Home Tips KesehatanKesehatan Kaki Begini 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Kambuhan Efektif Wajib Dicoba !

Begini 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Kambuhan Efektif Wajib Dicoba !

by Erlita

Cedera engkel pada umumnya lebih sering dialami oleh para atlet, seperti pemain sepak bola, pemain futsal, atau bahkan pelari dan ini adalah jenis cedera yang dianggap sebagai momok bagi para atlet tersebut. Meski begitu, cedera engkel juga dapat terjadi pada yang profesinya bukan atlet dengan berbagai faktor penyebab, seperti:

  • Engkel digunakan terlalu berlebihan.
  • Gerakan engkel yang terbatas dan terlalu kaku.
  • Jatuh tersandung atau terpeleset.
  • Postur kaki yang kurang tepat saat berjalan atau berdiri.
  • Alas kaki yang digunakan kurang nyaman dan kurang mendukung.
  • Berolahraga tanpa pemanasan.

Sayangnya, selalu ada kemungkinan untuk cedera engkel yang sudah pernah terjadi dan mereda kembali kambuh. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan cedera engkel kambuhan yang tepat?

  1. Metode RICE

Sekalipun dulu Anda pernah melakukan metode RICE untuk mengatasi cedera engkel, bila kambuh kembali maka metode ini dapat Anda coba gunakan kembali, yakni dengan langkah-langkah berikut:

  • Rest/Istirahat – Engkel yang cedera kembali bisa Anda istirahatkan dengan cara membatasi aktivitas dan pergerakanya. Jika tak terlalu penting, maka tak perlu menggunakan engkel atau bergerak lebih dulu apalagi bergerak secara berlebihan. Hindari pula sering-sering menjadikan engkel yang sedang sakit sebagai tumpuan.
  • Ice/Es – Selain istirahat, Anda perlu mengompres bagian yang cedera dengan es. Siapkan beberapa balok kecil es batu dan bungkus menggunakan handuk atau kain bersih yang kemudian ditempelkan ke engkel. 20 menit saja cukup untuk mengompres, namun lakukanlah cara ini beberapa jam sekali apalagi kalau engkel yang cedera lagi mengalami pembengkakan.
  • Compression/Pembalutan – Engkel yang kambuh dapat coba Anda balut atau bebat menggunakan perban supaya pergerakan engkel bisa Anda minimalkan secara efektif. Hanya saja, demi meminimalisir gerakan engkel, Anda juga tak perlu harus membebatnya secara erat-erat karena malah berisiko memperparah cedera engkel yang kambuh.
  • Elevation/Angkat – 48 jam pertama dari waktu engkel kambuh karena kesalahan gerak atau cedera lagi bisa Anda langsung angkat kaki Anda sambil berbaring atau duduk. Pastikan posisi kaki yang diangkat berada di atas jantung. Hal ini adalah cara ampuh dalam meminimalisir risiko memar dan pembengkakan di bagian engkel yang kambuh.
  1. Menggunakan Garam Epsom

Selain metode RICE, Anda perlu juga mencoba untuk menyembuhkan cedera engkel yang kambuh menggunakan garam Epsom. Dengan menambahkan 1-2 cangkir garam Epsom ke bak mandi atau bathtub yang sudah diisi dengan air hangat, Anda bisa merendam engkel yang cedera ke dalam air garam hangat tersebut. Melakukannya setiap hari sehari 2 kali akan memberikan kenyamanan dan akan menyembuhkan engkel Anda walau kondisi tersebut adalah kondisi kambuhan.

  1. Melakukan Pemanasan

Sebelum menggunakan kembali engkel Anda untuk beraktivitas seperti halnya olahraga ringan misalnya, Anda perlu untuk melakukan pemanasan. Kambuhnya cedera engkel merupakan salah satu bahaya olahraga tanpa pemanasan sehingga pastikan Anda melakukan peregangan dengan benar apapun aktivitas fisik yang hendak dilakukan. Bahkan ketika hendak olahraga jalan kaki sekalipun, pastikan Anda sudah meregangkan bagian kaki Anda agar tidak kaku.

  1. Mengurangi Berat Badan bagi yang Obesitas

Jika cedera engkel kambuhan terjadi pada Anda karena ada faktor dari kondisi obesitas, maka sebaiknya carilah segera cara menurunkan berat badan untuk menstabilkannya kembali. Dengan mengurangi berat badan, ini adalah salah satu upaya untuk bisa membuat tekanan di pergelangan kaki berkurang dan Anda tak akan mengalami kesakitan berlanjut.

  1. Melakukan Diet Tinggi Kolagen

Agar cedera engkel bisa sembuh dan tak mudah kambuh lagi, Anda perlu menguatkan ligamen, sendi dan otot kaki. Untuk memperkuatnya, Anda memerlukan sejumlah nutrisi penting, seperti misalnya melakukan diet tinggi kolagen agar mampu memperbaiki dan jaringan yang rusak karena cedera.

  • Mengonsumsi makanan berantioksidan – Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan antioksidan tinggi seperti rumput laut, buah berry, dan sayuran hijau. Meminum teh hijau juga akan turut mendukung masa pemulihan engkel cedera Anda yang kambuh.
  • Mengonsumsi makanan kaya zinc Makanan yang mengandung zinc tinggi seperti bayam, biji labu dan juga daging sapi bisa Anda konsumsi dalam masa penyembuhan cedera engkel yang kambuh. Bahkan kabar baiknya lagi, mengonsumsi makanan kaya zinc sanggup menjadikan daya tahan tubuh meningkat.
  • Mengonsumsi makanan kaya vitamin CMakanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi mampu membentuk kolagen dalam tubuh yang akan memperbaiki jaringan dan kulit secara alami. Buah-buahan sitrus bisa Anda pilih untuk dikonsumsi setiap hari selama pemulihan cedera engkel, begitu juga dengan sayuran seperti brokoli dan paprika.
  • Mengonsumsi kaldu ayam – Kaldu ayam kaya akan mineral dan asam amino yang baik untuk membentuk kolagen. Jadi, pastikan untuk mengonsumsinya sebagai cara penyembuhan cedera engkel Anda yang sempat kambuh agar jaringannya jauh lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan mengonsumsi kaldu ayam juga membantu pemulihan jauh lebih cepat.

Demikian cara menyembuhkan cedera engkel kambuhan yang bisa Anda coba lakukan. Apabila keluhan tak kunjung reda, Anda sebaiknya langsung ke dokter untuk memeriksakan engkel. Pastikan di rumah Anda pun beristirahat cukup supaya engkel bisa cepat sembuh dan gerakan berlebihan pun Anda perlu hindari mulai sekarang.

You may also like