Haid Teratur Tiba Tiba Telat Kenapa Ya? Ini 15 Pemicunya Wanita Wajib Tahu !

494

Para wanita pasti langsung khawatir dan panik ketika siklus menstruasi yang biasanya teratur tiba-tiba berubah karena keterlambatan datang bulan. Apabila Anda biasanya haid teratur tiba-tiba telat, pasti ada alasan mengapa kemunduran terjadi. Normalnya memang adalah antara 21-35 hari, tapi berbagai penyebab mampu memicu mundurnya haid, seperti di bawah ini.

  1. Aktivitas Berlebihan

Jika siklus haid Anda biasanya teratur lalu kemudian terjadi keterlambatan, cobalah tengok kembali jadwal kegiatan Anda. Apakah Anda memiliki aktivitas yang padat setiap harinya? Atau justru beberapa waktu terakhir Anda menghabiskan waktu dengan kebanyakan berolahraga? Rupanya, salah satu bahaya olahraga yang berlebihan bisa menjadi penghambat keteraturan haid.

  1. Obat-obat Tertentu

Haid yang biasanya teratur lalu menjadi terlambat bisa jadi disebabkan oleh konsumsi jenis obat-obatan tertentu. Menstruasi tertunda bisa dipicu oleh efek samping kemoterapi, penggunaan obat alergi, obat hipertensi, obat antipsikotik dan juga antidepresan. Bahkan terlambatnya haid bisa juga sebagai efek samping pil KB yang baru-baru ini digunakan. Berhenti menggunakan obat biasanya akan melancarkan kembali siklus haid yang tiba-tiba telat atau tidak teratur.

  1. Tubuh Mengalami Jetlag

Bila Anda sebelumnya memiliki pekerjaan dengan jam kerja teratur, lalu tiba-tiba mengalami perubahan dan bahkan dengan jam kerja yang sering berubah pula, hal ini turut berpengaruh pada siklus haid. Siklus menstruasi yang tadinya teratur bisa mendadak tidak teratur karena perubahan jam kerja organ tubuh akibat aktivitas yang tak menentu dan diforsir tersebut.

  1. Penurunan Berat Badan

Sebelumnya Anda memiliki siklus haid teratur tapi kemudian bisa tiba-tiba terlambat dapat juga disebabkan oleh efek diet. Turunnya berat badan secara drastis baik itu karena program diet atau menderita sakit tertentu bisa mengganggu hormon. Hal ini disebabkan oleh asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak cukup sehingga mampu meningkatkan risiko haid yang bahkan bisa berhenti.

  1. Kegemukan

Perubahan hormonal dalam tubuh wanita dapat mengalami perubahan karena masalah obesitas. Jadi bila biasanya haid Anda teratur, tapi kemudian tanpa disadari sebulan terakhir Anda mengalami kenaikan berat badan dengan indeks massa tubuh di atas 30 atau sekitar antara 25-30, risiko haid tiba-tiba telat termasuk tinggi.

  1. Stres

Tiba-tiba telat haid juga dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami stres. Di dalam tubuh wanita ada kelenjar hipotalamus yang berfungsi sebagai pengendali siklus menstruasi di mana bila dalam kondisi stres, kelenjar ini pun fungsinya ikut terganggu. Jadi, carilah cara menghilangkan stres pikiran dan juga cara mengatasi stres fisik yang tengah dialami.

  1. Kekurangan Asupan Makan

Kurangnya asupan makan dapat disebabkan oleh penurunan nafsu makan yang biasanya dipicu oleh gangguan pola makan seperti bulimia ataupun anoreksia. Namun faktor lain seperti halnya penyakit tertentu dapat membuat kita malas untuk makan sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak cukup. Hal inilah yang kemudian bisa mengakibatkan siklus haid terpengaruh menjadi tak teratur.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Metabolisme tubuh kita diatur oleh kelenjar tiroid di mana kelenjar ini dapat berisiko mengalami gangguan yang pada akhirnya turut berpengaruh buruk pada masa menstruasi. Jika Anda mengalami rambut rontok, lalu suhu tubuh mudah turun dan kedinginan, terjadi kenaikan berat badan ditambah tubuh cepat lelah, itu artinya kelenjar tiroid sedang terganggu dan mengakibatkan ovulasi melemah sehingga haid yang tadinya teratur dapat mendadak telat.

  1. Merokok

Beberapa wanita pun ada yang terbiasa dengan aktivitas merokok dan jika ini merupakan kebiasaan baru Anda, ada kemungkinan haid yang tadinya baik-baik saja siklusnya kemudian menjadi kacau karena aktivitas tak sehat ini. Nikotin adalah salah satu zat buruk dalam rokok yang bakal berdampak buruk bagi keseimbangan hormon progesteron dan estrogen sehingga siklus haid bisa tiba-tiba terlambat.

  1. Menopause Dini

Jika mungkin Anda sudah berusia 40 tahun ke atas, maka haid yang tadinya teratur dan normal kemudian berubah menjadi mendadak telat atau justru malah perdarahan berlebih, ini bisa jadi adalah tanda menopause dini atau bisa juga masa premenopause. Menopause sendiri merupakan proses berhentinya sel telur yang dilepas sehingga haid dapat berhenti atau setidaknya mulai sering telat.

  1. Kelebihan Hormon Prolaktin

Apakah Anda wanita yang baru saja melahirkan? Setelah melahirkan, wanita jelas akan sibuk dengan aktivitas menyusui di mana pada masa ini hormon prolaktin tidak stabil dan mengalami kenaikan. Hormon prolaktin yang meningkat mampu berpengaruh juga pada hormon lainnya seperti progesteron dan estrogen sehingga akhirnya haid teratur mendadak tak sesuai jadwal.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik/PCOS

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau yang juga dikenal dengan sindrom ovarium polikistik juga berpengaruh pada siklus haid yang berubah menjadi kurang teratur. Pada kondisi ini, artinya sistem metabolisme maupun hormon dalam tubuh wanita sedang mengalami kelainan sehingga menyebabkan gangguan di indung telur.

  1. Konsumsi Alkohol

Jika baru-baru ini Anda sedang menyukai minuman beralkohol dan meminumnya terlalu sering, maka ada kemungkinan haid yang tiba-tiba telat disebabkan oleh efek alkohol tersebut. Gangguan reproduksi dan juga menstruasi pun ikut terjadi karena kebiasaan ini, maka hindarilah bahaya minuman keras bagi kesehatan.

  1. Penyakit Kronis Tertentu

Siklus haid yang tadinya baik-baik saja kemungkinan dapat menjadi terganggu karena munculnya penyakit tertentu, seperti celiac maupun penyakit gula alias diabetes. Perubahan hormon dalam tubuh wanita dapat sangat dipengaruhi oleh kenaikan gula darah yang berlebihan. Sementara penyakit celiac rupanya mampu menyebabkan usus kecil meradang yang akhirnya mengganggu penyerapan nutrisi.

  1. Kehamilan

Alasan terakhir yang paling umum dan paling memungkinkan untuk terjadi pada Anda yang sudah menikah dan berhubungan intim dengan pasangan, tentunya keterlambatan datang bulan adalah pertanda baik. Haid yang telat berpotensi besar merupakan tanda kehamilan sehingga Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk memastikan.

Jadi, haid teratur tiba-tiba telat itu kenapa? Faktor-faktor itulah yang dapat menjadi alasan dibaliknya sehingga para wanita harus tahu agar bisa mewaspadai berbagai penyebabnya. Segera periksakan ke dokter kalau merasa bahwa ada yang tak beres dengan kesehatan Anda supaya dapat ditangani sebelum terlalu terlambat.