16 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Alami – Tradisional Cepat

9395

Salah satu masalah kulit adalah kapalan yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, terutama bagian kaki yang paling umum. Kapalan sendiri merupakan sebuah keadaan di mana ada penebalan yang dialami oleh bagian kulit dan meski dianggap tak berbahaya, kapalan bisa mengganggu penampilan serta menimbulkan ketidaknyamanan penderita. Ada sejumlah cara menghilangkan kapalan di kaki secara tradisional yang Anda bisa intip di bawah ini, jadi tidak perlu stres atau panik.

(Baca juga: penyebab mata ikan)

1. Baking Soda

Kalau biasanya kita menemukan baking soda sebagai bahan pembuat roti, terlepas dari bahaya baking soda bagi kesehatan, bahan ini bisa menghilangkan kapalan di kaki Anda. Caranya pun tak akan ribet, karena Anda hanya perlu menyiapkan air hangat yang kemudian Anda campurkan dengan baking soda. Setelah jadi dan tercampur rata, kaki Anda bisa dimasukkan ke dalamnya untuk direndam selama sekitar 15 menit saja. Manfaatkan batu apung jika ada untuk menggosok atau mengikis perlahan kapalan di bagian kaki tersebut.

(Baca juga: cara mengatasi tangan panas kena cabe)

2. Vitamin A atau Vitamin E

Untuk menghilangkan kapalan, vitamin E maupun vitamin A dapat menjadi pilihan yang bisa dibuktikan efektivitasnya. Saat terkena kapalan, sediakan salah satu vitamin tersebut yang kemudian bisa Anda oleskan di kulit yang kapalan. Belum selesai sampai di situ, di akhir perawatan Anda dapat menutupi bagian yang diolesi dengan kaos kaki; hal ini perlu dilakukan agar vitamin bisa terserap sempurna dan bekerja dengan baik supaya kulit terlunakkan. Lama-kelamaan kapalan pun akan dapat dikikis dan memudar.

(Baca juga: akibat kekurangan vitamin Amakanan yang mengandung vitamin e dan manfaatnya)

3. Lemon

Lemon adalah bahan yang baik untuk perawatan kulit tubuh, entah bagian kulitnya atau bahkan ketika Anda memanfaatkan air lemonnya. Kulit lemon adalah bahan yang tepat untuk digunakan sebagai penghilang kapalan dengan kulit lemon ditempelkan ke area yang kapalan. Supaya bisa menempel dengan sempurna, maka Anda akan membutuhkan plester kulit yang bisa digunakan sehingga kulitnya tak mudah bergeser maupun jatuh ketika Anda bergerak atau berjalan.

(Baca juga: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag)

4. Air Hangat

Khusus untuk cara satu ini Anda tak akan memerlukan bahan yang sulit atau yang tidak tersedia di rumah karena Anda hanya tinggal memanaskan air sebaskom yang kemudian ditunggu hingga suhu menurun menjadi hangat. Kedua kaki bisa kemudian direndam ke dalam air hangat tersebut paling tidak setengah jam. Sambil direndam, Anda bisa menggosok-gosok kulit kaki yang kapalan dengan menggunakan sikat lembut atau batu apung sehingga sel-sel kulit mati bisa diangkat. Melakukan perawatan ini seminggu 2-3 kali akan memberikan Anda hasil yang memuaskan.

(Baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan)

5. Pepaya

Buah yang tak hanya enak dimakan dan memberikan manfaat baik untuk pencernaan, tapi juga mampu menghilangkan kapalan adalah pepaya. Caranya sangat sederhana karena Anda hanya perlu menghaluskan buah ini yang sudah dipotong-potong (pastikan bahwa pepaya yang Anda sediakan adalah yang masih mentah). Setelah dihaluskan, ramuan alami bisa langsung ditempelkan pada area kaki yang kapalan secara merata. Untuk mendapatkan hasil paling maksimal, Anda perlu melakukan secara rutin setiap harinya 2-3 kali.

