Ini 5 Jus Buah Pasca Melahirkan Untuk Meningkatkan Energi dan Produksi ASI !

894

Pasca melahirkan, mungkin beberapa wanita cukup khawatir dan bingung dengan asupan apa yang paling tepat untuk meningkatkan kesehatannya. Selain untuk memulihkan tenaga, para wanita pasca persalinan membutuhkan asupan tepat demi kelancaran ASI. Oleh sebab itu, berikut ini adalah sejumlah jus buah pasca melahirkan yang dijamin sehat dan mampu menutrisi tubuh Anda serta si kecil yang masih menyusui.

  1. Jus Jeruk

Setelah melahirkan, proses selanjutnya adalah menyusui sang bayi, maka para ibu perlu memperoleh asupan nutrisi yang tepat agar tubuh tetap berenergi dan mampu memberikan ASI secara maksimal. Jus jeruk setiap hari bukan hanya melancarkan produksi ASI dan menjaga tubuh tetap berstamina, melainkan juga siap untuk menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Jus Bit

Buah bit dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga sangat dianjurkan bagi para penderita anemia. Meski begitu, rupanya jus buah bit sangat bermanfaat besar bagi para ibu menyusui yang baru saja melahirkan. Mengonsumsi jus bit segelas setiap hari akan menambah jumlah Hb setelah proses persalinan yang menguras banyak darah.

  1. Jus Blueberry

Buah lainnya yang bisa Anda olah menjadi jus segar baik bagi tubuh pasca proses persalinan adalah blueberry. Setelah melahirkan, aktivitas wajib yang dilakukan para wanita adalah menyusui. Rupanya dilansir dari laman situs Okezone Lifestyle, jus blueberry dianjurkan bagi para wanita pasca melahirkan untuk dikonsumsi setiap hari dalam 2 porsi atau lebih.

Selain menyegarkan dan tentunya dijamin nikmat, blueberry adalah buah yang menawarkan kebaikan tinggi bagi kesehatan. Kandungan mineral dan vitaminnya tergolong tinggi dan bahkan memberikan pula asupan karbohidrat agar energi tubuh tidak mudah turun dan berkurang selama menyusui si kecil.

  1. Jus Alpukat

Buah alpukat termasuk sumber lemak baik yang juga mampu memberikan kepada tubuh nutrisi lengkap, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan vitamin D. Karena merupakan sumber lemak sehat, para wanita pasca persalinan bisa mengonsumsi jus alpukat secara aman sebab akan memberikan tenaga dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Jus Pepaya

Jika Anda suka dengan buah pepaya yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, maka setelah melahirkan pun Anda bisa mengonsumsi jus pepaya sebagai penambah produksi ASI alami. Jadi selain menjadi solusi sembelit, Anda bisa memberikan ASI secara maksimal bagi si kecil dengan konsumsi rutin jus pepaya.

Tips Pola Makan Pasca Melahirkan

Selain mengonsumsi minuman jus buah tersebut, penting untuk memerhatikan pola makan setelah persalinan agar tubuh pulih cepat sempurna. Pola makan yang benar pun akan memberikan nutrisi cukup bagi tubuh sambil tetap menjaga berat badan agar tidak kemudian makin naik.

  • Makan teratur dan tepat waktu.
  • Makanlah sesering mungkin tapi dengan porsi yang sedikit-sedikit saja supaya energi tubuh tidak cepat hilang.
  • Imbangi dengan konsumsi air putih setiap harinya minimal 8 gelas supaya dehidrasi tidak terjadi dan keseimbangan elektrolit tetap terjaga.
  • Jika takut bosan, buatlah menu makanan yang bervariasi tapi tetap terjaga keseimbangan gizinya supaya Anda dan si kecil yang masih menyusu bisa tetap sehat.
  • Hindari makan makanan secara berlebihan walaupun dianjurkan untuk memvariasikan makanan.
  • Perhatikan asupan nutrisi harian Anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar berbagai risiko atau bahaya kesehatan tidak terjadi.

Berbagai risiko seperti tubuh cepat lelah, pemulihan pasca melahirkan kurang maksimal, kualitas ASI tak baik, suasana hati (mood) buruk, sulit fokus dan konsentrasi, kesulitan untuk menurunkan berat badan sehingga terjadi obesitas, dan pemulihan yang lambat pada luka bekas proses persalinan. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi jus-jus buah pasca melahirkan sambil terus menjaga pola makan tetap tepat dan sehat supaya tubuh sang ibu dan si kecil senantiasa dalam kondisi baik.