Sudah Seminggu Haid Tak Berhenti Juga? 7 Makanan Ini Bisa Menolong

375

Masa menstruasi lebih lama dari normalnya pasti tak hanya membuat tidak nyaman tapi juga membuat stres bukan? Para wanita harus tahu bahwa ada bahan makanan yang bisa diasup saat datang bulan tak kunjung berhenti padahal sudah seminggu. Agar haid bisa berhenti alami, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi.

  1. Kacang Hijau

Pada waktu sudah masuk masa menstruasi, jangan lupa untuk mengonsumsi kacang hijau. Air kacang hijau hangat dapat menjadi penolong, yakni sebagai pereda rasa nyeri haid sekaligus membuat menstruasi berhenti pada waktunya dan mengurangi risiko kelebihan haid. Minumlah rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

  1. Cuka Apel

Jika ada tanda-tanda haid tak kunjung berhenti dan mengalami kelebihan, maka mengonsumsi cuka apel adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepatnya. Segelas air putih bisa dicampur bersama cuka apel 2 sendok makan, lalu minumlah rutin selama datang bulan agar volume pendarahan bisa selesai tepat waktu.

  1. Wortel

Sumber vitamin A satu ini tak hanya ampuh dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan mata, tapi juga baik dalam menghentikan perdarahan haid yang terlalu lama. Wortel dapat Anda olah menjadi sup atau jus, lalu konsumsilah secara rutin agar darah kotor dapat dibuang secara alami dan cepat.

  1. Lemon

Mengonsumsi lemon akan memberikan efek yang sama dengan cuka apel, yakni mampu membantu supaya volume perdarahan berkurang sehingga haid bisa lebih cepat berhenti. Saat seminggu sudah berlalu tapi belum selesai juga, Anda bisa mengonsumsi air perasan sebuah lemoon secara teratur selama masa haid agar tak mengalami kelebihan.

  1. Jahe

Sepotong kecil jahe bisa Anda ambil lalu dihaluskan lebih dulu, dan tak lupa siapkan segelas air hangat dan masukkan jahe yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Setelah penyeduhan selama kurang lebih 5 menit, saringlah dulu sebelum akhirnya bisa Anda nikmati. Meminumnya sehari 2-3 kali akan membantu menghentikan menstruasi yang sudah terlalu lama; tapi jangan sampai berlebihan demi menghindari efek samping jahe ya.

  1. Raspberry Merah

Buah satu ini juga dapat diandalkan ketika para wanita mengalami kelebihan menstruasi. Saat haid berkepanjangan, sediakan raspberry merah yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan ke dalam segelas air panas; tunggu kira-kira 1 ½ jam sebelum akhirnya bisa dinikmati sehari 2 kali supaya perdarahan cepat selesai.

  1. Kayu Manis

Masalah menstruasi yang berjalan sampai seminggu lebih sebaiknya segera diatasi dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kayu manis. Kayu manis ini bisa dicampurkan ke teh lebih dulu baru dinikmati. Cara ini jika dilakukan rutin akan membantu menstruasi dapat mereda dengan cepat dan alami.

Jangan takut lagi apabila haid bisa lebih dari seminggu karena beberapa makanan tersebut bisa coba Anda asup untuk membantu menghentikannya segera. Tetap juga jaga kesehatan tubuh dengan tidak kurang olahraga; apabila perdarahan berlanjut terus, temui dokter untuk memeriksakan diri secepatnya.