Home Featured 6 Manfaat Makan Puding Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Orang Sadari

6 Manfaat Makan Puding Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Orang Sadari

by Erlita

Siapa suka makan puding? Puding dikenal sebagai hidangan penutup alias dessert yang pembuatannya biasanya menggunakan bahan yang sudah dipanggang, dikukus atau bisa juga dikukus. Rasanya cenderung manis segar yang bahan bakunya pada umumnya meliputi santan, susu, buah, yogurt, kelapa muda, kopi, coklat, telur, tepung, sayuran, vanilla, atau lainnya disesuaikan dengan selera masing-masing orang.

Puding memang memberikan efek super kenyang, dan diyakini mampu membuat badan gemuk. Padahal, kita perlu lihat dulu sejumlah manfaat makan puding yang selama ini mungkin kita belum tahu:

  1. Membantu Diet

Banyak yang belum tahu bahwa makan puding justru bisa jadi cara menurunkan berat badan dengan kandungan serat dari rumput laut. Jadi, sebenarnya mengonsumsi puding dapat memberi rasa kenyang tahan lama yang akan menghindarkan diri dari aktivitas ngemil. Bahkan dengan menikmati puding dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dan kalori jadi lebih cepat.

  1. Menormalkan Kadar Kolesterol

Punya kadar kolesterol tinggi sebenarnya bisa lho diatasi dengan mengonsumsi puding, khususnya puding yang persis agar-agar. Kolesterol jahat tak akan betah bertahan lama di dalam tubuh dengan mengonsumsi puding seperti ini. Hal ini otomatis juga baik dalam menurunkan risiko aterosklerosis atau sumbatan di pembuluh darah yang kemudian memicu penyakit kronis semacam penyakit jantung hingga stroke.

  1. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Puding juga dapat terbuat dari bahan baku susu, maka kandungan kalsiumnya pun cukup tinggi dan bahkan ada pula yang kandungan mineral kalsiumnya lebih tinggi daripada satu gelas susu. Dengan makan puding secara rutin (tanpa berlebihan), asupan kalsium bisa terpenuhi dan meminimalisir potensi terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  1. Menurunkan Risiko Gangguan Kardiovaskular

Ekstrak rumput laut yang terkandung pada puding menurut hasil penelitian ilmuwan Jepang rupanya mampu menjadi penurun tekanan darah yang sempat melonjak. Untuk penderita penyakit stroke pun, kandungan rumput laut mampu menjadi penyerap alami garam berlebih yang ada di dalam tubuh. Kesehatan sistem jantung atau kardiovaskular dapat terjaga baik asal konsumsi puding juga tidak berlebihan.

  1. Sebagai Antioksidan

Lagi-lagi puding yang mengandung rumput laut menawarkan sifat antioksidan yang jelas sangat baik untuk tubuh. Antioksidan adalah pelawan efek radikal bebas yang otomatis siap mencegah tubuh terkena berbagai penyakit serius berbahaya akibat radikal bebas ini.

  1. Memperlancar Pencernaan

Ingat deh kalau puding itu berkandungan serat tinggi sehingga sangat bagus untuk kelancaran dan kesehatan pencernaan. Mengonsumsi puding juga membantu dalam pembersihan usus, jadi kita bakal terhindar dari gangguan pencernaan seperti masalah konstipasi alias susah BAB serta gangguan lainnya.

Perbedaannya apa antara puding dengan jelly maupun agar-agar? Puding ini dapat dibuat dari jelly, agar-agar atau mengombinasikan keduanya dengan tekstur yang begitu lembut dan bahkan terlalu ringan. Untuk agar-agar sendiri, pembuatannya adalah dari rumput laut merah berkarbohidrat tinggi dengan tekstur kenyal, agak keras dan padat.

Sementara itu, jelly berbeda lagi lho karena meski bahannya sama seperti agar-agar yakni dari rumput laut, perhatikan lagi deh teksturnya. Jelly memiliki kandungan pektin yang fungsinya pembentuk gel di jelly ini sehingga kalau dimakan lebih kenyal dan lembut bila dibandingkan agar-agar dan puding. Pembuatannya pun berbahan baku gula, sari buah alami, hingga air sebagai pelarut.

Jadi, itulah manfaat-manfaat makan puding yang sebenarnya baik bagi kesehatan tubuh namun belum banyak orang yang menyadarinya. Walau kaya nutrisi, puding akan menyehatkan kalau susu yang dipakai untuk membuatnya adalah susu rendah/bebas lemak ya.

You may also like