Home Penyakit dan KelainanSinusitis 7 Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih Paling Mudah dan Mujarab

7 Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih Paling Mudah dan Mujarab

by Erlita

Sinusitis atau yang kita ketahui sebagai keadaan radang di dinding sinus merupakan penyakit yang memang tergolong umum, namun dapat sangat mengesalkan. Meski bukan jenis penyakit menular, sinusitis dapat menjadi kronis bila gejala awal dibiarkan begitu saja, seperti tersumbatnya hidung, sering sakit kepala, batuk berdahak, bau mulut hingga demam. Berikut adalah cara mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih yang bisa Anda andalkan.

  1. Pemakaian Langsung di Hidung

Minyak kayu putih memang seringkali digunakan sebagai obat masuk angin, bahkan banyak orang pun meyakini bahwa cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih sangat efektif. Bagaimana dengan memakai minyak kayu putih sebagai obat sinusitis?

Penerapan langsung bisa dilakukan bila tak ingin repot-repot. Cukup oles minyak kayu putih secara langsung pada bagian kulit bawah hidung yang akan membawa sensasi kelegaan pada hidung yang tersumbat sebagai gejala sinusitis. Namun, pastikan hanya sedikit saja yang digunakan karena terlalu banyak yang dioles akan membakar kulit Anda.

  1. Minyak Kayu Putih dan Hidrogen Peroksida

Cairan bening yang tingkat kekentalannya lebih tinggi dari air ini merupakan senyawa yang bersahabat sehingga banyak dijadikan sebagai obat luar maupun dalam. Kali ini, salah satu cara membuat sinusitis terobati adalah dengan mengombinasikan antara hidrogen peroksida dan minyak kayu putih.

Caranya cukup sederhana, yakni memasukkan sekitar 20 tetes minyak kayu putih ke dalam botol dalam bentuk spray yang sebelumnya sudah terisi dengan hidrogen peroksida. Untuk menurunkan risiko ciri-ciri sinusitis bertambah serius, Anda bisa coba menyemprotkannya ke udara, terutama di ruangan tempat Anda berada supaya mampu mengobati secara efektif.

  1. Minyak Kayu Putih dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang biasanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa untuk gaya hidup lebih sehat rupanya dapat dikombinasi dengan minyak kayu putih sebagai cara mengobati sinusitis ampuh. Campurkan saja dengan perbandingan 1:1 sesuai kebutuhan Anda yang disusul dengan menerapkannya langsung ke bagian dada yang mampu mengurangi gejala sinusitis.

  1. Minyak Kayu Putih dan Minyak Jojoba

Sama halnya dengan kombinasi yang disarankan sebelumnya, minyak jojoba di sini adalah sebagai campuran terbaik bagi minyak kayu putih dalam menangani masalah sinusitis. Walau minyak alami ini memang lebih diketahui sebagai pelembab yang terserap ke dalam kulit secara cepat, minyak ini juga kerap dijadikan sebagai obat alami.

Sama seperti penggunaan minyak kayu putih dengan minyak zaitun, minyak kayu putih bisa dicampurkan bersama minyak jojoba dengan takaran yang sama masing-masing, namun pastikan untuk digunakan secukupnya. Hindarilah takaran berlebihan karena ramuan ini hanya perlu dioles di bagian dada atau dihirup supaya gejala yang dirasakan mereda.

  1. Sebagai Campuran Air Mandi

Minyak kayu putih menawarkan anti-inflamasi sekaligus desinfektan alami yang juga kuat sehingga memang banyak dipercaya sebagai obat yang baik bagi penderita sinusitis. Jika ingin cara alternatif, maka jadikanlah minyak kayu putih sebagai campuran air mandi atau berendam Anda setiap hari sampai sinusitis membaik.

Caranya cukup dengan menambahkan 15 tetes minyak kayu putih langsung ke dalam air mandi Anda. Bila Anda menggunakan bathtub, maka Anda bisa berendam di sana sambil menghirup aroma yang melegakan saluran pernapasan. Namun, janganlah terlalu lama dan berlebihan menggunakannya sebab ada sensasi terbakar dan iritasi yang bisa terjadi pada kulit.

  1. Sebagai Uap yang Dihirup

Cara ampuh lainnya dalam menangani sinusitis menggunakan minyak kayu putih adalah dengan memasukkan sekitar 7 tetes minyak ini ke dalam air panas yang sudah Anda siapkan di dalam sebuah mangkuk atau baskom. Siapkan handuk juga yang ditaruh di atas kepala sambil bersandar mendekatkan wajah ke larutan air minyak kayu putih.

Uap dari air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih akan dapat Anda hirup baik melalui hidung maupun mulut. Lakukan secara rutin di mana sampai uapnya habis atau airnya mendingin. Jika memang sinusitis teramat mengganggu, lakukan perawatan ini beberapa kali dalam sehari sesuai yang Anda perlukan saja.

  1. Diffuser Minyak Kayu Putih

Diffuser adalah merupakan sebuah alat khusus dengan fungsi utama sebagai pengubah minyak esensial apapun berubah menjadi partikel atau butiran yang berukuran sangat kecil. Butiran-butiran dari minyak esensial tersebut akan disebarkan ke seluruh ruangan yang otomatis pasti akan langsung tertangkap oleh indera penciuman kita.

Aroma minyak kayu putih dari diffuser ini mampu menjadi terapi alternatif yang bisa membuat kondisi sinusitis jauh lebih baik. Tambahkan sekitar 3 tetes saja menggunakan diffuser lalu biarkan pembauran terjadi di ruangan tempat Anda sering berada di dalam rumah. Ambil nafas dalam-dalam dan ini akan menyegarkan saluran pernapasan Anda.

Memang cara mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih sangat direkomendasikan sebagai terapi sinusitis wajib dicoba karena sederhana dan juga efektif menangani sinusitis. Hanya saja, pastikan bagi Anda penderita penyakit asma untuk tidak menggunakan atau serangan asmalah yang menjadi risikonya.

You may also like