Ingin Bakar Lemak Singkat Cepat Tapi Efektif? Coba 7 Olahraga Ini!

247

Banyak orang yang mengalami hambatan ketika hendak membakar lemak sebagai cara menurunkan berat badan, yakni hambatan malas berolahraga. Untuk membakar lemak secara efektif memang dibutuhkan komitmen dan kedisiplinan tinggi dalam berolahraga. Bila enggan melakukan olahraga yang terlalu ribet, beberapa olahraga singkat ini bisa diandalkan lho.

  1. Stretching

Melakukan peregangan tubuh atau stretching adalah jenis olahraga simpel nan singkat yang bisa bantu bakar lemak. Bahkan ketika dalam posisi duduk, Anda bisa coba meregangkan tubuh. Mulailah membiasakan diri untuk stretching 2-3 jam sekali selama 5-10 menit bukan hanya sebagai olahraga yang membakar kalori, melainkan sebagai pencegah otot tegang.

  1. Jogging

Olahraga ini juga dapat dilakukan secara singkat, yakni antara 20-30 menit, selain itu juga sangat murah serta mudah. Pembakaran kalori dan lemak pun cukup lumayan asalkan dilakukan secara rutin. Tentu saja jaraknya harus diatur dulu ya dan semampu fisik saja, tak perlu memaksakan diri. Tapi kalau akhirnya terbiasa, mungkin jarak yang jauh bisa ditempuh.

  1. Lari

Berbeda dari jogging, kecepatan fisik dituntut pada olahraga lari, namun dengan begitu semakin besar lemak dan kalori yang bisa berhasil dibakar. Kalau ingin terjadi pembentukan alami di bagian paha depan, tak ketinggalan juga pada betis serta perut, lari adalah jenis olahraga yang bisa diandalkan apalagi kalau dilakukan serutin mungkin.

  1. Lompat Tali

Jenis olahraga ini pun bila dilakukan dalam waktu 10 menit saja sudah bisa membantu pembakaran hingga 350-700 kalori per minggu apabila melakukannya harian. Banyak orang telah membuktikan bahwa dengan lompat tali bisa efektif dijadikan sebagai cara membakar lemak. Asyiknya, lompat tali memiliki variasi gerakan yang bisa dilakukan agar tidak gampang bosan.

  1. Bersepeda

Cukup ambil waktu 1 jam saja untuk bersepeda, ini adalah olahraga singkat yang siap membantu pembakaran 600 kalori. Hanya saja jumlah kalori yang dibakar pun ditentukan oleh lokasi bersepeda dan kekuatan fisik yang digunakan saat bersepeda. Selain otot tubuh yang dapat kita latih, kesehatan jantung juga bisa meningkat sebagai dampak baiknya.

  1. Angkat Dumbbell

Olahraga singkat yang juga membakar lemak secara cepat adalah angkat dumbbell yang merupakan latihan kekuatan atau strength training. Selain bisa membakar lemak, jelas olahraga ini akan membuat kekuatan tubuh meningkat sebesar 50 persen lebih dan bakal mampu membentuk otot tubuh lebih maksimal.

  1. Naik Turun Tangga

Tak perlu repot harus keluar rumah dan menuju gym apalagi harus sampai join di sana kalau tak mau. Tangga di rumah atau kantor bisa juga dijadikan media untuk latihan fisik pembakar lemak. Naik turun tangga adalah contoh jenis olahraga yang bisa dilakukan singkat tapi benar-benar membentuk bagian tubuh bawah secara efektif sekitar 10-15 menit atau lebih.

Pada dasarnya, jenis olahraga apapun itu sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun bagi beberapa orang yang ingin membakar lemak secara cepat dan efektif tapi tak ingin berlama-lama atau bersusah-susah, beberapa rekomendasi di atas dapat mulai coba dipraktekkan. Tak lupa, supaya hasil diet maksimal, tips diet sehat juga perlu meliputi pola makan dan tidur yang benar ya.