15 Penyebab Hernia pada Pria dan Wanita

2024

Pernah dengar akan istilah turun berok? Inilah yang dinamakan dengan istilah hernia, yaitu penyakit yang bisa timbul diakibatkan adanya buah zakar yang turun diiringi dengan lapisan otot dinding perut yang melemah. Hernia adalah kondisi penyakit yang rata-rata menyerang laki-laki, khususnya anak-anak meski tak menutup kemungkinan bahwa wanita pun bisa terserang juga. Rasa nyeri akan dialami oleh penderitanya apabila di dalamnya terjadi infeksi, seperti contohnya kalau penderita anak-anak sangat aktif.

Hernia dibagi 2 berdasarkan atas terjadinya, yaitu hernia yang didapat alias akuisita dan juga hernia bawaan atau kongenital. Berikut ini adalah penyebab hernia pada wanita dan pria yang patut untuk diketahui dan diwaspadai.

(Baca juga: efek samping hernia)

Hernia pada Wanita

Meski hernia adalah satu kondisi penyakit yang memang cenderung lebih sering terjadi pada pria, namun para wanita pun bisa saja mengalami penyakit ini. Berikut adalah sejumlah penyebab hernia yang diderita oleh para wanita.

  1. Kehamilan

Pada area perut wanita saat hamil tentu akan terasa adanya tekanan dan ini akan semakin dapat Anda rasakan ketika ukuran janin berkembang semakin besar. Hernia pun menjadi akibat dari adanya perkembangan ukuran janin yang membesar ini. Selain dari hernia, para wanita hamil bisa juga mengalami penyakit wasir yang juga disebabkan oleh adanya hormon yang meningkat maupun perut yang mengalami tekanan.

(Baca juga: gejala hernia)

  1. Mengangkat Beban Berat

Biasanya tugas mengangkat barang-barang yang berbobot berat adalah milik para pria, tapi terkadang ketika memang mendesak, wanita pun akan melakukannya. Inilah yang bisa menjadi penyebab hernia karena ada tekanan yang ditimbulkan saat proses mengangkat beban berat tersebut di mana usus perut bisa keluar diakibatkan tekanan tersebut. Sesekali saja mengangkat beban berat tidak akan jadi masalah tapi bila sangat sering, hati-hati karena hernia akan menyerang bila kegiatan seperti itu terus dilakukan dalam jangka waktu panjang.

  1. Sembelit

Sulit buang air besar alias sembelit pun bisa membuat seorang wanita mengalami yang namanya hernia. Ketika feses sulit dikeluarkan, proses ini tentu membutuhkan upaya dan tenaga Anda untuk mendorongnya dengan mengedan secara berlebihan. Proses pemaksaan ini akan membuat perut mengalami tekanan yang akhirnya posisi usus menjadi keluar dari tempatnya. Tak hanya sebagai faktor pemicu hernia, sembelit juga menjadi salah satu penyebab dari masalah wasir yang tak kalah mengganggu.

(Baca juga: cara mengatasi sembelit)

  1. Batuk/Bersin Keras-keras

Infeksi pernapasan bisa dialami sebagai efek dari batuk yang serius dan kondisi yang bisa menyebabkan hal ini biasanya adalah penyakit TBC di mana virus atau rokoklah yang mengakibatkannya. Saat batuk atau pilek saat flu yang parah, maka Anda akan batuk maupun bersin secara keras dan hal ini rupanya bisa membuat kondisi hernia muncul disebabkan timbulnya tekanan yang terjadi saat proses batuk atau bersin keras tersebut. Jika terlalu sering, hernia tak salah lagi bisa muncul menyerang tubuh Anda.

  1. Ada Cairan di Bagian Perut
  2. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan
  3. Tekanan pada Bagian Perut

Hernia pada Pria

Penyakit hernia lebih sering dialami pria dan inilah sejumlah faktor yang bisa membuat seorang pria menderita hernia:

  1. Konstipasi Jangka Panjang

Pencernaan apabila tidak dalam kondisi yang baik dan lancar, maka konstipasi adalah akibatnya. Sebenarnya konstipasi ini adalah satu faktor yang bisa dialami oleh wanita dan pria, bahkan juga anak-anak. Konstipasi sebenarnya adalah keadaan yang menunjukkan bahwa Anda tengah mengalami kekurangan serat pada tubuh. Supaya tidak berkepanjangan yang bisa memicu konstipasi, pertimbangkan akan pola makan yang sehat dengan menyiapkan menu dengan nutrisi seimbang, termasuk juga pemenuhan serat yang baik.

(Baca juga: efek samping mengkudu)

  1. Batuk Tak Sembuh-sembuh

Sama seperti yang bisa dialami oleh para wanita, penyebab satu ini bisa memicu hernia pada pria, entah itu batuk kering, batuk berdahak atau bahkan TBC. Ketika ketiga jenis batuk ini bertahan lama dan tidak kunjung sembuh, apalagi ketika batuk bisa terlalu keras maupun terasa sakit, hernia adalah penyakit yang bisa muncul sebagai akibatnya. Jadi, untuk menghindari batuk, tentu Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan, yaitu dengan menjauhi penyebab batuk seperti makan gorengan.

