10 Menu Buka Puasa Untuk Penderita Darah Tinggi Wajib Konsumsi

656

Berpuasa bagi penderita darah tinggi memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh terutama dapat menstabilkan tekanan darah dann menekannya untuk tidak cepat meningkat.

Menu buka puasa

Menu buka puasa untuk penderita darah tinggi lebih diutamakan kepada aturan ketika memilih dan mengkonsumsi makanan/ minuman yang tidak mengandung kadar glukosa yang tinggi misalnya minuman berkarbonasi dan beras putih. Hati hatilah dengan gejala darah tinggi diusia muda paling umum misalnya munculnya sakit kepala pada bagian belakang. Gejala tersebut dapat sering muncul ketika penderita salah dalam mengkonsumsi makanan.

Menu masakan bagaimana yang aman untuk penderita darah tinggi tertapi sedang menjalankan berpuasa?

1.Beras merah

  • Awali berbuka dengan minuman yang menyegarkan tetapi tidak mengandung kadar gula berlebih misalnya teh manis hangat dengan penggunaan gula jagung atau gula merah.
  • Mengkonsumsi beras atau nasi merah memggantikan nasi putih adalah langkah baik untuk menjaga kesehatan penderita diabetes dibulan puasa, Tetapi makanlah sewajarnya tidak berlebihan ubtuk menghindari efek samping beras merah ,dibalik segudang manfaatnya bagi kesehatan.  beras atau nasi merah terbukti lebih sehat karena rendah gula dan memilki kandungan karbohidrat kompleks sedangkan nasi putih mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi sehingga tidak cocok bagi penderita diabetes. Nasi merah dapat digabungkan denagn tumisan jagung muda yag ditambahkan potongan wortel, Labu siam  dan kacang polong.  Menu buka puasa tersebut
  • Berbuka bisa diakhiri dengan mengkonsumsi jus belimbung atau olahan belimbing untuk darah tinggi alami berkhasiat untuk menjaga agar tekanan darah tetap pada kondisi terbaiknya.

2.Sup kentang

  • Awali berbuka puasa dengan minum air putih lalu estafet dengan minum jus belimbing yang segar yang meningkatkan energi.
  • Berbuka dengan nasi merah bersama Sayur sop dapat dibuat dengan memperbanyak kentang dan seledri tanpa harus mengikutsertajkan kol didalmnya, Karena kol adalah jenis sayuran yang mengandung gas.
  • Akhiri berbuka dengan makan buah apel , Jus belimbung atau jus mentimun.

3. Sayur labu siam

  • Awali berbuka puasa dengan teh manis hangat dengan gula jagung, Gula aren, Madu  atau susu sapi murni tanpa penggunaan gula dari olahan tebu.
  • Labu siam termasuk buah sayuran yang aman bagi penderita hipertensi karena nutriusinya dapat menurunkan tekanan darah dan menstabilkanyya dalam waktu yang cukup lama. Pembuatan sayur labu siam hampir sama dengan cara membuat sayur bening bayam, hanya membutuhkan rimpang kunci, cabe merah, Bawang merah, Bawang putih, Garam secukupnya.
  • Mengkonsumsi buah pisang, Jus belimbung atau makan makan langsung mentimun sangat baik untuk menstabilkan lambung dan tekanan darah.

4. Sup lobak

  • Dahulukan minum yang manis manis saat berbuka tetapi pakailah gula jagung, Madu atau gula aren  yang akan tetap menjaga tekanan darah dan jantung anda dalam kondisi sehat.
  • makanlah nasi merah bersama sayur sup lobak yang tekah ditambahkan dengan potongan wortel..Bumbu sup lobak bisa dibuat sama seperti membuat  sayur sup pada umumnya hanya kali ini lobak dan potongan wortel yang diperbanyak  yang tujuannya agar tkanan darah tetap stabil atau tidak meningkat saat sedang berbuka puasa.
  • Minumlah jus belimbing atau buah melon setelah berbuka agar jantung tetap sehat dan tekanan darah tidak naik hingga waktu sahur tiba.

