15 Penyebab Lambung Terasa Dingin Paling Sering Terjadi

2658

Lambung yang terasa dingin merupakan salah satu keluhan dari saluran pencernaan yang sering dialami setiap orang dan juga pada ibu hamil. Lambung yang terasa dingin dan terkadang diikuti juga dengan rasa tidak nyaman di area perut juga dapat terjadi karena kebiasaan makan yang salah atau berbagai gaya hidup yang dijalani dan juga menjadi indikator jika anda mengalami masalah dalam lambung atau alat pencernaan lainnya. Untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab lambung terasa dingin, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Kekurangan Asupan Protein

Protein menjadi zat penting yang bisa membantu proses pertumbuhan sekaligus menjaga keseimbangan di dalam tubuh. Ada banyak kegunaan protein untuk tubuh seperti berfungsi sebagai enzim yang berguna untuk meningkatkan reaksi biologis, mengatur metabolisme, membentuk sistem imun atau antibodi, menghancurkan zat asing yang masuk ke dalam tubuh, menyeimbangkan asam basa dan masih banyak lagi.

Apabila tubuh kekurangan protein, maka tidak hanya semakin rentan terhadap penyakit, namun area di sekitar lambung juga akan terasa dingin meskipun bagian tubuh tidak dingin begitu juga dengan udara di sekitar serta berbagai masalah lain di area perut.

  1. Low Grade Chronic

Low grade chronic yang terjadi sejak lama sekitar beberapa tahun akan mengarah ke kondisi yang serius khususnya bagi pelaku vegetarian yang hanya mengkonsumsi makanan mentah seperti buah dan sayuran. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan mentah ini, maka seringkali timbul masalah kesehatan khususnya di area pencernaan seperti bagian lambung yang terasa seperti dingin.

  1. Makan atau Minum Dingin Berlebih

Penyebab lainnya yang sering menyebabkan bagian lambung terasa dingin adalah terlalu sering makan dan juga minum yang bersuhu dingin seperti es.

  1. Makan Terlalu Cepat

Menyantap makanan terlalu cepat akan mengakibatkan lambung tidak bisa mencerna makanan dengan sempurna dan juga menurunkan fungsi dari lambung yang akhirnya membuat lambung anda terasa seperti dingin.

  1. Telat Makan

Saat tubuh secara teratur menerima makanan, maka lambung juga akan bekerja dengan baik. Apabila lambung telat mendapat makanan, maka area lambung akan terisi dengan gas dan udara serta asam lambung yang semakin lama semakin penuh sehingga menimbulkan rasa dingin di sekitar area lambung tersebut.

  1. Emosi Terlalu Berlebihan

Saat emosi tidak di kontrol dan terlalu berlebihan, maka ini juga akan mempengaruhi area di sekitar perut. Cara berpikir otak yang terlalu keras, timbulnya rasa cemas, marah dan berbagai emosi berlebih lainnya menyebabkan stagnasi di area perut dengan tanda seperti mual, iritasi, bersendawa dan juga rasa sakit seperti terbakar yang sering dirasakan penderita seperti lambung yang terasa dingin. Emosi yang berlebihan menyebabkan kinerja lambung jadi tidak seimbang dan dapat memblokir energi di area lambung dan membuat lambung semakin tertekan.

  1. Aktivitas Mental Berlebihan

Penyebab berikutnya yang sering mengakibatkan area lambung terasa seperti dingin adalah karena terjadi aktivitas mental terlalu berlebihan dan berlangsung dalam jangka waktu yang juga lama. Aktivitas mental berlebihan ini akan membuat kerja lambung semakin meningkat sehingga menimbulkan sensasi seperti rasa dingin.

  1. Makan Terlalu Malam

Menyantap makanan terlalu malam harus dihindari sebab saat malam hari, lambung berada dalam kondisi yang paling lemah. Jika lambung diisi dengan banyak makanan di saat kondisi lambung yang lemah tersebut, maka lambung tidak dapat meubah dan mengirimkan asupan makanan tersebut sehingga terjadi stagnasi makanan di area lambung, tidur tidak nyenyak, buang gas dan juga bagian lambung yang terasa dingin. Ini kemudian menjadi salah satu bahaya makan larut malam untuk diwaspadai.

  1. Kebiasaan Mengubah Cara Makan dan Jenis Makanan

Kebiasaan mengubah cara makan dan juga jenis makanan yang disantap ditambah dengan asupan nutrisi yang tidak seimbang serta makan terlalu cepat akan mengganggu kinerja lambung, limpa dan akhirnya menjalar ke semua bagian tubuh. Jika kebiasaan pola makan ini terus dilakukan khususnya terjadi di saat tubuh mengalami stress, maka bisa menimbulkan berbagai masalah di pencernaan dan juga sensasi dingin yang ditimbulkan oleh lambung.

  1. Masa Kehamilan

Area lambung yang terasa seperti dingin juga bisa terjadi karena wanita dalam masa kehamilan. Ada beberapa alasan mengapa dalam masa kehamilan seringkali area lambung terasa seperti dingin, yakni:

  • Beberapa area tubuh mengalami peregangan seperti kulit, pembuluh darah di area perut sehingga membuat kulit terasa dingin.
  • Perut mulai menjauh dari organ dalam tubuh yang umumnya mempertahankan panas tubuh.
  • Dalam beberapa kasus, terjadi karena zat besi yang rendah serta anemia.
  1. Terjadi Masalah Dalam Tubuh

Gejala seperti lambung yang terasa dingin juga bisa terjadi karena ada masalah di dalam tubuh dari beberapa gangguan penyakit seperti GERD, radang lambung dan esofagus, kebutuhan kalori mengalami peningkatan akan tetapi belum tercukupi, radang di area pencernaan seperti infeksi karena makanan yang mengiritasi dan juga minuman, kekurangan cairan di dalam tubuh alias dehidrasi, gangguan pada bagian tulang belakang yang akhirnya menjalar ke area perut dan sebagainya.

  1. Usia

Semakin bertambahnya umur seseorang, maka proses alami seperti menurunnya kinerja organ tubuh juga semakin berkurang seperti menjaga keseimbangan dari suhu. Pada wanita yang sudah memasuki masa menopause, maka juga akan mengalami penurunan kinerja berbagai organ sehingga menimbulkan sensasi dingin di area perut atau lambung meksipun tidak diikuti dengan demam dan bahkan cuaca sedang hangat.

  1. Keracunan Makanan atau Minuman

Keracunan yang disebabkan dari asupan makanan atau minuman juga bisa menjadi faktor timbulnya rasa dingin di area lambung. Ini bisa terjadi karena zat yang terkandung dalam makanan atau minuman sudah bercampur dengan bakteri yang kemudian akan meracuni area pencernaan sehingga kemampuan organ menjadi menurun dan timbul rasa seperti dingin pada area lambung anda.

  1. Lambung Kosong

Keadaan lambung yang kosong dan lapar akan merangsang tubuh sehingga tidak dapat mempertahankan suhu hangat khususnya di area lambung. Lambung yang kosong akan menurunkan keseimbangan tubuh dan akhirnya kehilangan kemampuan untuk menghangatkan tubuh dan menyebabkan area lambung terasa seperti dingin.

Penyebab lambung terasa dingin sangatlah beragam dan bisa terjadi pada siapapun karena pola hidup buruk, pola makan buruk dan juga ada sebuah penyakit atau infeksi yang terjadi di dalam perut. Lambung yang terasa dingin bukanlah sebuah penyakit namun menjadi indikasi jika terjadi hal yang tidak baik di area tubuh anda baik dari luar maupun dalam.