Home Penyakit dan KelainanAmandel 14 Pantangan Makanan Setelah Operasi Amandel Yang Harus Dihindari

14 Pantangan Makanan Setelah Operasi Amandel Yang Harus Dihindari

by Lia Yuliana

Amandel merupakan salah satu penyakit yang terjadi di dalam Amanda dapat terjadi karena adanya peradangan oleh virus dan juga bakteri. Penyakit amandel ini biasanya ditandai dengan gejala rasa sakit di tenggorokan, sulit mengkonsumsi makanan, demam sakit kepala hidung tersumbat meriang batuk pilek pembengkakan rahang dan lain-lain. Amandel dapat diatasi menggunakan obat-obatan antibiotik jika amandel tersebut belum benar-benar parah. Namun ketika Amanda tersebut sudah parah maka anda perlu melakukan operasi amandel.

Ketika Anda selesai melakukan operasi amandel ada beberapa makanan yang harus anda konsumsi dan juga ada beberapa makanan yang tidak boleh anda konsumsi atau pantangan makanan setelah operasi amandel. Adapun pantangan makanan setelah operasi amandel adalah sebagai berikut

Pantangan makanan setelah operasi amandel

1. Makanan yang mengandung bahan pengawet

Salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit amandel adalah Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet. Untuk itu bagi Anda yang baru saja melakukan operasi amandel maka anda perlu menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet.

2. Makanan yang pedas

Makan makanan yang pedas dapat membuat pembengkakan pada amandel semakin besar untuk itu seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang pedas. Karena hal tersebut dapat memperburuk keadaan. Bahaya makanan pedas bahkan tidak hanya tidak baik untuk seorang yang pasca menderita amandel saja, tetapi bahaya makan pedas ini pun tidak baik untuk penyakit asam lambung. 

3. Ice cream

Meskipun Rasanya nikmat dan banyak sekali orang yang menyukai es krim ini Namun ternyata ketika Anda selesai melakukan operasi amandel Anda dilarang mengkonsumsi es krim agar Amandel anda segera sembuh. Konsumsi es selain dapat membuat radang pada tenggorokan tentu juga dapat menganggu amandel pula. Maka dari itu ketika setelah operasi amandel tentu jangan pernah mengkonsumsi ice cream terlebih dahulu. Agar dapat sembuh dengan maksimal.

4. Permen

mengkonsumsi permen tertentu dapat membuat seseorang merasakan gatal pada tenggorokan.  untuk itu Mengapa mengkonsumsi permen juga menjadi salah satu pantangan makanan seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel.

5. Makanan yang mengandung pemanis buatan

selain makanan yang mengandung bahan pengawet ternyata makanan yang mengandung pemanis buatan terlalu banyak juga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel.

6. Makanan asam

Mengkonsumsi makanan yang asam dapat menyebabkan gatal serta sakit pada tenggorokan untuk itu mengkonsumsi makan makanan yang asam tidak dianjurkan untuk seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel.  Makanan masam pun tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, Karena gejala asam lambung akan semakin memarah bila mengkonsumsi makanan yang masam.

7. Ubi-ubian

Meskipun ubi-ubian memiliki banyak sekali manfaat namun ketika anda baru saja melakukan operasi amandel alangkah lebih baiknya jika anda menghindari untuk mengkonsumsi umbi-umbian terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena umbi-umbian termasuk makanan yang mengandung gas sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel.

8. Durian

Selain umbi-umbian durian juga harus dihindari oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel. Sebab ubi-ubian dan durian merupakan makanan yang mengandung gas. Maka dari itu perlu dihindari oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel. Memang durian sangatlah enak, tetapi untuk kesembuhan yang lebih berarti jangan pernah mengkonsumsi durian terlalu banyak. Hal ini agar segera mencapai kesembuhan.

9. Mentimun

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat mentimun yang dapat kita rasakan baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Meskipun demikian Ketika anda baru saja melakukan operasi amandel alangkah lebih baiknya jika anda menghindari untuk mengkonsumsi timun terlebih dahulu, sampai amandel anda benar-benar sembuh. Khasiat mentimun memang sangat banyak, tetapi untuk amandel harus distop dulu biarkan amandelnya sembuh terlebih dahulu.

10. Gorengan

Banyak sekali orang Indonesia yang menyukai gorengan. Gorengan memiliki sense tersendiri untuk teman makan ataupun sebagai camilan. Namun Tahukah anda ternyata gorengan menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami amandel. untuk itu bagi Anda yang baru saja melakukan anda perlu menghindari gorengan terlebih dahulu. Gorengan mengandung banyak lemak dan minyak jenuh. Maka tidak baik untuk kesehatan amandel. Selain itu dengan mengurangi amandel tentu akan membantu proses penyembuhan pada operasi amandel tersebut.

11. Mie instan

Mie instan memang menjadi makanan instan yang sangat diandalkan terutama bagi mereka yang malas memasak atau bagi mereka anak kos. Mengkonsumsi mie instan satu minggu sekali bukan menjadi sebuah permasalahan, namun jika anda mengkonsumsi mie instan secara terus-menerus dapat menyebabkan Anda mengalami amandel. untuk itu Mengapa seseorang yang baru saja melaksanakan operasi amandel dilarang untuk mengkonsumsi mie instan.

12. kue tart

Selain berbagai macam makanan di atas ternyata kue tart juga menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami amandel. Untuk itu bagi mereka yang baru saja melakukan operasi amandel dilarang untuk mengkonsumsi kue tart terlebih dahulu sebelum amandel benar-benar sembuh.

13. Makanan yang mengandung kalori tinggi

Berbagai macam makanan yang mengandung kalori tinggi juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori tinggi dapat memper buruk keadaan amandel.  Beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi diantaranya adalah Pisang, Kurma, anggur dan kelapa serta masih banyak yang lainnya. Makanan berkalori memang baik untuk kesehtan jika tepat waktu mengkonsumsinya, namun jika sendang amandel usahakan hindari dan jika pun harus mengkonsumsi kurangilah porsi dalam mengkonsunsumsinya.

14. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Selain berbagai macam makanan yang mengandung kalori tinggi ternyata makanan yang mengandung lemak jenuh juga menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami penyakit amandel. Untuk itu Mengapa makanan yang mengandung lemak jenuh tidak dianjurkan dikonsumsi oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel.

Itulah 14 makanan yang harus dihindari oleh seseorang pasca operasi amandel. Hal ini dilakukan agar operasi amandel tidak sia-sia. Semoga dengan adanya artikel tantangan makanan setelah operasi amandel dapat membantu menambah pengetahuan serta menambah wawasan anda tentang pantangan makanan setelah operasi amandel.

You may also like