16 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium Paling Mematikan

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh adalah kalsium dan sebanyak 99 persen kalsium pada tubuh nantinya akan disimpan dalam gigi dan tulang sementara 1 persen yang tersisa akan mengalir dalam darah, otot dan beberapa jaringan lainnya. Kekurangan kalsium menjadi masalah yang sering dialami untuk wanita dan juga anak anak seluruh dunia. Apabila tubuh kekurangan kalsium, maka ada beberapa penyakit atau masalah dalam tubuh yang akan terjadi. Untuk mengenali apakah tubuh anda mengalami defisiensi kalsium atau tidak, silahkan simak ulasan lengkap mengenai tanda tubuh kekurangan kalsium dari kami berikut ini.

  1. Meningkatnya Gejala Pramenstruasi Sindrom

Pramenstruasi sindrom menjadi masalah yang seringkali dialami wanita dengan gejala seperti perut terasa kembung, menurunnya mood, kram dan lain sebagainya. Gejala pramenstruasi ini akan timbul pada setengah siklus menstruasi terakhir, sesudah masa ovulasi dan juga 1 sampai 2 hari sesudah menstruasi.

Gejala dari sindrom pramenstruasi ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi dan kekurangan kalsium adalah penyebab utamanya. Kalsium bertugas untuk mendukung fluktuasi siklik pada masa haid dan bisa mengurangi bahkan mencegah tingkat keparahan dari sindrom pramenstruasi seperti kram dan beberapa gejala lain karena kalsium bisa mendetoksifikasi estrogen dengan baik.

  1. Masalah Berat Badan

Hal yang umum ditemukan pada orang gemuk adalah minimnya kadar kalsium dalam tubuh mereka. Pada saat tubuh kekurangan kalsium, maka usaha anda untuk menurunkan berat badan juga ikut menurun dan harus berjuang cukup lama untuk bisa mencapai berat badan yang ideal.

Makanan yang mengandung kalsium sangat penting untuk mengatur metabolisme energi sehingga proses penurunan berat badan bisa berlangsung lebih cepat, sementara makanan yang rendah kandungan kalsium membuat berat badan menjadi bertambah.

  1. Kesulitan Tidur atau Insomnia

Tubuh yang kekurangan kalsium juga bisa dilihat dari sulitnya tidur dengan lelap di malam hari. Kalsium bisa membantu tubuh untuk menghasilkan melatonin yang merupakan hormon tidur untuk membantu kestabilan siklus tidur anda. Hormon melatonin ini juga akan semakin meningkat pada malam hari secara alami sehingga akan membantu anda tidur lebih nyenyak.

Apabila tubuh kekurangan kalsium, maka produksi hormon melatonin tersebut akan mengalami hambatan sehingga menimbulkan masalah sulit tidur.

  1. Hambatan Pubertas Remaja Putri

Anak perempuan yang kekurangan kalsium juga bisa dilihat dari adanya penundaan masa pubertas mereka. Hal ini juga berkaitan dengan masalah menstruasi seperti kram kronis dan jadwal menstruasi yang tidak teratur. Dari sebuah penelitian tahun 2008 yang lalu dibuktikan jika rendahnya asupan vitamin D dan juga kalsium pada remaja akan menghambat pertumbuhan mereka dan diet rendah kalsium akan menyebabkan interaksi yang buruk pada mineralisasi tulang belakang untuk anak perempuan di masa akhir pubertas mereka.

  1. Masalah Gigi

Kekurangan kalsium juga bisa dilihat dari masalah pada kesehatan gigi. Kalsium merupakan penyusun penting dalam gigi sehingga apabila kadar kalsium kurang atau tidak mencukupi, maka masalah gigi seperti cacat atau penundaan pembentukan gigi pada anak akan terjadi. Sementara jika kekurangan kalsium terjadi pada orang dewasa, maka akan menyebabkan kerusakan gigi, gigi tanggal dan masalah mulut yang lebih sering.

  1. Terjadi Kram Otot

Walaupun di dalam tubuh kadar hemoglobin dan juga asupan air mencukupi, namun kram otot secara berulang masih akan sering terjadi apabila kadar kalsium di dalam tubuh masih rendah. Kram otot yang terjadi karena kekurangan kalsium meliputi rasa nyeri pada otot khususnya pada bagian otot betis dan paha yang menjadi indikasi awal dari kekurangan kalsium.


