30 Makanan yang Mengandung Mangan Super Tinggi

1334

Tubuh manusia membutuhkan mineral dan salah satu jenis mineral penting adalah mangan selain dari kalsium, kalium, magnesium dan juga zat besi. Mangan sendiri merupakan mineral yang akan membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti kesehatan tulang, melawan radikal bebas, mendukung penyerapan vitamin, membantu metabolisme, mendukung pengaturan kadar gula darah, mengatasi gangguan pencernaan, menjaga kesehatan sistem saraf, serta mendukung kinerja fungsi hormon tiroid.

  1. Kacang Panjang (0,2 mg/110 gram)

Kaya akan zat besi, rupanya kacang panjang juga menawarkan asupan mineral mangan. Selain bisa menyuburkan rambut, kacang panjang dengan mangan tinggi mampu membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Jadi, tak masalah bila Anda memasukkan kacang panjang pada daftar menu diet sehari-hari.

  1. Bayam (0,3 mg/30 gram)

Bayam bukan hanya menjadi makanan yang mengandung serat tinggi, sayuran hijau ini juga kaya akan sifat antioksidan yang akan melepaskan stres oksidatif. Dengan antioksidan ini jugalah radikal bebas dapat dilawan dengan baik. Bahkan kesehatan penglihatan bisa kita tingkatkan dengan zeaxanthin dan lutein di dalamnya.

  1. Biji Labu (0,3 mg/64 gram)

Kanker usus, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara dan kanker perut adalah jenis-jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi biji labu secara rutin. Selain kaya akan mangan, di dalam biji labu juga tinggi akan magnesium sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

  1. Lada Hitam (0,4 mg/6 gram)

Per 6 gram lada hitam, ada 0,4 mg mangan yang bisa didapatkan oleh tubuh dan kita bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkan lada hitam pada menu sarapan, makan siang maupun makan malam. Kaya akan kalium juga, lada hitam akan memperlancar saluran pencernaan kita juga.

  1. Kale (0,5 mg/67 gram)

Selain tinggi akan kadar mangannya, kale juga memiliki kandungan sifat anti-inflamasi. Bahkan kale juga adalah sumber makanan yang terpercaya untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami sehingga segala bentuk racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh bisa dibuang dari dalam tubuh dengan dikonsumsi secara mentah.

  1. Stroberi (0,6 mg/152 gram)

Buah merah yang menyegarkan ini kaya akan mineral mangan yang juga tinggi akan vitamin C-nya. Selain berantioksidan tinggi, stroberi juga bersifat anti-inflamasi dan anti-kanker yang artinya mengonsumsinya cukup sering bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Bahkan buah satu ini pun baik dalam mencegah penyakit diabetes karena termasuk dalam makanan berindeks glikemik rendah.

  1. Kunyit (0,5 mg/7 gram)

Kunyit adalah sumber mangan sekaligus kurkumin yang memiliki anti peradangan alami yang bisa menurunkan risiko arthritis dan kanker. Bahkan kunyit bila dikonsumsi secara rutin mampu meningkatkan kesehatan otak serta melawan radikal bebas karena kandungan tinggi akan antioksidannya.

  1. Pisang (0,6 mg/225 gram)

Selain menjadi makanan yang mengandung kalium tinggi, mineral mangan juga kaya di dalam buah ini sehingga akan sangat membantu bagi para penderita tekanan darah tinggi agar levelnya bisa kembali normal. Dengan makan pisang 1-2 buah setiap hari juga mampu mengurangi risiko serangan jantung serta gangguan pencernaan.

  1. Jagung (0,8 mg/166 gram)

Makanan yang mengandung protein tinggi ini juga mengandung mineral mangan serta antioksidan yang baik untuk tubuh. Lutein dan zeaxanthin merupakan contoh antioksidan yang ditawarkan oleh jagung ini di mana keduanya akan mampu meningkatkan kesehatan mata kita. Sebagai camilan sehat, konsumsilah jagung rebus yang tentunya lebih aman bagi tubuh.

