15 Makanan untuk Penyakit Fibromyalgia Paling Baik

Fibromyalgia adalah suatu keadaan yang lebih besar risikonya terjadi pada wanita dan mampu melemahkan tubuh. Kekakuan pada otot, gangguan tidur, nyeri pada otot serta tulang, hingga depresi adalah bentuk gejala utama yang muncul. Walau diketahui bahwa ada obat khusus pereda nyeri yang membantu, tentunya semasa perawatan, penderita akan lebih baik kalau mengonsumsi makanan untuk penyakit fibromyalgia.

  1. Buah Ara

Di dalam buah ara diketahui ada kandungan tinggi asam malat di mana asam malat ini juga dianggap hampir sama seperti ficin. Ketika penderita fibromyalgia berperang dengan rasa sakit yang dirasakan pada otot dan tulang, maka kandungan anti-inflamasi di dalam buah ara tersebut bakal membantu membuat rasa sakitnya berkurang.

Ada pula dua jenis mineral yang efektif juga untuk membantu pemulihan penderita fibromyalgia, yakni mangan dan magnesium di dalam buah ini. Pada umumnya, tubuh penderita fibromyalgia diketahui tak memiliki kadar kedua jenis mineral tersebut secara cukup, jadi tak salah kalau memilih buah ara untuk dikonsumsi.

  1. Nanas

Rasa sakit yang dirasakan oleh para penderita fibromyalgia hingga stres dan susah tidur dapat berkurang dengan mengonsumsi nanas secara rutin. Secangkir buah nanas atau setara dengan 225 gram menawarkan sejumlah mineral dan enzim yang dibutuhkan para penderita fibromyalgia selama masa pemulihan.

Dengan mengonsumsi 225 gram buah nanas, ada 100 persen asupan harian mangan yang diberikan oleh buah ini bagi tubuh penderita. Tak hanya itu, enzim bromelain di dalamnya pun bakal menjadi pengurang peradangan dan bengkak yang mengganggu. Pembentukan kolagen yang sempat terhambat pun bakal dibantu untuk menjadi lancar kembali berkat kadar mangan tinggi di dalam nanas.

  1. Cabai

Di dalam cabai kita tahu bahwa ada kandungan capsaicin tinggi yang sanggup menjadi pereda rasa sakit alami. Maka dari itu, penderita fibromyalgia jelas dianjurkan pula untuk mengonsumsi cabai, terutama bagi yang memang menyukai pedas. Bila pada penyakit lain cabai mungkin menjadi salah satu pantangan, penderita fibromyalgia adalah pengecualian.

Bukan hanya bisa dikonsumsi, cabai merah dapat kita haluskan lebih dulu dan setelah halus, dijadikan sebagai obat luar. Oles hasil halusan cabai tadi di bagian tubuh atau otot yang terasa begitu tak nyaman saking nyerinya. Untuk cara penggunaannya, hal ini kembali lagi kepada pilihan mana yang ingin diambil.

  1. Soba

Selanjutnya, ada soba yang merupakan makanan sehat bagi penderita fibromyalgia. Ada kandungan asam malat tinggi di dalam soba sehingga tentu dapat membantu bagi para penderita fibromyalgia untuk menghilangkan rasa sakit pada otot sekaligus kelelahan ekstrem. Soba sendiri merupakan jenis mi Jepang yang pembuatannya berasal dari tepung gandum kuda.

Walau banyak dari kita yang masih cukup asing dengan soba ini, sebetulnya makanan ini juga dapat ditemukan dengan mudah di beberapa wilayah Indonesia. Bahkan soba ini pun dikenal sebagai mi sehat yang sering dikombinasi dengan sajian lainnya seperti rumput laut, daging ayam, daging bebek, telur hingga saus atau kuah tergantung selera.


  1. Ikan

Karena fibromyalgia mampu menimbulkan rasa nyeri neuropatik, setiap penderitanya bisa mempertimbangkan untuk memberikan tubuh mereka asupan lebih akan lemak tak jenuh. Supaya peradangan dan rasa nyeri berkurang, asam lemak omega-3 adalah salah satu solusinya sehingga kekakuan dan nyeri sendi bisa berkurang dan memudar sedikit demi sedikit.

