8 Makanan untuk Penderita Gondok, Efektif Menyembuhkan

Pasti anda sudah pernah mengalami benjolan pada leher, atau paling tidak anda pernah melihat orang yang menderita penyakit ini. sebagian orang menganggap hal itu adalah gejala tumor, namun bisa jadi itu adalah gejala penyakit gondok. Penyebab gondok dapat terjadi karena pembengkakan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid itu sendiri adalah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu dan terletak di bawah jakun. Hal ini berbeda dengan tumor, peyakit gondok disebabkan oleh kurangnya yodium yang dikonsumsi oleh tubuh dalam waktu yang terlalu lama.

Penyakit gondok ini dapat menyerang manusia di segala usia mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa. Gangguan kesehatan akibat kekurangan yodium adalah penyakit gondok. Agar sebelum terlambat, ada baiknya dengan mencegah dan mengantasipasi terhadap serangan dari penyakit gondok ini. pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan yang dapat mencegah penyakit gondok ini. Nah, artikel berikut akan kami ulas tentang 8 makanan untuk penderita gondok, efektif menyembuhkan tanpa bahaya efek samping.

  1. Bawang Putih

Bumbu pendamping masakan ini pasti ada di dapur anda. Selain bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan, ternyata bawang putih bermanfaat untuk mencegah penyakit gondok. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa selenium yang terdapat pada bawang putih terbukti dapat mencegah pembengkakan pada kelenjar tiroid. Nah, bagi anda yang sedang mengalami penyakit gondok, kami sarankan untuk mengkonsumsi bawang putih ini secara rutin.

  1. Telur

Telur terkenal sebagai makanan yang mengandung protein super tinggi. Selain itu, ternyata telur mengandung senyawa yang sangat ampuh untuk mencegah penyakit gondok. Berdasarkan penelitian ternyata telur merupakan sumber makanan penghasil zat yodium dan zat besi yang tentunya kandungan itu sangat bagus untuk mencegah penyakit gondok. Anda yang sedang menderita penyakit ini lebih baik mengkonsumsi telur secara rutin.

  1. Brokoli

Sayuran ini ternyata merupakan makanan untuk penderita gongok. Brokoli terbukti dapat mematikan senyawa-senyawa yang dapat membuat sistem kelenjar tiroid rusak.

  1. Buah Tomat

Buah tomat sangat bermanfaat untuk tubuh anda. Kandungan vitamin yang terdapat dalam tomat dapat mencegah penyakit gondok. Tomat mengandung senyawa litopen yang berguna untuk antioksidan pada tubuh manusia. Sehingga dapat meningkatkan proses penyerapan zat besi pada tubuh anda. Kondisi inilah yang akan membuat kelenjar tiroid yang membengkak pulih secara berangsur jika anda mengkonsumsi tomat secara rutin.

  1. Bayam

Bayam dikenal dapat memberikan energi lebih untuk tubuh. Bayam mengandung protein, mineral, zat besi, dan vitamin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sangat penting untuk tubuh anda khususnya dalam proses metabolisme tubuh agar meningkat. Selain itu, kandungan bayam itu ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit gondok.

  1. Gandum

Gandum merupakan makanan yang dapat dijadikan sebagai pengganti bahan pokok beras. Gandum memiliki karbohidrat dan nutrisi yang tinggi. Kandungan itu sangat baik untuk tubuh anda. Selain itu, ternyata gandum juga memiliki khasiat untuk meningkatkan proses kerja kelenjar tiroid. Sekaligus memproduksi hormon tiroid sehingga akan terjadi keseimbangan. Dengan demikian hal ini akan mencegah penyakit gondok yang akan menyerang anda.

  1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang dapat menghindarkan anda dari penyakit gondok. Daging merah mengandung zat besi yang tentu sangat baik untuk tubuh manusia. Khususnya untuk mencegah pembengkakan kelenjar tiroid. Namun demikian anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daging merah ini. Anda disarankan untuk mengkonsumsi daging merah yang memiliki kandungan daftar makanan rendah kalori dalam tabel.

  1. Jamur

Jamur mengandung senyawa selenium yang sangat tinggi dan menjawab kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan akg resmi. Senyawa ini dapat mencegah anda dari penyakit gondok. Jika anda mengkonsumsi jamur ini maka penyakit gondok yang anda alami akan berangsur sembuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gondok