  1. Raspberry (0,8 mg/123 gram)

Raspberry tak hanya menjadi makanan yang mengandung vitamin B9 tinggi saja, tapi kandungan mangannya juga cukup besar berikut antosianin alias antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyakit hati. Fitokimia di dalam raspberry ini juga sanggup untuk mencegah kanker sehingga raspberry bisa dikonsumsi sering-sering bersama salad atau dibuat smoothie.

  1. Tahu (1,5 mg/126 gram)

Makanan bebas gluten ini kaya akan mangan dan yang jelas, tahu bisa dijadikan menu diet rendah kalori yang aman bagi tubuh. Kaya juga akan kalsium serta zat besi, menjadikan tahu pilihan makanan tepat bagi kesehatan tubuh serta penurun risiko penyakit hati.

  1. Nasi Merah (1,8 mg/195 gram)

Tinggi akan kadar mineral mangan, nasi merah bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Tak hanya itu, mengonsumsi nasi merah secara teratur atau bahkan menjadi pengganti nasi putih bisa membantu menurunkan risiko diabetes, kanker payudara, kanker prostat serta kanker usus. Jadi, makanlah setiap hari nasi merah supaya lebih sehat.

  1. Cengkeh (2 mg/6 gram)

Selain mineral mangan, unggulan kandungan pada cengkeh adalah asam lemak omega-3, antibakteri, antiseptik berikut juga antijamur. Kunyah-kunyahlah cengkeh mentah atau bahkan bisa ditambahkan pada nasi bila hendak mengatasi masalah sakit gigi atau untuk menurunkan risiko inflamasi dan gangguan saluran pencernaan.

  1. Almond (2,2 mg/95 gram)

Mangan dan vitamin E di dalam kacang almond termasuk tinggi dan inilah yang menjadikan jenis kacang ini camilan tepat nan sehat bagi kita. Dapat menurunkan potensi penyakit hati dan kanker sekaligus mampu melindungi membran sel dari segala bentuk kerusakan, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi segenggam almond mentah setiap pagi bersama menu sarapan kita.

  1. Bawang Putih (2,3 mg/136 gram)

Meski banyak orang mungkin tak nyaman dengan aroma menyengat bawang putih, bumbu dapur satu ini bisa dikonsumsi rutin untuk mendapatkan asupan mineral mangan. 2 siung bawang putih setiap sore/malam bisa kita konsumsi demi kesehatan hati, kestabilan kadar kolesterol dan juga mencegah berbagai penyakit lainnya.

Makanan Lainnya yang Mengandung Mineral Mangan

Selain dari daftar 15 makanan dengan kandungan mangan tinggi di atas, ada beberapa sumber makanan lainnya yang wajib juga kita ketahui mengandung mangan tinggi, yakni:

  • Nanas (1,5 mg/165 gram)
  • Teh hitam (0,2 mg/100 gram)
  • Bit hijau (0,7 mg/144 gram)
  • Lobak hijau (0,3 mg/55 gram)
  • Kacang Garbanzo (1,7 mg/164 gram)
  • Quinoa (3,5 mg/170 gram)
  • Barley (3,6 mg/184 gram)
  • Kacang kedelai (4,7 mg/186 gram)
  • Oatmeal (7,7 mg/156 gram)
  • Gandum (5,7 mg/168 gram)
  • Kakao (3,8 mg/100 gram)
  • Makanan laut (6,8 mg/100 gram)
  • Ikan (1,1 mg/100 gram)
  • Kacang-kacangan (1,3 mg/100 gram)
  • Gandum hitam atau rye (4,5 mg/169 gram)

Mangan merupakan jenis mineral yang tak bisa diabaikan karena fungsinya sebagai pengonversi lemak dan protein yang akan diubah sebagai tenaga. Dengan makanan-makanan yang mengandung mangan super tinggi tersebut, kebutuhan tubuh akan mineral ini akan terpenuhi dengan baik. Namun, pastikan juga agar tak mengonsumsi terlalu berlebihan karena kelebihan mineral tertentu akan memberikan juga dampak kesehatan bagi tubuh.