8 Penyebab Betis Bengkak (Waspadai No.4)

5377

Bagian kaki adalah bagian yang paling banyak di gunakan oleh tubuh. Misal untuk berjalan, berlari, menaiki tangga, melompat, bermain, pergi ke mana pun dan lain sebagainya. Penggunaan kaki sangat krusial untuk kebutuhan hidup sehari – hari. Kaki akan membantu tubuh untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Membantu tubuh untuk menjaga kesehatan dengan olah raga. Ada banyak jenis olahraga untuk diet. Ada juga cara mengecilkan peurt buncit dengan olahraga.

Meskipun tidak memiliki kaki, juga tidak akan membunuh siapa pun. Namun seluruh aktivitas anda sebagian besar akan terganggu. Anda akan kesusahan untuk pergi kemana pun. Akan mengalami hambatan ketika melakukan berbagai kegiatan. Kaki memang bukan bagian tubuh yang vital. Namun keberadaan kaki jauh sangat di perlukan.

Eksistensi kaki yang di perlukan inilah kadang membuat kaki bekerja lebih. Misal  gejala kaki ngilu, penyebab kaki berlubangpenyebab kaki bengkak, penyebab linu pada kaki, penyebab kaki bengkak terlalu lama, jongkok terlalu lama, atau duduk terlalu lama. Bagi wanita, mereka yang menggunakan high heels juga mengalami banyak masalah. Misalnya betis yang terasa sakit, bengkak pada kaki, tumit kering, dan lain sebagainya.

Betis Bengkak di Kaki

Maksud dari kaki ini adalah seluruh bagian pada tungkai . Misalnya pergelangan kaki, bagian betis, serta paha. Beberapa spot kaki ini kadang mengalami kekakuan otot, lelah, njarem dalam bahasa jawanya. Jika di paksakan bisa bengkak – bengkak pada kaki, sampai dengan memar. Hal ini menjadi suatu masalah yang mengganggu aktivitas bagi penderitanya. Lantas kenapa bisa seperti ini ?

Baca Juga:

Betis yang bengkak ini bisa terjadi karena adanya cairan – cairan asam yang menumpuk menjadi satu. Sehingga cairan yang mengumpul jadi satu ini membuat bagian tersebut membesar atau membengkak. Untuk bisa sembuh, cairan tersebut harus di buat merata atau tidak menumpuk jadi satu. Penyebab lain bisa di karenakan adanya cidera di bagian sendi Lantas apa saja yang bisa menjadi penyebab betis membengkak ? Simak ulasan berikut ini :

Penyebab Betis Bengkak

Ada beberapa hal dan penyebab yanng membuat betis cantik anda menjadi bengkak. Apa sajakah itu ? Simak ulasannya berikut ini :

1. Karena ada cidera

Bisa saja betis anda yang sakit ini di sebabkan karena adanya cidera. Misal anda melakukan aktivitas, lantas jatuh. Akibatnya ada cidera di bagian betis anda. Ini akan menyebabkan bagian betis bengkak. Cidera ini di sebabkan karena adanya cairan yang menumpuk jadi satu pada bagian betis.

Baca Juga:

2. Di sebabkan karena duduk terlalu lama

Bisa juga betis yang bengkak di sebabkan karena faktor yang sederhana. Misalnya duduk terlalu lama, apalagi duduk bersila. Ini bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian betis. Bengkak membuat darah susah untuk mengalir, sehingga juga mengalami kesemutan.

3. Jika di sertai dengan sesak napas

Bengkak biasa mungkin bisa di atasi dengan beberapa salep dan istirahat cukup.Namun jika anda mengalami gejala bengkak di sertai dengan sesak napas,perlu waspada. Bisa saja ini adalah indikasi adanya penyakt lain. Bahkan bisa karena adanya gangguan kesehatan yang serius. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis pasti.  Berikut ada gejala sesak napas, serta obat sesak napas alami. Bahkan juga bisa cara mencegah sesak napas.

4. Bengkak secara tiba – tiba

Jika ada beberapa alasan yang menyebabkan bengkak karena suatu penyebab lain, namun juga tidak. Ada juga yang mengalami gejala pembengkakan secara tiba – tiba. Bahkan alasan kenapa bisa bengkak ini tidak tahu, penyebab yang tidak jelas. Maka bisa di lakukan beberapa pemeriksaan dini. Seperti apakaah ada rasa sakit pada bagian pembengkakan atau tidak. Jika memang sakit dan mengganggu aktivitas, lebih baik untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca Juga:

5. Terjadi karena ada pembekuan darah

Alasan lain yang menyebabkan betis terjadi pembengkakan adalah karena adanya pembekuan darah. Banyak hal yang bisa terjadi karena adanya pembekuan darah. Misal karena cidera atau sebab lain. Ketika bagian betis terjadi pembengkakan dengan penyebab pembekuan darah biasanya memiliki warna lebih pucat.

6. Berat badan berlebihan

Masalah lain yang menyebabkan anda mengalami pembengkakan pada betis adalah karena akibat berat badan. Penyebutannya biasa di kenal dengan obesitas. Hal ini bisa terjadi karena betis yang tidak seimbang untuk menahan badan yang terlalu berat. Sehingga terjadi beban kerja yang terlalu berat. Inilah yang menyebabkan betis tampak bengkak.

Baca Juga:

7. Melakukan aktivitas fisik yang berat

Betis bengkak juga biasa tampak pada olahragawan. Mereka terbiasa melakukan aktivitas berat dan berlebihan agar badannya terlatih. Misal pelari yang selalu latihan lari setiap pagi dan sore hari. Jika belum berhasil, mereka akan latihan lagi bahkan semakin keras. Latihan fisik ini yang bekerja terlalu keras akan menyebabkan atlet memiliki betis bengkak.

8. Gejala penyakit asam urat

Seseorang yang mengalami pembengkakan pada kaki juga bisa di sebabkan karena penyakit asam urat. Hal ini di sebabkan karena ada peradangan pada beberapa otot ata urat yang ada di bagian tubuhnya. Apalagi jika ia memiliki riwayat penyakit asam urat dalam silsilah keluarganya. (Baca Juga: Jus untuk Penderita Asam Urat , Makanan yang Dilarang untuk Asam Urat )

Itulah beberapa penyebab seseorang mengalami pembengkakan pada kaki. Semoga bisa bermanfaat ^_^