4 Penyebab Alzheimer – Pencegahan, Gejala dan Komplikasi

3202

Penyakit Alzheimer  merupakan salah satu gangguan kesehatan yang membuat kemampuan bersosialisasi serta kemampuan intelektual seseorang semakin bekurang. Hal ini dapat mempengaruhi aktivitas sehari- hari serta membuat kemampuan otak menjadi jauh berkurang terutama dalam hal ingatan serta kemampuan mental. Alzheimer bukanlah jenis penyakit menular namun sejenis sindrom yang membuat otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer banyak dialami oleh orang golongan lanjut usia dimana hampir 50% orang dengan usia lebih dari 85 tahun mengidap Alzheimer sedangkan orang dengan usia 65 hingga 74 tahun, menderita Alzheimer sebanyak 5%. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan, obat yang diberikan hanya untuk membuat hidup penderita menjadi lebih baik. Dukungan dari keluarga maupun orang- orang terdekat merupakan dukungan yang cukup berarti untuk para penderita.

Hingga sekarang masih belum ditemukan kenapa seseorang dapat mengidap Alzheimer. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dapat terkena Alzheimer seperti:

  1. Faktor usia

Meski jarang mendapati gejala Alzheimer di usia muda namun bukan berarti aak muda tidak bisa gterkena penyakit ini. Memang biasanya penyakit yang satu ini banyak diderita oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan seseorang dengan usia di bawah itu tidak dapat terjangkit  Alzheimer.

Baca : Cara mencegah Alzheimer

  1. Jenis kelamin

Banyak penyakit yang bisa menyerang berdasarkan usia misalnya saja adalah hernia  yang sering menyerang laki-laki. Menurut penelitian, wanita lebih banyak beresiko mengidap gangguan yang satu ini. Hal ini bukan tanpa alasan karena banyak wanita yang memiliki rentang hidup lebih lama dibandingkan dengan laki- laki.

Baca juga : Cara mencegah hernia  – Gejala hernia  – Efek samping hernia 

  1. Gaya hidup

Kebiasaan yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung merupakan jenis kebiasaan sama yang dapat meningkatkan seseorang terkena gangguan Alzheimer seperti kurang menjaga kontrol gula dalam darah, kolesterol tinggi , stres  serta tekanan darah tinggi . Gaya hidup yang buruk nyatanya menjadi salah satu hal yang banyak menyebabkan seseorang terjangkit beragam jenis penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga berat sekalipun.

Baca : Penyebab stres  –  Cara menghindari stres

  1. Tingkat Pendidikan

Sulit ditemukan penderita Alzheimer yang sering melatih otaknya secara rutin atau pada mereka yang sempat mengenyam tingkat pendidikan tinggi. Dengan begitu, akan lebih baik jika anda menggunakan otak secara aktif mulai dari sekarang.

Pencegahan

Karena penyebab alzheimer secara pasti hingga kini masih belum diketahui, maka cukup sulit untuk menghindarinya. Namun ada beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam mempertahankan kesehatan otak anda seperti dengan:

Hal- hal di atas tidak hanya bagus untuk kesehatan otak melainkan juga bisa digunakan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit .

Gejala Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer hanya sedikit saja yang diketahui oleh masyarakat luas sedangkan lainnya belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Berikut ini adalah gejala penyakit Alzheimer yang bisa menyerang siapa saja :

  1. Hilang Ingatan

Gejala umum penyakit ini ditandai dengan hilang ingatan sedikit demi sedikit serta mudah merasa kebingungan. Setiap orang tentu pernah melupakan sesuatu hal seperti lupa menaruh kunci rumah, lupa nama orang yang jarang ditemui dan lain- lain. Namun berbeda halnya dengan penderita penyakit Alzheimer dapat berlangsung lama dan buruk. Berikut ini hilang ingatan yang bisa mengenai penderita Alzheimer :

