Home Gizi & NutrisiPanduan Gizi Akibat Kekurangan dan Kelebihan Mineral Bagi Tubuh

Akibat Kekurangan dan Kelebihan Mineral Bagi Tubuh

by Roro Dyiah

Menurut Anda, diantara zat- zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, zat apakah yang paling mudah didapatkan? Baik dari tubuh manusia sendiri, maupun dari berbagai makanan atau minuman yang menjadi konsumsi harian kita? Tentu saja semua zat mudah ubtuk didapatkan manusia, karena satu makanan biasaya tidak hanya mengandung kandungan satu atau dua zat saja, namun banyak zat yang dikandung dari satu jenis makanan saja. Hal ini tentu saja sangat memudahkan kita dalam memenuhi berbagai kebutuhan zat yang diperlukan oleh tubuh kita. Asalkan kita sebagai manusia mau menjaga kesehatan tubuh kita dengan berolahraga, mengaktifkan badan secara cukup dan juga memberi makanan yang sehat dan bergisi, hal itu tentu akan sangat membantu tubuh kita tetap sehat dan orang- orga di dalamnya mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Saat kita minum, cairan yang paling sering kita minum pastinya adalah air putih. Bahkan minuman apapun itu pastilah bahan bakunya menggunakan air putih yang kemudian dicampur dengan seruk atau sirup minuman tertentu. Tahukah Anda, bahwa saat ini banyak sekali yang menawarkan air putih kemasan? Air putih dalam kemasan tidak disebut sebagai air putih, namun disebut sebagai air mineral. Artinya air putih dalam kemasan tersebut mengandung kandungan mineral . Kebanyakan air mineral kemasan tersebut dibuat bukan dari air yang dipanaskan atau direbus. Namun air mineral tersebut diambil dari mata air yang ada di pegunungan yang masih alami dan diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan berbagai bakteri- bakteri atau kuman yang kemudian yang disisakan adalah mineralnya, tanpa dimasak terlebih dahulu. Jika Anda mengonsumsi air mineral yang demikian, maka apa yang akan Anda rasakan? Tentunya akan terasa lebih segar bukan?

baca juga: khasiat minuam air hangat setelah makan

Mineral

Mineral adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mineral ini merupakan salah satu zat yang terdapat di alam yang mengandung berbagai unsur seperti kimia homogen, dan mempunyai bentuk yang teratur yang terbentuk secara alami melalui proses organik. Mineral ini mempunyai struktur kristal karena mineral ini mempunyai sifat- sifat kimia dan juga sifat fisika yang menampatkan atom- atom secara beraturan di dalamnya.

Manfaat Mineral

Lalu mengapa mineral ini termasuk zat yang penting bagi tubuh?  Apakah sebenarnya fungsi dari mineral ini untuk tubuh manusia? Mineral adal salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam kaitannya mendukung proses pertumbuhan dan juga perkembangan meskipun dalam jumlah yang sedikit. namun secara keseluruhan, mineral ini mempunyai kegunaan yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Fungsi mineral secara umum adalah membantu serta membina kesehatan jantung, saraf, dan juga otot, kemudian mengatur tekanan osmotik dalam tubuh, serta menghasilkan berbagai enzim. Mineral juga dapat megeraskan, memelihara, serta mengendalikan tulang.Mineral juga berfungsi sebagai katalis terhadap semua proses biokimia yang ada di dalam tubuh. Mineral ini juga berfungsi sebagai pembentukan struktur dan jaringan baik yang bersifat lunak maupun keras. Mineral juga berperan membantu dalam pembentukan antibodi di dalam tubuh. Mineral dapat menjaga dan juga mengatur keseimbangan air dan juga asam basa pada darah.

Dan fungsi mineral lainnya yaitu berperan dalam penyusunan kerangka tubuh, otot, serta gigi, dan juga sebagai aktivator dalam peranan enzim dan juga hormon. Itulah fungsi- fungsi mineral di dalam tubuh kita. Banyak sekali bukan? Ini berarti mineral memang merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh kita.

