Shandy Aulia Tetap Pilates saat Hamil, Ini 6 Manfaat Pilates bagi Bumil

106

Melalui akun Instagramnya, Shandy Aulia kerap mengunggah foto-fotonya saat sedang berolahraga pilates. Hamil anak pertama yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama bukan halangan baginya untuk melakukan pilates walaupun banyak warganet yang mengkhawatirkan kehamilannya gara-gara gerakan tubuh saat pilates.

Menurut Shandy sendiri, pilates itu baik kok untuk para bumil, jadi tidak jadi masalah, apalagi kalau ditemani oleh ahlinya pilates jelas lebih aman. Ia sudah 5 tahun belakangan mulai rajin pilates dan dirinya tetap melakukan olahraga ini walau nanti usia kandungannya sudah 9 bulan sekalipun. Mari kita lirik apa saja keuntungan melakukan aktivitas fisik seperti pilates untuk para bumil.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan susah tidur selama masa kehamilan, apalagi kalau hamil tua dengan posisi tidur ini itu yang tak nyaman juga. Pilates adalah latihan fisik yang baik sebagai pelancar peredaran darah sekaligus pernafasan sehingga saat waktunya tidur jadi nyaman dan rileks; dengan demikian otomatis mampu meningkatkan kualitas tidur.

  1. Mengatasi Sakit Pinggang

Usia kehamilan makin tua, tentu saja perut makin besar dan beban makin berat untuk pinggang. Banyak bumil juga kerap mengeluhkan kondisi satu ini, dan pilates mampu menjadi solusi alami dan aman dalam membantu membuat beban yang pinggang harus tanggung berkurang karena otot perut juga akan makin kuat.

  1. Menstabilkan Postur Tubuh

Perut yang makin besar otomatis postur tubuh jadi mengalami perubahan secara alami, hanya saja otot dan sendilah yang terkena dampaknya. Pilates lagi-lagi menjadi solusi dalam menyeimbangkan postur tubuh, menjaga kestabilannya supaya bumil tak gampang merasakan pegal apalagi sakit.

  1. Menjaga Suasana Hati

Mood bumil sering berubah dan cenderung sering terganggu karena perubahan hormon ditambah sudah hamil masih harus melakukan aktivitas harian yang mungkin cukup berat. Untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga tubuh senantiasa berenergi serta aktif walau sedang hamil, pilates adalah latihan fisik yang bisa dicoba.

  1. Mengatasi Bengkak, Kram dan Varises di Kaki

Berlatih pilates adalah cara melancarkan peredaran darah yang juga bermanfaat sebagai latihan otot besar dan pergelangan kaki. Ketika aliran darah baik, maka pembengkakan pada kaki, rasa kram yang menyiksa, hingga masalah varises dapat diminimalisir dan diatasi secara alami.

  1. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Diet itu tidak dianjurkan ya untuk para bumil, hanya saja agar berat badan juga tidak kemudian sampai berlebihan sampai tak dapat dikontrol, pilates diperlukan sebagai salah satu cara menjaga kestabilan berat badan kehamilan. Ketika pilates dengan rutin, gerakan aktif tubuh mampu menjaga fungsi metabolisme dan mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh.

Selain manfaat-manfaat tersebut, pilates pun sangat menguntungkan untuk kondisi pasca bersalin. Usai melahirkan, latihan pilates selama kehamilan juga mampu mengatasi stres pasca melahirkan sekaligus cepat mengembalikan bentuk tubuh. Asal datang kepada ahlinya dan selama berlatih dibimbing oleh instruktur pilates yang tepat, para bumil tak perlu khawatir.

Shandy Aulia pun mengatakan kalau dirinya membuat channel YouTube untuk berbagi mengenai pilates bagi ibu hamil. Hal ini ia lakukan agar banyak orang lebih mengenal fungsi pilates yang sangat bagus bagi kesehatan para bumil.