Ini 8 Buah Segar Penurun Kadar Asam Lambung Secara Efektif !

483

Asam lambung naik bukanlah suatu penyakit yang bisa Anda abaikan karena sekali mengabaikannya, maka kondisi ini bisa bertambah serius dan bahkan menimbulkan gejala yang makin tak mengenakkan. Rasa nyeri di ulu hati, belum lagi rasa mual dan penurunan nafsu makan adalah keluhan-keluhan yang bisa menjadikan Anda tak nyaman. Oleh karena itu, pilih asupan makanan yang tepat agar asam lambung cepat normal kembali seperti buah-buah penurun kadar asam lambung berikut ini.

  1. Melon

Ada kandungan pH sebesar 6,1 di dalam buah melon sehingga dianggap aman bila dikonsumsi saat memiliki penyakit asam lambung. Justru dengan kadar pH tersebut, buah ini bisa dijadikan penetral asam lambung sehingga Anda bisa mengonsumsinya rutin di kala asam lambung naik. Selain itu, melon menawarkan kalium dan juga antioksidan tinggi sehingga Anda bisa mengatasi sakit maag dengan efektif.

  1. Apel

Dampak dari kebiasaan makan apel tidaklah sembarangan karena Anda bisa menurunkan kadar asam lambung yang melonjak secara alami dan maksimal dengan buah ini. Zat antioksidannya yang tinggi siap untuk juga menjadi penenang serta penyembuh luka yang terjadi di dinding lambung. Rasa nyeri dan perih pada lambung juga dapat diredakan dengan mengonsumsi buah apel secara rutin, baik itu dimakan langsung atau dengan cara mengolahnya menjadi jus.

  1. Pisang

Tak diragukan lagi, makanan yang mengandung kalium tinggi ini juga merupakan buah penurun asam lambung ampuh. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengonsumsi pisang ambon karena justru bisa memperburuk kondisi penyakit maag atau asam lambung Anda. Kandungan mineral kaliumnyalah yang siap untuk meredakan kenaikan asam lambung lalu menormalkannya kembali melalui proses penyeimbangan pH lambung.

  1. Kelapa

Buah satu ini paling kerap diambil airnya bukan? Saat Anda sedang dilanda penyakit asam lambung, pastikan untuk mengonsumsi air kelapa karena di dalamnya kaya elektrolit yang berperan besar dalam menyeimbangkan kadar pH lambung. Selain menurunkannya, mengonsumsi air kelapa juga bisa menjaga kadar asam lambung tetap stabil.

  1. Pepaya

Dikenal sebagai buah solusi sembelit, sebenarnya pepaya baik pula bagi yang memiliki masalah di lambung. Kandungan asam asetat serta askorbat di dalam buah pepaya adalah yang paling bisa diandalkan dalam menjadi penyembuh luka yang muncul di lambung. Dengan mengonsumsi rutin buah ini, Anda akan dapat meredakan rasa nyeri dan perih lambung.

  1. Alpukat

Kandungan vitamin B kompleks di dalam alpukat, belum lagi juga adanya vitamin D, vitamin E, hingga vitamin C yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh rupanya sangat baik untuk para penderita maag dan asam lambung. Serat yang ditawarkan pun baik dalam membantu pemulihan gangguan pencernaan pada lambung.

  1. Pir

Buah yang teksturnya hampir mirip dengan buah apel ini mampu menjadi penurun kadar asam lambung tinggi secara alami. Buah pir menawarkan kandungan air tinggi sehingga sangat baik bagi proses penyerapan nutrisi sekaligus efektif dalam menjaga kesehatan pencernaan. Antioksidannya pun siap menetralkan kembali berlebihnya kenaikan asam lambung.

  1. Semangka

Sama seperti halnya buah pir dan melon, semangka adalah jenis buah kaya air yang juga mampu membantu menghidrasi tubuh sekaligus kandungan alkalinya akan membuat kadar asam lambung berlebih bisa menurun dalam perut. Jika sedang mengalami penyakit maag ataupun sedang melakukan tips diet sehat, semangka adalah buah wajib menjadi asupan harian Anda.

Itulah daftar buah penurun kadar asam lambung secara ampuh dan alami yang bisa Anda konsumsi sehari-hari sampai lambung terasa lebih nyaman. Jika Anda mulai mual, sering bersendawa, sering cegukan, perut kembung, sulit menelan atau disfagia, batuk kering, tenggorokan sakit, dan juga nyeri pada bagian perut atas (ulu hati) perhatikan asupan makanan Anda dan nikmati buah-buah bermanfaat tersebut.