Sumber Mineral

Kemudian dari mana saja kita bisa memperoleh mineral yang cukup utuk tubuh kita? Selain dari air pegunungan yang mengandung mineral, masih banyak sekali makanan dan minuman lainnya yang mengandung mineral. Makanan- makanan yang mengandung mineral antara lain kacang- kacangan seperti kacang mete dan kedelai, kemudian sayur- syuran seperti bayam, seledri, dan kubis. Kemudian buah buahan yang banyak mengandung mineral antara lain semangka, jambu, kiwi, aprikot, alpukat, manggis, delima, anggur, pisang, pir, jeruk dan beri hitam. Serta makanan lain yang mengandung mineral adalah barley, tempe, tahu, beras, kismis, daging unggas, daging sapi, ubi, ikan, jamur, dan juga susu. Selain dari makanan atau minuman, mineral juga dapat diperoleh dari mengonsumsi suplemen yang mengandung mineral tinggi.

baca juga: macam-macam mineral dan fungsinya bagi tubuh

Kekurangan Mineral bagi Tubuh

Mengingat mineral adalah zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, maka tubuh manusia sangat membutuhkan asupan mineral dalam jumlah yang cukup. Mineral ini sebenarnya terdiri dari beberapa macam. Kekurangan  atau kelebihan mineral tertentu dapat menyebabkan penyakit tertentu. Penyakit- penyakit ini berbeda- beda tergantung jenis mineral yang kurang atau yang lebih. Lalu apa yang akan terjadi apabila tubuh kita kekurangan mineral? Dampak buruk yang dapat dihasilkan dari adanya kekurangan mineral adalah:

  1. Natrium

Kekurangan natrium dapat menyebabkan apatis, kejang, dan hilangnya nafsu makan. Kekurangan natrium ini dapat terjadi setelah seseorang mengalami penyebab muntah darah, gejala diare, munculnya keringat dingin yang berlebihan dan juga diet rendah natrium.

  1. Chlor

Kekurangan mineral jenis Chlor dapat terjadi setelah seseorang mengalami muntah- muntah, diare kronis, dan juga keringat yang berlebihan.

  1. Kalsium

Kalsium ini merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk tulang. Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan menyebabkan gangguan pada pertumbuhan, tulang kurang kuat, dan tulang juga mudah rapuh dan bengkok. (baca juga: cara menjaga kesehatan tulang)

  1. Fosfor

Fosfor ini juga merupakan salah satu zat yang bermanfaat bagi tulang. Kekurangan fosfor dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dengan gejala berupa lelah, kurangnya nafsu makan, dan juga rusaknya tulang.

  1. Magnesium

Jenis mineral yang bermanfaat lainnya adalah magnesium. Kekurangan magnesium dapat terjadi setelah seseorang mengalami muntah- muntah, diare, dan juga penggunaan deuretika atau obat perangsang keluarnya urin. Kekurangan magnesium dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan menurunnya nafsu makan, mudah tersunggung, pertumbuhan terganggu, gugup, kejang- kejang, terganggunya sistem saraf pusat, halusinasi, koma, hingga terjadinya gejala gagal jantung.

  1. Sulfur

Sulfur merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terjadinya kekurangan sulfur ini jika manusia juga kekurangan protein.

Itulah dampak dari kekurangan jenis- jenis mineral yang akan dapat membuat kesehatan manusia terganggu. Lalu, bagaimana jika mineral yang ada di tubuh kita justru berlebihan?

Kelebihan Mineral bagi Tubuh

Mineral di dlam tubuh yang jumlahnya terlalu banyak juga akan menyebabkan kondisi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah dampak negatif dari kelebihan mineral:

  1. Natrium

Kelebihan natrium dapat mengakibatkan timbulnya keracunan, jika sudah terlalu parah maka akan menyebabkan edema dan juga hipertensi.

  1. Chlor

Kelebihan Chlor ini gejala yang paling nyata adalah dapat menyebabkan muntah.

  1. Kalsium

Kelebihan kalsium di dalam tubuh maka akan menyebabkan batu ginjal atau gangguan pada ginjal, gangguan absorbsi mineral lainnya, serta menyebabkan konstipasi.

  1. Fosfor

Apabila kadar fosfor yang ada di dalam tubuh berlebih, maka ion fosfat akan mengikat kalsium, sehingga akan mengakibatkan kejang,

  1. Sulfur

Kekurangan sulfur ini dapat terjadi ketika kita mengonsumsi asam amino berlebih, sehingga akan menghambat pertumbuhan.

Itulah beberapa dampak dari kekurangan dan kelebihan berbagai jenis mineral. Setelah kita mengetahui dampaknya, maka akan lebih baik jika kita mengusahakan agar tubuh selalu memiliki jumlah mineral yang seimbang.

artikel lainnya yang bermanfaat bagi anda:

You may also like