Home Gizi & NutrisiProtein Metionin : Pengertian, Fungsi – Penjelasan

Metionin : Pengertian, Fungsi – Penjelasan

by Erlita

Metionin merupakan sebuah jenis asam amino yang biasanya dimanfaatkan pada proses biosintesis protein. Gugus alfa amino terdapat di dalamnya, yaitu sebuah kelompok asam a-karboksilat serta rantai samping S-methyl thioether sehingga dapat menglasifikasikannya sebagai asam amino alifatik non-polar. Begitu esensial dan vitalnya metionin pada tubuh manusia yang artinya bahwa tubuh tak dapat melakukan sintesis membuat senyawa ini, dan ini tandanya senyawa ini perlu didapat dari diet harian.

Metionin ini jugalah yang termasuk di dalam bahan yang membentuk asam amino lain yaitu sistein serta kolin atau vitamin. Vitamin B12-lah yang diajak bekerja sama oleh metionin bersama dengan asam folat sehingga tubuh dapat dibantu dalam mengatur pasokan protein yang terlalu banyak bagi yang melakukan diet tinggi protein.

(baca juga: akibat kelebihan asam amino – akibat kelebihan dan kekurangan vitamin b12)

Rekomendasi Asupan Metionin

  • Dosis untuk Orang Dewasa Sehat

Pada umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh yang baik akan dianjurkan mengonsumsi 800-1000 mg metionin setiap harinya. Namun untuk amannya, kita bisa berkonsultasi dengan dokter atau melakukan check up kesehatan lebih dulu agar mengetahui apakah tubuh benar-benar dalam keadaan yang baik.

  • Dosis untuk Penderita Keracunan Acetaminophen

Dosis konsumsi metionin yang diketahui adalah dosis yang telah dipelajari dan diteliti secara ilmiah diperuntukkan bagi mereka yang keracunan acetaminophen. Dosis yang direkomendasi adalah 2,5 gram setiap 4 jam untuk 4 dosis yang sangat dianjurkan dengan tujuannya mencegah risiko kematian akibat kerusakan organ hati. Metionin ini perlu diberikan hanya dalam kurun waktu 10 jam saja sejak mengonsumsi acetaminophen dan pemberian tidak bisa dilakukan oleh diri sendiri karena perlu bantuan dan pengawasan ahli medis.

(Baca juga: jenis obat analgesik)

Manfaat Metionin

Metionin sebagai bagian dari keluarga asam amino jelas penting bagi tubuh manusia. Di bawah ini adalah fungsi atau manfaat dari metionin yang akan membantu kita mendapatkan tubuh sehat.

  1. Penghilang Zat Racun

Metionin ini memiliki peran penting ketika tubuh kita memiliki zat beracun dengan menghilangkannya dari organ hati. Bahkan metionin jugalah yang menyediakan fasilitas regenerasi hati sehingga tubuh tidak berlebihan racun yang bakal membahayakan organ-organ lainnya. Bahkan pada kasus acetaminophen, metionin yang diterima melalui intravena dan mulut akan secara efektif mengatasi keracunan ini yang dianjurkan untuk memberikan pengobatan sesegera mungkin dalam waktu 10 jam paling tidak sejak overdosis acetaminophen.

(Baca juga: bahaya keracunan aflatoksinkeracunan karbon monoksidakeracunan makanan)

  1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir Tabung Saraf

Metionin yang dikonsumsi oleh wanita dalam dietnya selama masa kehamilan dianggap baik juga. Ini dikarenakan ada dugaan bahwa metioninlah yang membantu supaya janin tercegah dari mengalami cacat lahir tabung saraf ketika lahir sehingga para ibu bisa lebih berhati-hati dalam menutrisi tubuh dan calon bayi.