(Baca juga: khasiat daun pepaya)

6. Kentang

Kalau biasanya kentang adalah bahan yang digunakan untuk membuat sup, kentang yang kaya akan karbohidrat ini tak hanya bisa dimakan tapi juga bisa menjadi obat kapalan.Untuk menghilangkan kapalan secara alami Anda bisa mencoba untuk memarut kentang yang kemudian parutannya bisa ditempelkan yang area yang kena kapalan. Terakhirnya Anda bisa memakai kain kassa atau kain perban untuk menutupi bagian yang sudah diobati, dan diamkan paling tidak 3 jam agar kandungan baik kentang yang bisa menyembuhkan bisa meresap baik.

(Baca juga: bahaya kentang goreng)

7. Bawang Putih

Untuk menyedapkan setiap masakan, bawang putih tampaknya tidak boleh ketinggalan. Terlepas dari bahaya bawang putih mentah, bawang putih berkhasiat untuk menjadi obat alami kapalan, yaitu dengan menghaluskannya baru setelah itu bisa ditempel ke bagian kaki yang kapalan. Tak perlu khawatir untuk efek samping bawang putih karena ini untuk pemakaian di luar dan supaya tidak kemana-mana, gunakan perban untuk melilit kaki yang sudah diobati, biarkan semalaman untuk hasil kesembuhan yang sempurna.

8. Getah Daun Kamboja

Untuk bahan alternatif yang bisa Anda gunakan lainnya adalah daun kamboja dengan mengambil getahnya. Apabila di sekitar rumah atau bahkan di halaman rumah Anda ada tanaman kamboja, boleh ambil beberapa lembar daunnya yang kemudian diambil getahnya. Getah tersebutlah yang bisa Anda oleskan ke bagian yang kapalan. Untuk hasil kesembuhan yang memuaskan, cobalah melakukan pengobatan ini sehari 2 kali, yaitu setiap pagi dan sore sampai kapalan menipis kemudian memudar seluruhnya.

9. Garam Epsom

Pernah mendengar Epsom salts? Selain menjadi obat asam urat, garam Epsom rupanya terkenal baik untuk mengatasi kulit yang kapalan dan caranya pun sederhana, cukup dengan memasukkan segenggam garam ke baskom yang sudah Anda isi dengan air hangat, campurkan, lalu kaki bisa direndam di sana selama 10 menit kurang lebih. Diamkan sampai kulit mati melunak dan siapkan batu apung karena Anda memerlukannya untuk mengikis sel-sel kulit mati agar lebih mudah lepas. Setiap hari setelah mandi Anda bisa melakukan cara ini dan meski begitu, bersabarlah karena hasilnya akan kelihatan setelah beberapa minggu.

(Baca juga: cara menghilangkan panu)

10. Minyak Jarak

Kapalan yang ada pada kaki Anda mungkin bisa menurunkan rasa percaya diri, maka untuk menghilangkan kapalan minyak jarak adalah salah satu cara ampuh yang bisa dicoba. Untuk menggunakan bahan ini, sediakan kapas dan tuang minyak jarak secukupnya ke kapas tersebut yang kemudian bisa dipakai untuk menyeka bagian yang kapalan. Kulit yang sudah diberi minyak jarak dapat ditutup atau dilindungi dengan perekat atau kenakan kaos kaki.

11. Roti

Sepotong roti yang sudah basi bisa direndam ke dalam cuka sari apel sebagai obat kapalan alami yang efektif dengan menempelkannya ke bagian kulit kapalan. Untuk kaki kapalan, bahan ini cukup aman dan bisa menjadi alternatif yang baik, tapi bila takut cepat copot, gunakan perekat seperti plester. Pengobatan ini sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan jika khawatir hanya dengan plester masih bisa lepas, gunakan kaos kaki setelah diplester. Kapalan pada keesokan paginya dapat melunak.

12. Minyak Jarak + Cuka Sari Apel

Untuk cara satu ini, Anda tidak akan mengombinasikan keduanya, namun Anda perlu untuk mengisi baskom dengan air panas yang bisa ditambah dengan cuka sari apel. Air ini setelah hangat bisa dimanfaatkan untuk merendam kaki Anda yang dapat dilakukan kurang lebih 15 menit saja.Ketika kapalan ada tanda-tanda melunak, gunakan batu apung untuk mengikisnya secara perlahan, dan setelah selesai dan kaki kering, lanjutkan dengan mengusapkan minyak jarak ke bagian yang kapalan tadi. Jika rutin dan sabar, kira-kira hanya 10 hari Anda akan dapat melihat hasilnya.

(Baca juga: cara mengobati tipes)

13. Bawang Putih + Cuka

Untuk kapalan yang mengganggu, cobalah untuk menggunakan bahan kombinasi, yaitu cuka dan bawang putih. Ramuan dengan kedua bahan ini terbilang mudah karena Anda tinggal menghaluskan bawang putih yang kemudian Anda campurkan dengan air cuka di dalam sebuah wadah. Mangkuk bisa kemudian diletakkan di luar ruangan agar sinar matahari dapat mengenainya. Sesudah itu, ramuan baru bisa dioles ke bagian kulit kapalan tepat sebelum Anda beranjak tidur di malam hari yang bisa dibiarkan selama semalaman; penggunaan rutin akan membantu pelunakkan lebih cepat.

(Baca juga: bahaya cuka makan)

14. Lemon + Cengkih

Kulit yang kapalan juga bisa dihilangkan dengan mengombinasikan lemon serta cengkih. Sediakan lemon secukupnya yang bisa diambil airnya, lalu campurkan dengan cengkih; proses pencampurannya sebaiknya dilakukan sekitar 15 menit. Apabila sudah selesai, cengkih bisa dikeluarkan lalu air ramuannya bisa digunakan dengan mengusapkannya ke kulit kapalan Anda. Hasil akan terasa maksimal apabila Anda melakukan perawatan alami ini secara teratur, maka kapalan pun akan terkikis secara berangsur.

(Baca juga: makanan untuk penderita ambeien yang sehatobat sakit gigi)

15. Teh Chamomile

Sebagai makanan penyebab kantuk, teh chamomile biasanya dinikmati ketika bersantai dan ini bisa menjadi obat pereda stres yang sangat ampuh. Hanya saja, teh satu ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat kapalan yang manfaatnya juga terbilang efektif. Caranya adalah dengan merendam kaki yang kapalan ke dalam baskom yang sudah diisi dengan teh chamomile. Memang nantinya kaki akan ternoda, tapi noda dari teh ini akan dapat Anda hilangan dengan mudah menggunakan air dan sabun.

16. Nanas

Nanas adalah buah segar yang juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat kapalan karena ada enzim baik yang terkandung di dalam nanas sehingga segala kapalan dapat dilunakkan dan dihilangkan secara berangsur. Sediakanlah nanas segar yang dikupas dan potong-potong, setelah itu potongan nanas bisa Anda gunakan untuk mengusap bagian yang terkena kapalan. Perbanlah daerah yang sudah diobati supaya kandungan nanas dapat meresap sempurna; melakukannya setiap malam selama seminggu bisa membantu menghilangkan kapalan.

(Baca juga: makanan penyebab asam lambung)

Catatan

  • Apabila Anda penderita diabetes, kapalan jangan dianggap enteng dan harus dirawat sehati-hati mungkin karena sekalinya luka pecah dan terbuka, ini akan membutuhkan waktu sangat lama untuk sembuh. Waspada juga karena infeksi juga bisa mudah menyerang.
  • Air yang Anda pakai dalam membuat ramuan tersebut harus dipastikan tidak mengandung klorin karena akan membuat kering. (Baca juga: macam-macam mineral dan fungsinya bagi tubuh)
  • Jangan menggosok-gosok bagian kapalan keras-keras atau terlalu kasar karena kulit dapat terkena infeksi.