Penderita Diabetes Harus Sarapan yang Sehat-sehat, Intip 9 Pilihannya

234

Para penderita penyakit gula alias diabetes harus selalu menjaga agar kadar gula darahnya tetap stabil dan tak mengalami lonjakan. Itulah kenapa pola makan harus benar dan sehat, maka menu sarapan pun yang dipilih harus bisa menjaga kestabilan glukosa dalam darah. Berikut adalah sejumlah rekomendasi menu sarapan yang bisa dipertimbangkan.

  1. Oatmeal

Tentu saja oatmeal tak hanya bagus dikonsumsi oleh para penderita jenis-jenis penyakit jantung, tapi juga penderita diabetes tipe 2. Ada 4 gram serat yang terkandung di dalam secangkir oatmeal di mana inilah yang berperan besar menjadi penjaga supaya kadar gula darah tetap stabil.

Rajin mengonsumsi oatmeal seminggu 5 kali juga telah terbukti mampu menjadi penurun risiko berkembangnya penyakit gula sebanya 39 persen. Karena memberikan efek kenyang tahan lama, penderita diabetes yang mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan tak akan mudah tergoda untuk makan berlebih karena terjadi penurunan konsumsi kalori sebesar 30 persen.

  1. Protein Whey

Protein whey adalah salah satu pilihan tepat menu sarapan bagi para penderita penyakit gula karena laktoserum atau cairan semitransparan dari hasil endapan pembuatan keju ini dibutuhkan oleh tubuh. Memang protein whey lebih banyak dikonsumsi oleh atlet, namun tak ada salahnya kok penderita diabetes menikmatinya tiap pagi karena mengenyangkan dan menjadi pencegah peningkatan kadar insulin.

  1. Produk Olahan Susu

Produk-produk olahan susu sangat baik sebagai menu sarapan para penderita diabetes dan bahkan dianggap aman, mulai dari susu segar, keju dan yogurt karena berfungsi sebagai penstabil tingkat insulin. Para penderita diabetes mungkin harus berupaya menjaga kestabilan kadar insulin dalam tubuh, maka sarapan produk olahan susu mampu menolong.

  1. Daging dan Telur

Menu sarapan lainnya yang pasti sehat untuk penderita diabetes adalah telur dan daging. Pilihan asupan ini adalah makanan yang mengandung protein tinggi, jadi kenapa tidak mencoba bervariasi setiap hari dengan mengonsumsi telur dadar mungkin? Lalu hari lainnya bisa mengonsumsi telur orak-arik atau telur rebus.

  1. Kacang Almond

Segenggam kacang almond tak hanya bisa jadi camilan aman untuk penderita diabetes, kacang ini pun bisa dijadikan menu sarapan karena indeksi glikemiknya yang rendah. Tentu bila ingin mencampur dengan sedikit buah, sah-sah saja asalka pilihan buahnya juga berindeks glikemik rendah, seperti jeruk, apel, persik dan buah berry.

  1. Smoothies

Smoothies pun aman sebagai menu sarapan penderita diabetes asalkan pemilihan buahnya berindeks glikemik rendah. Buah segar dicampur yogurt atau susu tanpa lemak bisa jadi menu pilihan yang Anda suka, apalagi kalau buahnya antara lain adalah blueberry, pisang dan stroberi yang pasti segar dan menyehatkan.

  1. Roti Bagel Dioles Selai Kacang

Lagi-lagi asupan protein adalah yang terpenting dan Anda bisa memperolehnya dari roti bagel apalagi kalau dioles dengan selai kacang. Jika tak ada selai kacang, maka mentega almond bisa jadi alternatif, begitu juga bila tak ada roti bagel sebenarnya roti tawar biasa pun bisa jadi pilihan mengenyangkan.

  1. Kebab Sayuran

Burrito adalah nama lain dari kebab sayuran yang kita pastinya sudah sering dengar bukan? Jika menderita diabetes, makanan ini bisa jadi menu sehat karena campuran tortilla gandumnya yang bisa diisi dengan keju tanpa lemak, paprika hijau, bawang, serta telur adalah salah satu sumber protein tinggi yang menjadikan perut kenyang tapi tetap aman untuk kadar gula darah.

  1. Ikan Laut

Pilihan menu sarapan lainnya yang bisa dipertimbangkan oleh penderita diabetes adalah ikan; tentunya dengan cara pengolahan yang tidak digoreng, melainkan dibakar, dipanggang atau dikukus saja. Ikan sarden, salmon, serta tuna adalah pilihan terbaik karena berpotensi rendah merkuri dan tinggi omega-3.

Bukankah penderita diabetes masih bisa menikmati sejumlah menu sarapan nikmat jika dilihat dari serangkaian rekomendasi makanan tersebut? Konsultasikan lagi dengan dokter seperti daging apa saja yang layak untuk Anda konsumsi serta buah apa saja yang aman agar gula darah tak melonjak drastis.