(Baca juga: penyebab batuk kering dan berdahak)

  1. Obesitas

Kegemukan atau obesitas bisa menjadi pemicu dari banyak penyakit serius, entah itu stroke, penyakit jantung, darah tinggi, kolesterol tinggi, dan masih banyak lainnya. Obesitas pun bisa menjadi faktor yang menyebabkan hernia, entah itu untuk wanita atau pria, khususnya jika badan terlalu gemuk lebih dari ukuran yang normal. Asupan pola makan adalah hal penting di sini yang tidak bisa diabaikan demi mencegah berat badan berlebih.

  1. Sakit Paru-paru

Baik itu kanker paru-paru, kista paru-paru, tumor paru-paru, paru-paru basah, atau flek paru-paru, segala penyakit yang berkaitan dengan paru-paru ini bisa menjadi pemicu hernia. Sebagai salah satu organ dalam tubuh yang sangat vital, tentu penting untuk menjaga saluran pernapasan kita supaya virus tidak bisa menyerang, begitupun juga efek rokok. Sakitnya bagian paru-paru bisa menjadi pemicu datangnya hernia yang bila tidak ditangani sesegera mungkin, penyakit komplikasi bisa terjadi.

  1. Sulit Buang Air Besar dan Mengedan

Sama seperti halnya penyebab hernia pada wanita, ketika pria terlalu sering mengedan keras berusaha untuk mengeluarkan feses yang sulit, ini bisa lama-kelamaan memicu hernia karena usus tertekan dari tempatnya semula. Jadi, bagi para pria maupun wanita yang tak ingin mengalami hernia, perlu untuk menghindari mengedan terlalu sering. Ini ada hubungannya dengan pemenuhan serat jika tak ingin mengalami sembelit.

(Baca juga: makanan penyebab sembelit)

Penyebab Hernia Lainnya

Untuk secara umum, ada juga beberapa faktor yang memicu hernia pada seseorang, entah itu pada anak anak, wanita dewasa maupun pria dewasa yang perlu diperhatikan.

  1. Faktor Genetik

Hernia bisa ada pada seseorang dikarenakan bawaan lahir alias genetik dan biasanya penurunan penyakit hernia adalah dari orang tua laki-laki atau dari ayah pada umumnya. Maka supaya nanti akhirnya tidak menurun ke anak dan cucu kita, pencegahan perlu dilakukan agar kita sendiri tak mengalami atau menderita hernia. Menjaga otot untuk tetap sehat adalah yang paling penting.

  1. Bayi Prematur

Bayi prematur tandanya adalah bahwa bayi tersebut tidak lahir pada waktunya, alias sebelum waktu yang diperkirakan ia sudah melihat dunia. Ini jugalah yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya hernia. Kondisi tubuh bayi dianggap belum sempurna ketika ia lahir sebelum waktunya, maka risiko terkena penyakit hernia cukup besar.

(Baca juga: hiperbilirubin pada bayi baru lahir)

  1. Penambahan Usia dan Menurunnya Kondisi Fisik

Dua hal tersebut adalah kondisi yang saling berkaitan di mana ketika seseorang semakin tua usianya, maka kondisi fisik pun juga akan turun. Inilah yang membuat seseorang memiliki tubuh dan kondisi otot yang semakin melemah. Ketika otot tubuh tak sebaik dulu, bisa jadi ini menyebabkan munculnya hernia.

(Baca juga: kelelahan otot)

Cara Mengatasi Hernia dengan Obat Tradisional

Kiranya beberapa cara mengobati hernia di bawah ini bisa membantu mengatasi penyakit ini secara alami:

  1. Teh

Sakit hernia bisa dicoba diatasi dengan teh, yaitu bahan yang sama sekali gampang ditemukan dan dibeli. Teh chamomile adalah jenis teh yang bisa diandalkan untuk kesembuhan hernia Anda. Caranya sederhana, yaitu hanya dengan meminumnya saat masih dalam keadaan hangat; meminumnya teratur akan memberikan hasil luar biasa bagi Anda.

(Baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan)

  1. Yogurt

Susu segar hasil fermentasi ini adalah cara mengatasi hernia alami yang bisa juga dicoba. Efektif dalam mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit hernia, Anda bisa menggunakannya dengan cara mengonsumsinya 3 kali setiap harinya sampai benar-benar merasa baikan.

  1. Biji Jeruk + Biji Mangga Kering + Akar Bunga Matahari

Cukup dengan menyediakan air 600 cc bersama dengan biji mangga kering 1 buah, biji jeruk 10 gram, serta akar bunga matahari 30 gram, Anda bisa meramu semuanya untuk obat hernia. Cuci dulu semua bahan, lalu cobalah rebus di air 600 cc tadi sampai sisanya 300 cc, baru setelah itu angkat dan saring. Biarkan dulu hingga hangat baru Anda bisa meminumnya; mengonsumsi secara rutin akan memberikan hasil maksimal terhadap proses kesembuhan hernia Anda.

  1. Jahe

Selain menjadi cara menghilangkan amandel secara alami, jahe juga merupakan bahan yang tak begitu sulit dijumpai karena rempah satu ini bisa dibeli di pasar tradisional maupun supermarket. Cara mengolahnya adalah dengan membuat minuman jahe, tak usah banyak-banyak, hanya 1 cangkir teh yang kemudian bisa diminum saat pagi tepat sebelum sarapan. Rasa nyeri akan dapat berkurang oleh karena manfaat baik dari ramuan air jahe ini.