Ini 10 Makanan Yang Baik Untuk Lambung Bengkak Agar Cepat Sembuh !

351

Seringkali gangguan pencernaan pada lambung yang paling umum kita ketahui adalah seperti halnya tukak lambung, GERD atau kenaikan asam lambung, dan juga dispepsia bukan? Lambung bengkak pun sebenarnya adalah jenis penyakit lambung yang mirip dengan penyakit maag. Saat seseorang menderita sakit maag dengan keluhan pembesaran lambung karena terjadinya peradangan, maka inilah lambung bengkak.

Bisa dikatakan, lambung bengkak sebenarnya adalah istilah lain dari kondisi maag yang telah berada di tahap kronis. Faktor penyebab dari kondisi lambung bengkak ini dapat bermacam-macam, seperti halnya stres, pola tidur yang kurang teratur, konsumsi obat tertentu, adanya parasit/bakteri/virus dalam lambung, pola makan tak teratur dan juga konsumsi alkohol.

Sementara itu, gejala yang menunjukkan bahwa Anda sedang terkena penyakit lambung bengkak antara lain adalah seperti kondisi-kondisi di bawah ini:

  • Ulu hati terasa sakit.
  • Susah tidur karena rasa nyeri di ulu hati begitu mengganggu.
  • Pusing
  • Keringat dingin
  • Kulit wajah tampak pucat.
  • Selera makan mengalami penurunan.
  • Perut terasa penuh.
  • Perut terasa perih.
  • Sering bersendawa.
  • Perut mual
  • Muntah secara sering dan rasanya agak asam.
  • Berisiko mengalami muntah darah.

Biasanya, untuk meredakan gejala dari gangguan lambung seperti lambung bengkak ini, penderita perlu mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan tepat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk lambung bengkak dan mendukungnya agar cepat pulih.

  1. Daun Kemangi

Selain menjadi obat dari kondisi bau mulut dan nikmat ketika dijadikan lalapan, daun kemangi bisa Anda gunakan untuk memulihkan lambung yang bengkak cukup dengan mengonsumsinya 5 lembar atau lebih. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi di dalam daun kemangi mampu melawan infeksi pada lambung yang disebabkan oleh bakteri H.pylori sekaligus menjadi pereda ampuh peradangan.

  1. Stroberi

Buah merah segar satu ini bisa jadi penyembuh lambung bengkak secara alami bila memakannya secara rutin karena kandungan antioksidannya yang termasuk tinggi, khususnya memulihkan lambung bengkak akibat konsumsi alkohol secara berlebihan. Hal ini telah terbukti melalui studi yang dilakukan para ilmuwan Eropa, tepatnya di tahun 2011.

  1. Yogurt

Sumber probiotik satu ini memang tak diragukan lagi betapa besar perannya dalam menjaga kesehatan lambung. Bahkan kondisi bengkaknya lambung pun dapat Anda atasi dengan mengonsumsi rutin yogurt tawar setiap harinya sekitar 3 cangkir. Gejala akan Anda rasa mereda saat melakukan konsumsi yogurt secara teratur.

  1. Pisang

Jika buah pisang saja termasuk di dalam daftar buah penurun kadar asam lambung yang paling efektif, maka tentunya pisang juga dapat diandalkan saat Anda sedang mengalami lambung bengkak. Kecuali pisang ambon, buah ini tinggi kalium sehingga kalau dikonsumsi harian akan mampu menjadi penambah cairan tubuh serta meredakan pembengkakan lambung.

  1. Jahe

Rempah satu ini tak hanya efektif dijadikan sebagai obat masuk angin alami atau sekadar menghangatkan tubuh sebab lebih dari itu, rempah ini adalah makanan yang bisa memulihkan lambung bengkak. Cukup taburi makanan Anda dengan jahe parut sebanyak sesendok teh saja dan lakukan rutin hingga gejala lambung bengkak mereda.

  1. Labu

Labu yang pengolahannya dengan cara dikukus, direbus ataupun dipanggang bisa Anda nikmati sebagai pemulih lambung bengkak dan menjadi pereda berbagai keluhan gejala tak mengenakkan. Proses pencernaan akan kembali normal dan sehat karena tubuh Anda memperoleh kalium dan vitamin A tinggi dari labu ini.

  1. Wortel

Karena kandungan vitamin A dan beta karoten tinggi, wortel kerap dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan mata dan untuk penglihatan yang lebih tajam. Padahal, manfaatnya lebih dari itu karena antioksidannya yang tinggi pun siap untuk menjadi pemulih lambung yang bengkak. Untuk mengonsumsinya, jadikan teksturnya lebih lembut dengan membuat jus wortel.

  1. Brokoli

Bukankah brokoli tergolong makanan yang mengandung serat tinggi? Bukankah serat tinggi perlu dihindari dulu oleh penderita gangguan pencernaan di lambung? Kabar baiknya, brokoli menawarkan kalsium dan kalium yang justru menutrisi tubuh Anda selama sakit lambung bengkak. Bahkan sulfur adalah kandungan brokoli yang dapat memroteksi lapisan lambung.

  1. Kacang Hijau

Makanan lainnya yang baik untuk lambung bengkak dan membantu memulihkannya adalah kacang hijau. Ambil saja sari kacang hijau supaya Anda tak perlu repot mengunyah tapi juga tetap bisa memperoleh asupan karbohidrat di kala selera makan sedang turun. Kinerja lambung akan kembali normal dan bengkak lambung dapat mereda karenanya.

  1. Kentang

Supaya lebih mudah dikonsumsi di kala lambung sedang bengkak, perih dan mual, tumbuklah kentang setelah merebusnya dan konsumsilah secara rutin sampai bengkak mereda. Selain dapat diandalkan dalam pemulihan lambung bengkak, Anda juga dapat mengonsumsinya saat asam lambung sedang naik dan memerlukan asupan karbohidrat cukup.

Itu dia sederet makanan yang baik untuk lambung bengkak agar cepat sembuh yang bisa Anda pertimbangkan dan konsumsi rutin. Selama lambung bengkak terjadi, pastikan untuk tak membiarkan perut kosong lama-lama yang artinya isilah perut seperti biasa pagi, siang dan malam di mana diantaranya Anda bisa mengonsumsi camilan aman. Temui dokter segera ketika disfagia mulai terjadi, berat badan turun drastis, muntah darah, dan juga feses berwarna hitam saat buang air besar.