  • Minyak ikan
  • Ikan salmon liar
  • Ikan tuna
  • Ikan teri
  • Ikan sarden
  • Ikan haring

Ikan-ikan tersebutlah yang bisa dikonsumsi semasa pemulihan di mana minyak ikan sebaiknya dikonsumsi 1-2 sendok makan tiap hari, sementara jenis-jenis ikan berlemak tak jenuh tadi bisa dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu. Namun akan lebih aman dan baik kalau penderita berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi minyak ikan.

  1. Apel Hijau

Selain soba dan juga buah ara, apel hijau pun diketahui mengandung asam malat tinggi sehingga layak juga dikonsumsi sewaktu sedang menderita fibromyalgia. Agar rasa lelah berlebih dan juga nyeri otot yang membuat aktivitas terhambat bisa hilang sedikit demi sedikit, makanlah buah apel hijau secara rutin.

  1. Jahe

Rempah ini merupakan solusi yang banyak digunakan terutama di saat sedang flu maupun masuk angin bukan? Namun jahe bisa menjadi sumber makanan yang ampuh bila dijadikan sebagai obat bagi fibromyalgia secara alami. Sifat anti-inflamasinya yang tinggi bakal membuat gejala fibromyalgia berkurang terlepas dari adanya efek samping jahe untuk diwaspadai.

Segala makanan atau minuman berjahe akan sangat membantu pemulihan penderita, seperti misalnya dengan menambahkan sesendok teh parutan jahe ke secangkir air panas. Setelah dibiarkan selama 10 menit, kita dapat menyaringya dan teh tersebut bisa kita minum sehari 3 kali untuk hasil kesembuhan efektif.

  1. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit pun memiliki kadar anti-inflamasi tinggi dan kuat sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa kunyit sering dikonsumsi oleh para penderita nyeri otot maupun sendi. Penderita fibromyalgia yang juga memiliki rematik dapat diobati dengan baik menggunakan kunyit. Berkat senyawa kurkuminlah kekakuan otot dan rasa nyeri dapat berkurang.

Bubuk kunyit dapat dicampurkan ke dalam masakan yang hendak dinikmati, namun kunyit juga dapat digunakan dengan cara lain. Bubuk kunyit sebanyak ½ sampai 1 sendok teh bisa dicampurkan ke dalam secangkir susu. Susu dipanaskan lebih dulu dan didihkan barulah tunggu sampai dingin dan konsumsi sehari 1-2 kali secara teratur.

  1. Brokoli

Penderita fibromyalgia tidaklah dianjurkan untuk mengonsumsi produk susu apapun, lalu yang menjadi kekhawatiran di sini adalah bagaimana untuk tetap memperoleh asupan mineral kalsium? Kabar baiknya, ikan tuna dan salmon mengandung kalsium cukup tinggi sehingga dapat dikonsumsi ketika belum bisa menikmati susu, keju, yogurt dan produk olahan susu lainnya.

Selain kedua jenis ikan tersebut, ada pula sayur aman yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, yaitu brokoli. Konsumsilah brokoli selama masa pemulihan atau perawatan fibromyalgia agar kekakuan otot dan rasa nyeri mengganggu dapat lebih cepat hilang.

  1. Bayam

Sayuran hijau lainnya yang direkomendasikan bagi para penderita fibromyalgia adalah bayam. Hal ini karena bayam adalah makanan yang mengandung magnesium tinggi; ingat bahwa penderita biasanya mengalami ciri fibromyalgia karena tubuhnya kekurangan magnesium. Secangkir bayam yang sudah dimasak dapat menjadi solusi stres, insomnia, kram otot dan kelelahan akibat fibromyalgia.

Itulah sejumlah daftar makanan untuk penyakit fibromyalgia paling menyehatkan supaya kondisi penderita cepat membaik. Berkonsultasi jugalah dengan ahli nutrisi supaya Anda dapat menjalani proses diet sehat tepat agar fibromyalgia tak mudah datang kembali.

, , ,
Oleh :
Kategori : Fibromialgia