  1. Menurunnya Kepadatan Tulang

Kalsium juga dibutuhkan untuk mineralisasi tulang supaya keadaanya tetap kuat dan sehat meskipun usia bertambah. Kadar kalsium yang rendah akan sangat berpengaruh pada kepadatan tulang secara langsung dan juga meningkatkan kerentanan terhadap masalah tulang seperti osteoporosis dan juga patah tulang.

  1. Kuku Semakin Rapuh

Kurang kalsium juga akan menyebabkan kuku semakin rapuh seperti mudah patah dan sobek karena endapan kalsium yang berkurang. Endapan kalsium pada kuku sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kuku sehingga tidak rentan terhadap berbagai masalah kuku.

  1. Sakit Gigi

Seperti yang sudah kami jelaskan pada awal pembahasan, 90 persen kalsium akan tersimpan didalam gigi dan tulang. Saat kadar kalsium menurun, maka berbagai masalah seperti sakit gigi dan pembusukan gigi akan semakin meningkat. Sedangkan kekurangan kalsium pada anak anak akan menyebabkan hambatan pertumbuhan gigi dan juga kerusakan gigi.

  1. Rentan Terhadap Penyakit

Saat tubuh kekurangan kalsium, maka tubuh juga semakin rentan terhadap serangan berbagai penyakit sebab sistem imun tubuh juga ikut menurun. Kekurangan kalsium akan menimbulkan beberapa penyakit seperti gangguan pernapasan dan usus secara umum. Daya tubuh yang semakin menurun karena kekurangan kalsium akan membuat serangan patogen semakin kuat dan akhirnya seseorang lebih sering dan mudah terserang penyakit.

  1. Mudah Lelah

Saat tubuh kekurangan kalsium, maka tulang juga semakin melemah dan nyeri otot akan semakin sering terjadi yang akhirnya membuat tubuh lebih cepat lelah dan letih. Kekurangan kalsium akan membuat wajah semakin pucat dan terasa malas untuk beraktivitas sepanjang waktu.

  1. Produksi ASI Berkurang

bahaya kekurangan kalsium bagi tubuh juga bisa terlihat disaat ibu sedang menyusui. Apabila ibu menyusui kekurangan kalsium maka produksi ASI akan terganggu sehingga ASI yang keluar juga semakin sedikit sehingga kesehatan bayi juga akan ikut terganggu.

  1. Depresi

Tidak hanya tanda fisik yang bisa terlihat atau dirasakan penderita, namun kesehatan mental juga akan terganggu jika seseorang kekurangan kadar kalsium di dalam tubuh. Semakin rendahnya kalsium dalam tubuh, maka seseorang akan lebih mudah mengalami depresi dan timbul rasa cemas berlebihan.

  1. Kesemutan atau Mati Rasa

Kekurangan kalsium juga akan menyebabkan tubuh lebih sering mati rasa atau kesemutan khususnya pada bagian ujung jari dan area lain yang berada di dekat mulut. Ini bisa terjadi karena kadar kalsium rendah yang akhirnya membuat sara dan juga otot semakin rentan dan rapuh.

  1. Penurunan Ingatan

Apabila anda sering lupa atau tidak ingat akan sesuatu hal lebih sering, ini kemungkinan besar juga terjadi karena kurangnya kadar kalsium di dalam tubuh. Kurangnya kalsium tersebut akan membuat sistem saraf mengalami gangguan dan akhirnya otak kehilangan memori serta sulit untuk mengingat akan suatu hal.

  1. Hilangnya Nafsu Makan

Saat tubuh kekurangan kalsium, maka rasa mual juga lebih sering terjadi yang kemudian akan berpengaruh juga terhadap penurunan nafsu makan. Tubuh akan selalu merasa kenyang walaupun tidak mengkonsumsi apapun dan hal ini tidak boleh dianggap sepele sebab akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh.

Tanda tubuh kekurangan kalsium yang sering muncul tidak boleh diabaikan dan harus segera ditangani dengan baik yakni dengan mengkonsumsi asupan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu dan keju atau mengkonsumsi suplemen kalsium sehingga tubuh terhindar dari berbagai komplikasi penyakit dan juga masalah tubuh yang lebih berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi