13 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Folat dalam Tubuh

diAsam folat sering juga disebut dengan vitamin B9. Keberadaan jumlah ragam vitamin yang seimbang sesuai dengan batas normal akan membantu menjaga kondisi tubuh secara optimal. Namun berikut ini akan dijelaskan beberapa akibat yang dapat terjadi pada tubuh manusia saat terjadi kelebihan dan kekurangan jumlah asam folat di dalam tubuhnya.

artikel terkait: efek kelebihan asam folat

Akibat Kelebihan Asam Folat

1. Insomnia

Ada begitu banyak hal yang mampu menyebabkan timbulnya insomnia. Salah satunya adalah jadwal tidur yang tidak teratur. Hal ini terjadi karena tubuh kelebihan asam folat atau vitamin B9. Kelebihan vitamin jenis ini ternyata dapat menghambat kemampuan seseorang mengatur jadwal tidur tepat waktu. Hal ini dikarenakan tubuh tidak berada dalam kondisi seimbang sebagaimana mestinya.

artikel terkait: dampak insomnia bagi kesehatancara mengatasi susah tidur

2. Ruam

Saat anda menemukan berbagai warna merah ruam pada kulit, padahal tidak sedang mengalami alergi atau terkena gigitan serangga apapun. Sebaiknya anda mulai waspada terhadap jumlah asam folat tubuh. Hal ini dikarenakan salah satu pertanda tubuh kelebihan asam folat adalah timbulnya ruam merah pada permukaan kulit.

3. Kejang

Gejala ketidakseimbangan kondisi tubuh yang diakibatkan oleh berlebihnya kandungan asam folat di atas normal adalah munculnya gangguan saraf yang berakibat pada munculnya gejala kejang pada penderita.

4. Kesemutan

Saat tubuh penuh dengan kandungan berlebih asam folat, maka di sisi lain keberadaan vitamin B12 akan semakin terkikis. Terkikisnya vitamin B12 mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan vitamin B12 yang merangsang terjadinya kesemutan secara berkala sebagai akibat dari berlimpahnya kandungan asam folat dalam tubuh yang tidak terkontrol sesuai dengan batas normal.

5. Mati Rasa

Dalam keadaan yang sangat parah jika asam folat terus menerus mengikis keberadaan vitamin B12 maka dalam jangka panjang tubuh akan mengalami kerusakan jaringan yang dapat menyebabkan pada munculnya gejala tubuh mengalami mati rasa dan kehilangan kemampuan dalam merespon rangsang dari luar tubuh serta tidak dapat meneruskan respon rasa pada saraf sebagaimana semestinya.

artikel terkait: lidah tidak bisa merasakan rasa makanan

6.Mual

Salah satu gejala yang muncul saat tubuh mengalami kelebihan kadar asam folat adalah dengan naiknya jumlah asam lambung yang secara otomatis hal ini akan menimbulkan rangsangan mual serta muntah pada penderita kelebihan asam folat tersebut.

artikel terkait: gejala asam lambungkepala sering terasa berat pusing dan mual

7. Kelelahan


Kelebihan kadar asam folat akan membuat tubuh senantiasa merasa lebih cepat lelah saat menjalani aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Namun anehnya saat anda beristirahat justru gejala lain seperti insomnia akan segera anda rasakan. Oleh karena itu, sebaiknya anda senantiasa lebih peduli pada setiap menu yang dikonsumsi demi tercapainya keseimbangan pasokan nutrisi pada tubuh.

artikel terkait: kelelahan ototcepat lelah dan jantung berdebarciri-ciri kurang tidur yang cukup

8. Hipertensi

Kelebihan kadar asam folat juga dapat serta merta mempengaruhi kondisi tekanan darah anda untuk naik lebih tinggi lagi sehingga mengakibatkan hipertensi atau darah tinggi. Hal ini dipastikan karena sistem sirkulasi darah bereaksi terhadap keberadaan asam folat dalam jumlah tinggi dalam tubuh.

