Kenali 13 Khasiat Bayam Duri Yang Belum Banyak Orang Tahu !

133

Bayam duri termasuk di dalam golongan tanaman obat atau tanaman herbal yang mungkin kurang begitu familiar bagi banyak orang, tapi sebenarnya sudah lumayan banyak yang memakainya sebagai obat tradisional bermacam-macam kondisi kesehatan. Seperti daun-daun tanaman herbal lainnya, bayam duri pun menyimpan berbagai kandungan gizi dan zat-zat baik yang bagus untuk kesehatan, seperti:

Karena kandungan-kandungan yang baik tersebut, maka tak salah lagi kalau Anda bisa memperoleh berbagai macam khasiat bayam duri bagi kesehatan seperti yang akan diuraikan sebagai berikut.

  1. Mendukung Kelancaran Produksi ASI

Setiap wanita yang tengah dalam proses menyusui dan ketika produksi ASI tak selancar yang diharapkan, maka bayam duri ini bisa diramu menjadi pendukung produksi ASI yang alami dan efektif. Anda bisa memanfaatkan bunga, daun, batang hingga bagian akarnya dengan cara menumbuk halus bahan-bahan tersebut lalu langsung saja oles di bagian payudara sehari 2 kali dengan teratur.

  1. Mengobati Eksim

Bayam duri pada bagian daunnya bisa Anda manfaatkan untuk masalah eksim. Ketika eksim melanda dan gejala seperti gatal, kulit pecah-pecah, kemerahan dan juga perih bisa coba dioles langsung dengan ramuan tumbukan daun bayam duri ini. Ini adalah salah satu cara penyembuhan eksim yang tak akan menimbulkan efek samping.

  1. Mengatasi Kencing Nanah

Bayam duri pun dapat dijadikan solusi bagi para penderita kencing nanah. Kencing nanah sendiri sebenarnya merupakan suatu kondisi di mana virus atau bakterilah yang menyebabkannya. Faktor bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual adalah salah satu yang bisa memicu kencing nanah, yakni gejala penyakit menular seksual (PMS).

Untuk menggunakan bayam duri sebagai obat, cukup gunakan sepotong akarnya berikut juga adas yang sudah dicuci bersih. Kedua bahan bisa direbus bersama-sama di dalam seliter air. Didihkanlah hingga air berkurang sampai separuhnya lalu tunggu hangat dan saring sebelum meminumnya.

  1. Mengobati Wasir

Wasir atau ambeien dapat menjadi hal yang tak menyenangkan dan sangat mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas, apalagi ketika harus duduk. Pembesaran pembuluh darah vena pada area anus yang mampu menimbulkan buang air kecil maupun besar berdarah bisa coba diatasi dengan meminum air rebusan daun bayam duri setiap hari serutin mungkin.

  1. Menangani Bisul

Bila masalah eksim saja dapat ditangani dengan menggunakan bayam duri, bisul pun adalah jenis penyakit kulit yang juga akan sembuh berkat tanaman herbal satu ini. Daun bayam duri bisa ditumbuk seperti pada waktu menyembuhkan eksim, lalu hasil tumbukannya dibalurkan pada area bisul secara rutin untuk hasil maksimal.

  1. Mengobati Bronkitis

Bronkitis dikenal sebagai sebuah kondisi radang di lapisan saluran bronkial yang terjadi akibat infeksi. Jenis gangguan pernapasan ini memang perlu waktu 3 bulan lebih untuk sembuh, namun Anda bisa mencoba menggunakan bagian-bagian dari tanaman bayam duri sebagai obat, seperti batangnya, akar, bunga dan juga daunnya.

Anda bisa sediakan seluruh bagian-bagian dari tanaman bayam duri tersebut, lalu cucilah bersih lebih dulu sebelum diiris atau dipotong kasar. Setelahnya, tak lupa Anda perlu merebus bahan-bahan tadi bersama 1 liter air, didihkan, tunggu hingga air menjadi separuhnya dan konsumsilah sehari 2 kali pagi dan sore supaya lebih cepat sembuh.

  1. Menangani Keputihan

Keputihan memang merupakan kondisi alami pada setiap wanita, hanya saja ketika berlebihan dan bergejala tak normal, itu tandanya organ intim wanita terserang jamur. Daun bayam duri dapat Anda gunakan dengan merebusnya lebih dulu di mana air rebusannya Anda minum atau dijadikan sebagai pembilas organ intim.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Tak hanya masalah dehidrasi yang bisa memicu buang air kecil tak lancar, tapi juga berbagai faktor lainnya seperti kencing batu, kencing manis, batu ginjal dan juga infeksi saluran kencing. Untuk mengatasi secara tradisional, gunakan akar bayam duri yang sudah dicuci bersih lalu potonglah kasar sebelum merebusnya menggunakan air sebanyak 1 liter. Setelah susut separuhnya, angkat, dinginkan dan minumlah secara teratur.

  1. Mengatasi TBC

Air rebusan daun bayam duri pun siap membantu penyembuhan para penderita gangguan pernapasan seperti TBC atau tuberkulosis. Kabar baiknya, bayam duri mampu melawan bakteri yang menjadi penyebab utama dari penyakit TBC sehingga Anda bisa mencoba menggunakannya sebagai obat yang efektif.

  1. Mengatasi Batuk Berdahak

Jika Anda tengah menderita batuk berdahak, Anda bisa gunakan akar bayam duri yang meskipun rasanya pahit dan manis mampu menawarkan sifat ekspektoran. Sifat ekspektoran ini artinya dapat meluruhkan dahak sehingga mengonsumsi air rebusan akar bayam duri bisa sangat membantu.

  1. Penurun Demam

Kandungan antipiretik di dalam akar bayam duri juga menjadi manfaat besar bagi para penderita demam. Untuk menurunkan demam tinggi, maka meminum air rebusan dari akar bayam duri secara rutin akan sangat berguna. Demam pasti reda secara alami dengan penggunaan bagian tanaman bayam duri ini.

  1. Melancarkan Menstruasi

Karena bersifat sebagai peluruh haid, maka tentunya bagi Anda para wanita yang mengalami ketidaklancaran haid dan bertanya-tanya apa yang terjadi ketika haid teratur tiba-tiba telat, maka cobalah gunakan ramuan dari akar bayam duri. Air rebusannya bisa diminum serutin mungkin untuk memperlancar siklus haid Anda kembali.

  1. Mengatasi Disentri dan Diare

Penyakit seperti diare dan disentri pun bisa juga diatasi menggunakan tanaman bayam duri. Bagian akar atau daunnya bisa dimanfaatkan dengan meramunya melalui proses perebusan, lalu kemudian air rebusan diminum rutin dan seteratur mungkin agar kondisi diare dan disentri bisa cepat reda.

Rupanya, cukup banyak bukan khasiat bayam duri yang belum banyak kita ketahui? Jadi ketika Anda dapat menjumpai tanaman herbal ini dengan mudah, manfaatkanlah untuk gangguan kesehatan yang sedang dialami supaya penyakit sembuh secara alami tanpa bahaya efek samping.