Home FarmasiKimia 7 Bahaya Akibat Kelebihan Klorida Dalam Tubuh Manusia

7 Bahaya Akibat Kelebihan Klorida Dalam Tubuh Manusia

by Mei Riska

Asam klorida adalah salah satu asam yang kuat, pada asam kuat ini berisi atom-atom seperti ataum hydrogen dan juga atom klorin di setiap molekulnya. Asam klorida biasa disingkat dengan HCI. Asam ini bersifat korosif yang dapat merusak jaringan biologis jika disentuh. Asam klorida ini memang memiliki berbagai fungsi, karena tak ada hal yang diciptakan manun tidak berfungsi, asam klorida memiliki fungsi baik diluar pencernaan maupun di dalam pencernaan.

Meskipun memiliki banyak fungsi asam klorida tidak boleh di gunakan secara berlebihan, berikut ini adalah akibat kelebihan klorida dalam tubuh :

  1. Merusak Jaringan Pada Tubuh

Asam klorida memiliki sifat korosif yang dimana sifat itu dapat merusak jaringan-jaringan pada tubuh manusia, asam klorida dalam pencernaan bermanfaat untuk membantu memecahkan makanan sehingga akan mudah dicerna, namun jika kandungan asam klorida terlalu banyak malah dapat merusak jaringan dalam pencernaan

Baca : Cara menjaga kesehatan lambung dan ususCara menjaga kesehatan lambungMakanan yang sulit dicerna usus

  1. Bakteri Akan Mati

Bakteri selama ini dianggap buruk sebab menjadi pemicu berbagai masalah kesehatn tubuh. Bakteri menjadi penyebab disentri dan diare. Asam klorida sebenarnya dapat digunakan untuk memproduksi bakteri baik, namun jika asam klorida terlalu banyak digunakan dalam memproduksinya bakteri akan mati dan tidak akan bisa hidup.

Baca : Bahaya diareCara mencegah diareCara mengobati diare

  1. Menyebabkan Maag 

Asam klorida berperan dalam asam lambung , bila terlalu banyak asam lambung maka akan menyebabkan penyakit maag. Karena rasa perih yang dirasakan oleh lambung yang sifatnya terlalu asam. Ketika sedang maag harus meninggalkan makanan yang berbau pedas dan juga asam, karena makanan itu akan memperburuk keadaan asam lambung kita.

Baca : Obat maag tradisional paling ampuhCara mengobati sakit maagBahaya asam lambung naik 

  1. Nyeri Di Ulu Hati

Seperti hal nya asam klorida yang terlalu banyak di lambung akan membuat ulu hati merasakan sakit, karena asam lambung yang meningkat akan naik kedalam ulu hati, dan ulu hati juga akan merasakan sakit dan pedih. Akibatnya nafas juga akan kesulitan. Sebenarnya tidak terlalu mempengharui pernafasan, tapi jika asam klorida pada lambung benar-benar tinggi pernafasan juga akan terganggu.

  1. Sakit Kepala 

Kepala menjadi pusing karena pada dasarnya otak merespon apa saja yang terjadi di bagian tubuh, itu artinya jika lambung merasa sakit maka otak akan merasakan sakit pula dan otak akan meresponnya dengan mengeluarkan rasa sakit pada kepala.

  1. Luka pada lambung

Asam klorida memiliki sifat klorosif yang berarti dapat melarutkan, seperti halnya karat, asam klorida dapat menghilangkan karat tersebut menjadi bersih, jika kandungan itu cukup banyak, apalagi jika itu terjadi di dalam lambung kita. Maka lambung akan mengalami luka, karena terlalu banyaknya sifat korosif yang menyerang lambung, sehingga lambung akan terasa pering, dinding lambung akan terganggu dan bisa jadi akan terkelupas.

  1. Merusak Mata

Sebenarnya asam klorida beramanfaat untuk pembuatan blitz pada kamera, namun jika kandungan asam klorida terlalu banyak, blitz pada kamera bukan malah menerangi tapi malah dapat merusak mata karena sangat terang

Baca : Bahaya lensa kontak untuk mata

Itulah dampak negatif akibat kelebihan asam klorida dalam tubuh manusia, untuk itu kita benar-benar harus menjaga agar asam klorida pada tubuh maupun diluar tubuh sesuai dengan porsinya sehingga tidak akan terjadi bahaya. Sebenarnya asam klorida adalah asam yang ada di dalam lambung, karena ia berfungsi untuk membantu lambung menghancurkan makanan yang masuk kedalam lambung agar mudah di proses didalam usus untuk proses yang selanjutnya. Untuk menjaga lambung lebih baik mengkonsumsi makanan makanan yang tidak terlalu pedas dan tidak terlalu asam agar lambung tetap dalam keadaan netral.

You may also like