10 Fungsi Fosfor Bagi Kesehatan Anda

Fosfor merupakan sejenis mineral yang dapat berungsi jika ada proses fosforeseens. Jenis senyawa logam ini merupakan senyawa langka. Guna fosfor ini sendiri dapat anda ketahui ketika melihat lampu pendar ataupun tabung sinar katode. Sementara fosfor pada tubuh merupakan zat yang memiliki kegunaan untuk mendukung organ agar berjalan dengan baik.

Artikel ini akan membahas 10 fungsi fosfor bagi kesehatan anda. Fosfor merupakan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, fosfor juga mendukung proses metabolisme, karbohidrat, protein dan lemak. Fungsi fosfor ini sangat penting untuk tubuh. Oleh karena itu, anda disarankan untuk memenuhi asupan fosfor yang diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah fungsi fosfor bagi kesehatan anda.

  1. Mendukung Pembentukan Protein

Fungsi fosfor yang pertama adalah untuk mendukung pembetukan protein. Perlu anda ketahui bahwa protein sendiri dengan dukungan fosfor berfungsi untuk memperbaiki kerusakan jaringan tubuh. Selain itu, proses reproduksi sendiri memerlukan hadirnya fosfor yang mendukung pembentukan protein secara maksimal dalam perkembangan sel. Bahkan karbohidrat dan lemak yang ada ditubuh akan dimanfaatkan oleh fosfor untuk menjalankan fungsi organ dengan optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Untuk berfungsi dengan baik, fosfor harus dipenuhi jangan sampai rendah di dalam tubuh. Jika fosfor yang ada di dalam tubuh rendah yang terjadi adalah pengeroposan tulang. Tidak perlu usia lanjut untuk terkena penyakit osteoporosis, umur muda dengan mudah akan terkena penyakit ini jika memang kandungan fosfor dalam tubuh sangat rendah. Oleh karena itu anda disarankan untuk memperhatikan kadar fosfor dalam tubuh, usahakan untuk terpenuhi agar tubuh anda tetap sehat.

  1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Fungsi fosfor selanjutnyada adalah untuk melancarkan saluran pencernaan. Proses pencernaan dapat berjalan dengan optimal karena kinerja dari fosfor. Seluruh nutrisi, vitamin dan mineral dapat diserap dengan baik dalam proses pencernaan karena adanya fosfor. Bahkan fosfor juga akan menghindarkan anda dari segala bentuk gangguan pencernaan.

  1. Mencegah Otot Lelah

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk mencegah otot lelah. Jika anda merasakan cepat lelah dan lemas, perlu dicurigai bahwa anda sedang kekurangan fosfor. Gejala kekurangan fosfor adalah kelelahan, mati rasa, totot lemas, dan juga kesemutan. Jika gejala ini anda alami, disaranakan anda memeriksakan kadar fosfor dalam tubuh anda. Ketika anda dalam beraktivitas merasa cepat lelah dan jantung berdebar segera penuhi asupan makanan yang mengandung fosfor tinggi.

  1. Mengatasi Masalah Seksual

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah seksual. Kandungan fosfor akan meningkatkan sistem reproduksi anda dan akan membuat sistem tersebut bekerja secara maksimal. Mencukupi asupan fosfor dalam tubuh anda akan menurunkan berbagai resiko masalah seksual seperti impotensi, motilitas sperma serta hilangnya hasrat libido.


  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Fungsi fosfor dalam hal ini adalah untuk membuag racun serta limbah yang terdapat dalam ginjal. Jika fosfor rendah maka proses pembuangan itu terkendala dan menyebabkan berbagai masalah ginjal. Perlu anda ketahui bahwa setidaknya ada 4 persen lemak yang terkandung dalam urin. Lemak tersebut harus terbuang bersama urin karena kalau tidak maka lemak akan tertimbun dan akan menyebabkan berbagai  jenis penyakit ginjal 

  1. Mengoptimalkan Fungsi Sel Tubuh

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk mengoptimalkan fungsi sel tubuh. Seperti kita ketahui bahwa fosfor merupakan mineral yang berguna untuk membantu sel tubuh dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu anda disarankan untuk memenuhi asupan fosfor dalam tubuh karena jika tidak, anda akan dihadapkan berbagai resiko yang menyebabkan sel tubuh tidak bekerja dengan baik sehingga akan beresiko terkena berbagai penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Terutama untuk anak-anak asupan fosfor sangat dibutuhkan. Selain untuk perkembangan gigi dan tulang, fosfor akan bekerja untuk meningkatkan otak. Hal itu baik untuk perkembangan kognitif sang anak. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan makanan untuk anak anda, pastikan mengandung fosfor yang tinggi.

  1. Mendukung Proses Biokimia

Fungsi fosfor selanjutnya adalah untuk mendukung proses biokimia. Perlu anda ketahui bahwa sel tubuh akan bekerja dengan baik karena adanya proses kimiawi yang diakibatkan oleh fosfor. Sehingga dengan demikian, pembentukan jaringan dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Selain itu, fosfor juga akan melibatkan enzim, hormon, dan nutrient untuk proses kimiawi ini.

  1. Menurunkan Resiko Obesitas

Fungsi fosfor yang terakhir adalah untuk menurunkan resiko obesitas. Kelebihan berat badan dapat terjadi karena proses metabolism tidak bekerja dengan baik. Sehingga lemak dan karbohidrat tidak mampu diolah secara baik dan akhirnya menumpuk menjadikan seseorang kelebihan berat badan. Perlu anda ketahui, bahwa proses metabolisme yang tidak baik itu karena kurangnya asupan fosfor dalam tubuh. Oleh karena itu, anda disarankan untuk memenuhi asupan fosfor dalam tubuh agar anda tidak mengalami kelebihan berat badan.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Panduan Gizi