(baca juga: penyebab bibir sumbing – kesehatan sistem saraf otak)

  1. Mengatasi Kanker Usus Besar

Meski belum diketahui secara ilmiah, metionin ini teridentifikasi mampu menjadi solusi untuk mengatasi masalah kanker usus besar dengan mengonsumsi sumber makanannya. Bersama dengan folat, metionin kelihatannya akan dapat membuat risiko kanker usus besar berkurang. Mengonsumsi metionin secara cukup akan sangat menolong, khususnya bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat kesehatan kanker usus besar serta yang memiliki kebiasaan dalam mengonsumsi minuman beras berlebihan dan pada frekuensi yang cukup sering.

(Baca juga: penyebab kram perut bagian kiribahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker)

  1. Menurunkan Efek Nitrous Oxide

Paparan dalam jangka panjang akan nitrous oxide dapat mengakibatkan kondisi tubuh terkena defisiensi cobalamin. Pemberian anestesi selama operasilah yang akan memnyebabkan adanya paparan tersebut sehingga defisiensi menjadi efek sampingnya. Meski masih kurang bukti, namun telah ada penelitian yang menyatakan dan menunjukkan bahwa metionin yang diambil melalui mulut tepat sebelum menjalankan operasi akan mampu menurunkan efek samping buruk dari nitrous oxide.

(Baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fungsi penting metionin yang tak seharusnya dianggap enteng adalah kemampuannya dalam membuat kadar tinggi kolesterol menjadi turun secara alami. Ini dikarenakan perannya yang baik dalam menyerap kolesterol serta lemak. Hal ini pulalah yang dijadikan kunci kesehatan untuk organ hati yang berkaitan dengan kelebihan lemak.

(Baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan asam amino)

Efek Kekurangan Metionin

Metionin begitu pentingnya untuk mendukung fungsi tubuh kita, maka ketika tubuh mengalami kekurangan senyawa asam amino ini, berikut adalah beberapa efek buruk berpotensi dialami:

  1. Pengerasan Hati

Organ hati sangat vital bagi kita, dan salah satu cara menjaganya tetap sehat adalah dengan memberi asupan cukup akan metionin. Ketika terjadi pengerasan hati atau gangguan lainnya di organ ini, bisa jadi kadar metionin terlalu rendah sehingga kolesterol ikut tinggi karena kolesterol dan lemak jahat yang tinggi pun dapat menjadi pengganggu kesehatan hati.

(Baca juga: penyebab kolesterol tinggigejala kolesterol tinggi)

  1. Keracunan

Tubuh bisa sangat mudah terpapar zat beracun, dan metionin adalah senyawa yang mampu memberikan penyelamatan kepada setiap organ tubuh kita. Seperti pada kasus acetaminophen di mana jika dosisnya terlalu tinggi dan terlalu lama (lebih dari 10 jam) tidak diatasi dengan metionin, kondisi dapat berkemungkinan semakin buruk.

  1. Terhambatnya Pertumbuhan

Pertumbuhan tubuh manusia dapat menjadi terhalang atau terhambat dan kurang sempurna diakibatkan oleh kurangnya asam amino metionin di dalam tubuh. Seperti halnya bagaimana metionin dianggap mampu menurunkan risiko cacat lahir pada saraf bayi, tentu metionin memainkan peran besar dalam pertumbuhan organ kita.

(Baca juga: makanan peninggi badan alami dan aman)

  1. Penyerapan Sari Makanan Kurang Maksimal

Ketika tubuh kekurangan metionin, diduga juga bahwa tubuh akan mengalami kesulitan dalam menyerap sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Zat makanan yang seharusnya melewati proses penyerapan menjadi kurang optimal tanpa kadar cukup metionin.

(Baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan mineral)

Efek Kelebihan Metionin

Metionin dianggap sebagai asam amino yang aman ketika dikonsumsi atau diambil lewat mulit atau melalui proses injeksi dalam kepentingannya mengatasi keracunan acetaminophen di bawah pengawasan dokter. Ketika metionin dikonsumsi secara berlebih atau bahkan pada cara yang kurang tepat, ini akan menjadi faktor pemicu kondisi-kondisi sebagai berikut:

  1. Berisiko Mengganggu Kehamilan

Memang disebutkan bahwa wanita yang hamil mengonsumsi metionin dapat menurunkan yang namanya cacat lahir pada bayi, terutama pada sistem sarafnya. Hanya saja mengonsumsi bukan pada dosis yang tepat dan terlalu banyak bisa berakibat fatal. Memang belum ada informasi akurat mengenai hal ini, tapi masa hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengambil risiko mengonsumsi asam amino terlalu banyak demi sisi keamanan sang ibu dan janin.

(Baca juga: bahaya kelebihan aa dan dha)

  1. Pengerasan Arteri

Kondisi ini dikenal dengan nama aterosklerosis di mana metionin yang yang berlebih justru berkemungkinan membuat kadar darah dari homosistein meningkat, apalagi khususnya bagi yang tidak memiliki asupan folat yang cukup berikut juga vitamin B6 dan B12. Bagi orang-orang yang mempunyai masalah pada proses pengolahan homosistein pun justru malah mengalami efek buruk ketika memperoleh metionin. Ketika homosistein ini kemudian terlalu banyak, kerusakan pembuluh darah serta penyakit jantung dapat meningkat. Tak hanya risiko penyakit jantung, beberapa sel tumor pun bisa tumbuh di dalam tubuh kita dipicu oleh lebihnya kadar metionin yang tak segera dibatasi.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit jantungpenyebab penyakit jantung)

  1. Penyakit Hati

Sakit pada bagian liver rupanya dapat juga dikarenakan kelebihan metionin di dalam tubuh. Khusus bagi penderita penyakit hati atau yang sudah memiliki gangguan di organ ini, kondisi dapat diperburuk bila dosis tepat akan metionin tidak diperhatikan dengan tepat.

(Baca juga: bahaya penyakit liver)

  1. Skizofrenia

Metionin yang diasup pada jumlah yang besar, seperti misalnya 20 gram setiap harinya dalam waktu 5 hari secara berturut-turut akan memicu kondisi mental yang terganggu. Kelesuan, agitasi, delirium, disorientasi, kebingunan ditambah juga gejala lain yang serupa berpotensi timbul. Bahkan akan memperparah keadaan seseorang yang sudah lebih dulu mengidap skizofrenia.

(Baca juga: penyebab halusinasi – macam-macam mineral dan fungsinya bagi tubuh)

Sumber Metionin

Meski sudah tersedia banyak suplemen di luar sana, mengonsumsi sumber makanan berkandungan metionin di bawah ini jauh lebih baik dan alami. Ketika tubuh kekurangan metionin, makanan-makanan ini dapat menjadi penyelamat kondisi kita, sementara yang sudah kelebihan metionin diharapkan untuk mulai membatasi konsumsi makanan di bawah ini.

  1. Kacang Brazil (1124 mg per 100 gram atau 315 mg per ons).
  2. Kacang Putih (146 mg per 100 gram atau 16 mg per 1 sendok makan).
  3. Produk Susu (terutama yogurt tanpa lemak: 169 mg per 100 gram atau 287 per kontainer).
  4. Telur Rebus Matang (392 mg per 100 gram atau 196 mg per butir).
  5. Kacang Kedelai (534 mg per 100 gram atau 150 mg per ons).
  6. Ikan Tuna dan Kerang (835 mg per 100 gram).
  7. Daging Babi (853 mg per 100 gram).
  8. Daging Kalkun dan Ayam (terutama bagian dada: 925 mg per 100 gram).
  9. Keju Parmesan (958 mg per 100 gram).
  10. Daging Domba dan Sapi yang Dipanggang (981 mg per 100 gram).

(Baca juga: makanan yang mengandung vitamin b12 super tinggi)

Mengikuti dosis yang tertera dan menuruti saran spesifik dokter akan menghindarkan kita dari segala efek samping kekurangan maupun kelebihan metionin.

You may also like