5.Sayur bening mentimun

  • Saat berbuka minumlah yang manis manis agar tenaga dan stamina kembali bangkit setelah seharian menahan lapar dan haus. Gunakan gula jagung atau gula aren agar tekanan darah serta gula darah tidak meningkat.
  • Mentimun adalah jenis buah sayur yang dapat menetralkan tekanan  darah, Menyeimbangkan gula darah dan menenagkan pembukuh darah bagi penderita hipertensi. Mentimun bisa dijadijkan senagai jus tetapi bisa juga sebagai dsayur bening mentimun dimana bumbu racikannya samaa seperti anda memasak sayur bening bayam.
  • Setelah berbuka tak ada salahnya jika mengkonsumsi buah melon, Buah pir, Jeruk atau pisang.

6. Daging sapi

  • Membiasakan diri minum yang manis manis  adalah pilihan paling tepat untuk mengembalikan energi yang hilang karena seharian berpuasa.
  • Makan nasi merah dan dengan lauk daging sapi yang telah diolah menjadi steak atau semur yang bisa diigabungkan dengan tumisan yang berbahan dasar kacang kacangan.  Daging sapi tanpa lemak baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh . Teliti dalam memilih daging sapi  adalah awal yang baik agar terhindar dari bahaya daging sapi bagi kesehatan  misalnya penyakit sapi gila atau antrax.
  • Akhiri berbuka puasa dengan mengkonsumsi yogurt lalu imbangi dengan minum jus belimbing, Buah melon, Jeruk  atau buah pir

7. Roti gandum

Roti kandung mengandung serat tinggi dan nutrisi lain yang dapat menekan lonjakan tekanan darah ketika berpuasa dan berbuka puasa. Didalam roti gandum terdapat karbohidart kompleks dan vitamin B yang mampu menetralisir tekanan darah agar tetap stabil. Gandum indeks glikemik yang dimilikinya sangat rendah sehingga dapat mudah diserap dan dikelola oleh tubuh menjadi sumber energi agar tubuh tidak mudah lelah di siang hari dan dapat menjaga lambung tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama.Mengkonsumsi roti gandum saat berbuka puasa alalu mengakhirinya dengan minuman segar dari jus belimbing dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah jenis menu buka puasa untu penderita darah tinggi yang juga bisa untuk sahur agar tekanan darah senantiasa stabil dan tidak mengalami peningkatan. Sebaiknya mengkonsumsi oatmeal instant tidak berlebihan untuk menjaga agar terhindar dari bahaya oatmeal istant bagi kesehatan. 

Setelah berbuka puasa selesai dapat mengimbanginya dengan meminum jus dari sari buah jeruk atau belimbing yang dapat menyegarkan lambung dan menjaga tekanan darah tetap baik.

9.Kurma

Kurma adalah buah yang kaya nutrisi yang dapat dijadikan makanan yang masuk sebagai menu buka puasa untuk penderita darah tinggi.  Sebagai minuman penutup pada berbuka  puasa bisa dipilih jus belimbing, Buah pir, Jeruk, Apel atau pisamg agar kondisi tekanan darah tetap berada pada kondisi terbaiknya.

10.Ikan ,Tempe,tahu dan telur

Ikan, Tempe, Tahu dan telur  adalah sumber protein yang baik untuk berbuka puasa karena tubuh selalu memerlukan asupan protein agar tubuh tetap menyimpan energinya untuk beraktivitas. Ikan , Tempe Tahu atau susu dapat menjaga tekanan darah tetap baik selama berpuasa. Mengkonsumsi ikan, Tempe, Tahu dan telur pada setiap sahur dan berbuka puasa sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh seharian pebuh selama berpuasa. Kandungan nutrisi yang ada didalmnya dapat membantu tubuh tidak mudah lelah, Perut tidak mudah lapar dan daya tahn tubuh tetap terjaga dengan baik.

Seteah selesai berbuka puasa, Disarankan untuk mengkonsumsi minuman segar segar jus jeruk atau belimbung atau buah melon yang bisa dimakan langsung.