjadi sedikit lebih dingin. Minumlah ramuan ini secara teratur hingga bengkak pada gusi mereda dan tidak sakit lagi.

16. Menggunakan Air Garam

Efektif meredakan gusi bengkak, air garam bisa menjadi obat ampuh, asalkan Anda juga tahu akan bahaya konsumsi garam berlebihan. Selama tidak berlebihan dan hanya digunakan sebagai obat, garam tak akan membahayakan tubuh Anda.

  • Caranya: Sediakan 1 gelas air hangat ditambah dengan 1 sendok teh garam, aduk-aduk sampai rata. Pakai air garam sebagai obat kumur sehari 2 kali supaya pembengkakan dan rasa sakitnya berkurang secara signifikan. Tapi jangan menelan air garam tersebut, cukup berkumur saja.

17. Mengompres dengan Kantong Teh Hitam

Karena berkandungan tanin tinggi, pembengkakan pada gusi akibat peradangan bakal dapat teratasi dengan kantong teh hitam ini. Untuk mencegah gusi bengkak datang lagi serta menjaga kesehatan mulut serta gusi, sifat antioksidannya bisa Anda andalkan.

  • Caranya: Seduhlah kantong teh hitam pada air panas atau mendidih selama 3 menit. Tunggu hingga suhunya lebih dingin. Kompreskan kantong teh tersebut ke area gusi bengkak Anda paling tidak 10 menit. Untuk mengakhiri, pakai air garam hangat untuk membilas mulut Anda. Melakukannya sehari sekali saja sudah cukup.

(Baca juga: penyebab bibir atau mulut bengkak tiba-tiba)

18. Memakai Kunyit

Obat rumah lainnya yang sangat pas untuk menyembuhkan gusi bengkak adalah kunyit. Kandungan kurkuminnyalah yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan sehingga rasa sakit bisa dihilangkan.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit sebanyak ¼ sendok teh yang dicampur bersama air secukupnya untuk menjadikannya bentuk pasta. Pasta ini yang Anda pakai dengan mengoleskannya ke gusi bengkak Anda. Selama 5 menit, tinggalkan supaya meresap sempurna, pijat-pijat lembut kurang lebih 1 menit. Kumur dan bilas mulut Anda menggunakan air hangat setelahnya. Untuk lebih efektif, sehari 2 kali Anda bisa melakukan metode pengobatan ini selama 1-2 minggu.

19. Menggunakan Lemon

Untuk menangani masalah gusi bengkak, Anda selalu dapat mengandalkan buah jeruk lemon juga. Walau rasa asamnya mungkin Anda kira dapat membuat gusi dan gigi ngilu, bahan ini sangat aman.

  • Caranya: Sediakan buah lemon ¼ saja, peraslah, lalu campur ke dalam air hangat ½ gelas saja. Air lemon inilah yang Anda sebaiknya pakai untuk berkumur sehari 2 kali setiap hari. Pastikan Anda melakukannya sampai gusi tak lagi bengkak dan rasa sakitnya benar-benar hilang.

(Baca juga: buah yang mengandung vitamin c super tinggi dan manfaatnya)

Demikianlah cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang Anda bisa pertimbangkan. Dengan risiko efek samping yang lebih kecil, bahan alami tentunya jauh lebih baik dan efektif.