8 Akibat Kelebihan Zat Besi yang Harus Anda Ketahui

Zat besi umumnya memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan dan kebugaran tubuh. Sebab kandungannya mampu memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Bagi otak zat besi mampu berperan penting dalam membantu proses kerja. Atau bagi otot tubuh juga demikian, zat besi memiliki mampu membantu dalam menguatkan serat otot tubuh sehingga dalam melakukan fungsinya sebagai penggerak organ tubuh, otot bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu juga zat besi memiliki fungsi lain dalam memaksimalkan peran imunitas. Sebab kandungan zat besi dalam tubuh akan mengaktifkan semua zat limfosit dalam tubuh sehingga pengaruhnya dapat memaksimalkan kerja imunitas. Anda juga disarankan untuk mengetahui akibat kekurangan besi dan magnesium dalam tubuh.

Tidak berhenti itu saja zat besi juga mampu membantu membawa oksigen di dalam tubuh, sebab sistem kerja zat besi mampu mengikat oksigen yang kemudian disebarkan melalui darah. Dalam usaha menjaga temperatur tubuh, zat besi juga memainkan peran pentingnya. Peran zat besi ini yang kebanyakan orang belum banyak disadari, bahwasannya zat besi mengambil bagian otak dan mengolah temperatur dalam tubuh.

Itulah berapa manfaat zat besi dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi juga akan menimbulkan gejala-gejala yang merugikan fungsi organ tubuh dalam menjalankan aktivitas keseharian.Tubuh yang mengalami kekurangan zat besi akan mengalami gangguan-gangguan diantaranya kekurangan darah, kemudian suasana hati mudah berubah, kaki gemetaran, menopaus dini, kulit pucat, serta tubuh mudah lesu dan letih. Gejala ini tentu tidak diharapkan muncul dalam diri seseorang.

Namun, bagaimana jika kelebihan zat besi justu juga berdampak buruk terhadap tubuh?.   Dampak ini yang harus Anda ketahui sebab akan sama-sama berdampak negatif terhadap kesehatan dan sistem kerja tubuh. Apapun jika kelebihan memang akan berdampak buruk terhadap sesuatu. Untuk itu dalam artikel ini akan saya bahas delapan akibat kelebihan zat besi. Baca juga gejala gula darah terlalu rendah.

  1. Munculnya gejala Diapetes

Jika seseorang kelebihan mengonsumsi zat besi, maka zat besi tersebut akan mengalami pengendapan di pancreas. Pengendapan ini yang akan berakibat terhadap kesehatan tubuh, dimana akan muncul pertumbuhan produksi insulin yang kemudian membuat insulin bertumbuh lebih banyak, yang selanjutnya membuat seseorang mudah terserang penyakit diabetes. Selain itu ancaman kerusakan pankreas juga menghantui seseorang yang dalam tubuhnya kelebihan zat besi. Anda juga harus membaca jenis-jenis diabetes.

  1. Warna Kulit Berubah Keabuan

Akibat lain yang muncul dari seseorang yang kelebihan zat besi dalam tubuhnya adalah kulit berubah menjadi warna keabuan. Perubahan warna ini akibat kandungan zat besi yang di dalam tubuh mengalami penumpukan. Hal ini yang kemudian bisa berakibat pada tubuh menjadi lemas, dan malas melakukan aktivitas sehari-hari. Dampak ini, bagi mereka yang bekerja aktif tentu sangat merugikan. Sebab daya tahan tubuhnya bisa berkurang.

  1. Perut akan Terasa Nyeri

Seseorang yang di dalam tubuhnya mengalami perut nyeri, hal ini bisa jadi orang tersebut mengalami kelebihan zat besi di dalam tubuhnya. Gejala ini tidak lain disebabkan adanya penumpukan zat besi yang lebih dalam tubuh. Dampak nyeri ini yang kemudian akan membuat perut menjadi lebih besar daripada biasanya. Gejala ini yang kemudian berpengaruh ketidaknyamanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab, ketika nyeri menyerang rasanya bisa jadi membuat kesakitan.

  1. Memunculkan Dampak Impoten

Selain rasa nyeri di perut, efek lain dari kebanyakan zat besi dalam tubuh dapat munculnya dampak impoten. Gejala ini lebih banyak dialami oleh kaum laki-laki. Sebab dampak lain dari penumpukan zat besi menyusutnya testikel dalam tubuh. Bahkan parahnya akan mengalami disfungsi ereksi yang turut menyertainya.

  1. Sendi Terasa Nyeri

Akibat ini dalam ilmu kedokteran sering dinamai dengan istilah arthritis. Gejala ini biasanya menyerang tubuh bagian sendi. Jadi mereka yang mengalami kelebihan zat besi di dalam tubuhnya akan mengalami nyeri di bagia persendian.  Tidak hanya nyeri, bahkan sendi akan mengalami peradangan dan parahnya pembekakan. Gejala ini bagi mereka yang dalam kesehariannya melakukan pekerjaan yang aktif, yang menuntut untuk bergerak cepat akan menjadi penghalang. Sebab ia akan mengalami sakit yang amat sangat luar biasa. Anda juga harus mengetahui gejala nyeri sendi lutut.


  1. Gangguan Pada Liver

Gangguan liver atau umumnya disebut sebagai jaundice, gejala ini cukup serius bagi orang yang di dalam tubuhnya mengalami banyak zat besi. Penyakit ini timbul ketika jumlah bilirubin di dalam darah mengalami meningkatan, sehingga mengakibatkan fungsi liver akan terancam gagal.

  1. Membuat Jantung Tidak Normal

Kelebihan zat besi dalam tubuh memang berdampak buruk bagi tubuh, sebab tubuh akan terakumulasi ke otot-oto  jantung dan jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka akan mengganggu kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh terganggu. Bahkan yang paling menakutkan, bisa mengakibatkan gagal jantung. Hal ini tentu sangat dikhawatirkan bagi mereka yang dalam tubuhnya terlalu banyak mengandung kadar zat besi yang terlalu tinggi. Baca juga  12 vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya.

 

 

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Panduan Gizi