  • Mengulang sesuatu yang sebelumnya sudah dia kerjakan
  • Lupa akan ucapan atau janji yang seharusnya ditepati
  • Sering salah tempat saat menaruh barang dan terkadang menaruh barang di tempat yang tidak masuk akal
  • Lupa pada benda- benda yang sebelumnya sering dia gunakan
  • Pada kasus yang smeakin buruk, penderita bisa lupa dengan nama anggota keluarga sendiri
  1. Kesulitan Menemukan Kata- Kata Yang Tepat

Penderita Alzheimer banyak yang mengalami kesulitan pemilihan kata sehingga banyak dari mereka yang kurang bisa menyampaikan pikiran- pikiran mereka pada orang lain. Hal ini sering terjadi ketika mereka terlibat pembicaraan dengan orang lain. Semakin lama, gangguan ini akan berpengaruh pada kemampuan menulis serta membaca penderita.

  1. Bermasalah Dalam Berpikir Abstrak Mereka.

Penderita Alzheimer banyak mengalami kesulitan dalam hal berpikir terutama jika menyangkut masalah angka. Penderita tidak akan bisa menghitung angka secara urut atau runtut.

  1. Kehilangan Kemampuan Dalam Menilai

Penderita Alzheimer biasa mengalami kesulitan dalam hal yang membutuhkan perencanaan, pengambilan keputusan serta dalam melakukan penilaian.

  1. Kesulitan Dalam Melakukan Tugas-Tugas Yang Biasa

Kesulitan dalam melakukan tugas-tugas yang biasa merupakan salah satu gejala penyakit Alzheimer dimana salah satunya adalah tugas memasak. Bukan hanya memasak, namun berbagai tugas yang bahkan dianggap biasa sekalipun akan sulit bagi mereka.

  1. Mengalami Disorientasi

Orang dengan Alzheimer susah untuk mengingat waktu dan tanggal. Selain itu mereka juga akan merasa asing bahkan pada lingkungan yang sebenarnya begitu familiar bagi mereka.

  1. Berubahnya Kepribadian

Penderita Alzheimer juga mengalami perubahan kepribadian. Berubahnya kepribadian tidak hanya menyerang orang yang depresi  saja namun juga pada pengidap penyakit ini. Kepribadian yang berubah adalah seperti berikut ini:

  • Mudah gelisah
  • Lebih agresif
  • Rasa percaya pada orang lain yang hilang
  • Suasana hati yang mudah berubah- ubah
  • Keras kepala. ( Baca juga : Ciri ciri depresiMencegah depresi )

Komplikasi Alzheimer

Alzheimer memiiliki komplikasi dimana komplikasi itu bisa membunuh sel- sel di otak sehingga ketajaman otak menjadi berkurang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kegiatan serta sosialisasi dengan orang lain. Ada dua jenis kerusakan yang biasa terjadi pada sel otak akibat penyakit Alzheimer yaitu:

  1. Plaques atau Plak

Gumpalan protein beta – amyloid yang menunjukkan proses abnormal sehingga fungsi tidak berjalan dengan baik. Ada kemungkinan menjadi penyebab terjadinya penyakit Alzheimer.

  1. Tangles/ Kusut

Di dalam sel otak, terdapat struktur pendukung yang bernama tau. Pada penderita Alzheimer benang protein dari struktur pendukung tau tersebut mengalami perubahan yang berakibat pada ketidakwarasan seseorang. Banyak ilmuwan yang mempercayai jika kerusakan pada neuron atau sel otak dapat menyebabkan penderita Alzheimer meninggal.

Pada penderita Alzheimer biasanya dapat bertahan hidup hingga 10 tahun setelah kemunculan gejala pertama. Namun walau begitu hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan karena ada pula penderita yang dapat hidup lebih lama dari usia tersebut. Meskipun  gangguan Alzheimer belum ada obatnya hingga sekarang dan penyebab Alzheimer belum pasti, namun ada cara pengobatan dan pencegahan yang bisa dilakukan. Hidup sehat dan pengobatan berupa stimulasi akan membuat penderita memiliki kemampuannya kembali dalam mengingat, mengembalikan kemampuan dalam berbicara serta memecahkan masalah.