Ini 8 Deretan Makanan dengan Kandungan Kolesterol Baik bagi Tubuh

181

Kolesterol bukan hanya kolesterol jahat atau LDL karena pada dasarnya kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kolesterol yang baik atau HDL. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi apalagi kolesterol jahat tentu saja berbahaya bagi tubuh. Namun jika mengonsumsi makanan berkolesterol baik seperti di bawah ini, tubuh jauh lebih sehat dan pastinya fungsi tubuh berjalan lebih baik.

  1. Alpukat

Buah yang kita kerap kira memiliki kadar lemak tinggi dan tak baik bagi tubuh sebenarnya bagus untuk kesehatan lho. Kandungan lemak dan kolesterol di dalam buah ini termasuk yang baik dan bahkan memakannya akan membantu agar kolesterol tinggi bisa turun. Nutrisi berupa lemak tak jenuh tunggal dan asam folat juga tinggi lho.

  1. Biji Rami

Biji rami adalah salah satu sumber makanan yang mengandung serat tinggi sekaligus menawarkan asam lemak omega-3 yang sangat baik dikonsumsi sebagai penurun trigliserida dan LDL tinggi. Lebih baik konsumsi biji rami dengan menyangrainya lebih dulu, barulah diolah dan dinikmati.

  1. Minyak Zaitun

Sumber kolesterol baik lainnya adalah minyak zaitun yang siap meningkatkan kembali kadar HDL rendah dalam darah. Ada kandungan lemak sehat di dalam minyak ini sehingga banyak yang mengonsumsi sebagai cara menurunkan berat badan maupun cara menyehatkan jantung.

Jika senang mengonsumsi salad, maka jadikan minyak zaitun sebagai dressingnya. Hanya saja, tak dianjurkan mengonsumsi secara berlebihan atau kebanyakan walaupun minyak ini dikenal sehat. Minyak zaitun tetap memiliki kalori yang tinggi di dalamnya maka memang perlu mengonsumsi secukupnya namun rutin.

  1. Biji Chia

Selain biji rami, ada pula chia seeds atau biji chia yang merupakan sumber makanan yang mengandung omega-3 nabati tinggi yang mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Cukup tambahkan saja biji chia ini ke menu makanan atau camilan seperti oatmeal, smoothie, yogurt ataupun sereal; boleh juga jika ingin mencampurkannya ke makanan yang dipanggang apabila tak suka teksturnya langsung.

  1. Kacang-kacangan

Sumber serat larut seperti kacang merah, kacang polong, ataupun lentil adalah sumber kolesterol baik juga lho. Jadi ketika LDL tinggi mengalahkan kadar HDL, mulailah mengonsumsi kacang-kacangan tapi jangan pula sampai berlebihan karena asupan kalori perlu juga diperhatikan setiap harinya. Jenis kacang seperti pistachio dan almond pun bisa dikonsumsi untuk mencegah gangguan pencernaan sekaligus memaksimalkan penyerapan kolesterol buruk.

  1. Ikan Berlemak

Ikan berasam lemak omega-3 tinggi juga adalah makanan yang menawarkan kolesterol baik bagi tubuh. Maka dari itu bagi pecinta ikan sarden, tuna, kembung dan salmon, mengonsumsi secara rutin tanpa berlebihan mampu menjadi pendukung untuk turunnya kadar kolesterol jahat lho.

  1. Buah Kaya Serat

Bagi penikmat buah pir, apel, dan plum, buah-buahan kaya air dan serat ini bukan hanya mampu menjadi cara menguruskan berat badan ketika ingin berdiet. Kadar kolesterol baik pun dapat meningkat karena konsumsi buah-buah ini secara rutin. Kita bisa jadikan buah tersebut sebagai jus, smoothie, topping sereal, atau dimakan langsung sebagai camilan sehat.

  1. Gandum Utuh

Makanan lainnya yang berkolesterol baik adalah makanan seperti roti gandum. Gandum utuh diketahui menawarkan lemak larut sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Seperti kita tahu gandum utuh pun menjadi makanan yang dianjurkan bagi para penderita jenis-jenis penyakit jantung, jadi tak ada salahnya mulai mengasup gandum utuh sehari-hari.

Bila ingin kadar HDL naik dan stabil, maka alangkah baiknya kini mulai memilih asupan berkolesterol baik agar LDL tak gampang melonjak. Serat dan lemak nabati akan meminimalisir risiko HDL rendah sehingga tubuh bisa tetap sehat, oleh sebab itu semoga deretan rekomendasi makanan kolesterol baik tersebut bermanfaat ya.