Konsumsi 12 Makanan Ini Yuk, Biar Kuku Tetap Sehat

238

Banyak orang yang rupanya kurang begitu memberi perhatian kepada kuku, bagian dari jari tangan dan kaki kita tapi sering terabaikan kesehatan dan kebersihannya. Kuku yang gampang rapuh, mudah terserang infeksi jamur dan terkena gangguan kesehatan lainnya karena kelalaian kita dalam menjaganya. Oleh karena itu, asupan makanan berikut tepat lho untuk jaga kuku supaya sehat selalu.

  1. Sayuran Warna Hijau Gelap

Makan sayur tak hanya memberikan asupan serat cukup bagi tubuh, nyatanya sayur-sayuran yang berwarna hijau gelap sangat bagus untuk memperkuat kuku kita. Jadi bagi yang memiliki kuku rapuh dan tipis, banyaklah makan brokoli, bayam dan kale untuk menambah asupan kalsium, asam folat dan zat besi dalam menjaga kesehatan dan kekuatan kuku.

  1. Paprika Kuning

Bertambahnya usia kita produksi kolagen alami dalam tubuh menjadi makin lambat, oleh karena itu kita membutuhkan vitamin C dalam mendukung produksi kolagen. Paprika kuning adalah salah satu sumber vitamin C tinggi yang akan jadi solusi bagi kuku lemah dan tipis.

  1. Salmon

Jenis ikan satu ini bukan hanya jadi makanan yang baik untuk otak, melainkan juga bermanfaat dalam menutrisi kuku kita. Sarat dengan vitamin B12 dan B6, sekaligus tak ketinggalan asam lemak omega-3 dan protein, salmon bisa dikonsumsi sebagai makanan yang meminimalisir kuku dari kerusakan.

  1. Kacang Lima dan Lentil

Sebagai bagian dari jenis kacang-kacangan, keduanya adalah sumber makanan kaya gizi, khususnya biotin, protein, serta vitamin B kompleks. Untuk kuku cantik, sehat dan lebih tebal agar tidak gampang rapuh dan lemah, konsumsi keduanya secara rutin dengan memasukkannya ke dalam menu diet sehari-hari.

  1. Ubi

Kekurangan asupan vitamin A bukan saja membuat fungsi dan kesehatan mata menurun, tapi juga berdampak buruk bagi kuku dengan tonjolan vertikal timbul dan terjadi keretakan di kuku. Makanan yang mengandung vitamin A tinggi seperti ubi bisa dikonsumsi rutin supaya reproduksi sel-sel kuku terjadi secara maksimal dan kuku pun terhindar dari kerapuhan.

  1. Telur

Tak hanya berprotein tinggi, telur juga termasuk makanan yang mengandung vitamin B dan biotin tinggi sehingga dapat membantu supaya kuku tumbuh lebih tebal. Jadi kalau suka mengonsumsi telur, silakan menikmatinya untuk menjaga kuku sehat dan tetap kuat; hanya saja jangan berlebihan ya agar tidak mudah kena bisul.

  1. Edamame

Edamame pun menjadi pilihan makanan tepat bagi yang ingin kukunya selalu sehat dan kuat. Asam amino berupa sistein yang menghasilkan keratin protein bakal menjadikan kuku tak mudah rusak dan lemah. Produksi sel kuku baru juga terdukung maksimal dengan mengonsumsi edamame yang menawarkan asam folat tinggi.

  1. Biji Bunga Matahari dan Almond

Termasuk biji-bijian dan kacang, keduanya adalah sumber makanan yang menawarkan mineral magnesium dan juga protein tinggi. Biji bunga matahari pun dikenal sebagai sumber mineral tembaga dan mangan yang siap menguatkan kuku. Timbulnya tonjolan vertikal pada kuku menandakan kekurangan magnesium yang bisa didapat dari almond.

  1. Buah Berry

Buah berry seperti bluberi dan stroberi adalah contoh sumber antioksidan yang siap menjaga tubuh dari serangan efek radikal bebas. Kedua buah tersebut bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kuku dan meminimalisir risiko kerusakan akibat radikal bebas yang biasanya memicu peradangan dan peningkatan hormon stres.

  1. Daging Tanpa Lemak

Daging sapi, ayam, kalkun, atau babi yang tanpa lemak adalah yang juga paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai asupan penguat kuku dan menjaganya tetap sehat. Daging dengan kandungan rendah lemak adalah yang paling bagus untuk kuku; selain itu, mengonsumsinya juga dapat memberi bonus otot lebih kuat juga lho.

  1. Susu

Susu kaya kandungan vitamin D dan kalsium biasanya adalah makanan penguat tulang dan gigi yang penting. Namun tak hanya itu saja manfaatnya, untuk kuku kuat nan sehat, minumlah susu setiap hari. Jadi bukan hanya terhindar dari risiko osteoporosis, tentu saja susu juga mencegah kerusakan pada kuku.

  1. Kacang Mede

Sumber zat besi ini pun sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kuku kuat sekaligus berkilau alami. Kuku yang kering dan rapuh biasanya akan nampak kusam dan kurang menarik bukan? Itu tandanya tubuh sedang mengalami kekurangan mineral zat besi. Jadi, mengonsumsi kacang mede adalah salah satu cara memenuhi kebutuhan zat besi tubuh yang juga bermanfaat bagi kuku.

Jika dari perubahan asupan makanan tak menunjukkan adanya kemajuan dan kuku tampaknya tak kunjung baik juga, tak ada salahnya mengonsultasikan hal ini dengan dokter. Pengobatan dari dalam dan perawatan dari luar kiranya juga diperlukan supaya kuku alami perbaikan dan sehat kembali.