Akibat Kekurangan Asam Folat

Akibat yang dapat terjadi pada tubuh saat mengalami kekurangan asam folat dapat dijelaskan di bawah ini:

1. Anensefali

Asam folat identik dengan kehamilan dan perkembangan janin. Pada masa kehamilan, jika asupan asam folat kurang dari normal dapat mengakibatkan anensefali pada bayi yang baru lahir, yaitu kelainan otak bawaan yang mengakibatkan kegagalan menutupnya tabung saraf bagian atas sehingga tidak terbentuknya sebagian besar tengkorak dan otak pada janin. Biasany abayi yang terlahir dalam kelainan otak bawaan jenis ini meninggal pada saat lahir atau hanya bertahan dalam beberapa hari.

artikel terkait: kesehatan sistem saraf otak

2. Spina Bifida

Akibat selanjutnya yang dapat terjadi pada bayi adalah jika pada masa kehamilan, ibu hamil kurang mengonsumsi asam folat sehingga terjadi defisiensi asam folat dalam tubuh sang ibu hamil maka berakibat terjadinya spina bifida atau sumbing tulang belakang. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bayi kurang sempurna dan bisa mengakibatkan cacat fisik maupun cacat mental pada bayi yang lahir tersebut.

artikel terkait: penyebab terjadinya lordosis kifosis dan skoliosis

3. Anemia

Kekurangan persediaan asam folat dalam tubuh sama artinya dengan berkurangnya pasokan bahan pembuat sel darah terutama sel darah merah atau eritrosit. Hal ini mengakibatkan meningkatknya potensi anemia. Berkurangnya jumlah eritrosit maka berkurang pula jumlah hemoglobin pengangkut oksigen dalam aliran darah. Hal ini terlihat dengan munculnya gejala anemia seperti mudah lelah, letih, dan tubuh kurang bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

artikel terkait anemia :

4. Diare

Tanpa adanya asam folat yang mencukupi dalam tubuh maka sistem pencernaan pun mengalami gangguan. Kemampuan usus dalam menyerap sari dan cairan menjadi tidak optimal. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti diare. Hal lain yang dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan dapat terjadi pada organ lambung yaitu permasalahan maag yang juga disebabkan oleh minimalnya ketersediaan asam folat dalam tubuh.

artikel terkait diare lainnya :

5. Gangguan Kesehatan Mulut

Kekurangan asam folat mampu membuat organ mulut menjadi lebih rentan terhadap perlukaan. Hal ini bisa memicu timbulnya sariawan maupun luka pada bagian lidah yang umumnya mampu mengganggu seseorang dalam mengonsumsi makanan secara sempurna seperti kondisi normal.

artikel terkait : penyebab sering sariawan cara mengobati sariawan cara mencegah sariawan obat sariawanpenyebab lidah pecah pecah

Jenis Makanan Tinggi Asam Folat

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat super tinggi. Mari langsung saja disimak berikut ini ya:

  • Stroberi

Buah segar yang satu ini umumnya menjadi buah primadona bagi anak-anak. Rasanya yang manis segar dilengkapi pula dengan bentuk unik sangat menggugah selera. Di dalamnya terkandung pula beragam nutrisi salah satunya asam folat yang jika dikonsumsi selama masa kehamilan dalam takaran mencukupi dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin dan menghindarkannya dari kecacatan.

  • Pepaya

Selain baik untuk sistem pencernaan, buah pepaya juga kaya akan kandungan asam folat dan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga bayi dari ketidaksempurnaan pertumbuhan seperti menghindarkan dari gangguan perkembangan tulang belakang. [artikel terkait: khasiat daun pepaya]

  • Kentang

Jenis pangan satu ini baik dikonsumsi oleh banyak kalangan termasuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kentang membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh dalam kondisi normal. Selain itu, kandungan asam folat dalam kentang juga sangat bagus dalam rangka meningkatkan ketahanan sistem imunitas tubuh dari berbagai gangguan zat asing yang mengancam tubuh. [artikel terkait: bahaya kentang goreng]

Demikian beberapa daftar uraian mengenai serba-serbi asam folat. Mulai dari akibat kelebihan ataupun juga kekurangannya dan juga disertakan pula beberapa contoh makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Selain itu, senantiasa untuk membisakan cara hidup sehat demi investasi untuk masa depan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi