Mengeluh Sering Kembung, Rupanya Model Bikini Ini Derita Endometriosis

233

Mengeluh Sering Kembung, Rupanya Model Bikini Ini Derita EndometriosisTasha Ross (23) yang dikenal sebagai seorang model bikini ini tak banyak yang tahu bahwa dirinya mengalami kondisi tak menyenangkan dari usia 15 tahun. Walau diketahui tak ada masalah dengan makanan tertentu, dilansir dari laman mybodyandsoul.com.au, Tasha merasakan perut terasa penuh secara terus-menerus.

Perut kembungnya ini bukan perut kembung biasa karena kondisi ini pada akhir masa remajanya malah makin serius saja. Padahal ia adalah seorang model sehingga kondisi kembung ini justru berdampak buruk pada profesinya. Kembung yang ia rasakan bukan lagi hanya sekadar rasa kembung pada umumnya dengan kondisi perut tak nyaman atau bergas.

Ia mengatakan bahwa kembungnya membuat ia tampak seperti sedang hamil 6 bulan, yang artinya kondisi perut telah pada tahap menggembung sehingga tak memungkinkan baginya melakukan pemotretan. Di saat itulah ia merasakan keputusasaan karena tak bisa meredakannya dan pada akhirnya memutuskan berhenti dari dunia modeling dengan alasan perutnya menurunkan kualitas penampilannya.

Sang ibu mertua pun menyangka bahwa Tasha sedang menderita endometriosis dari gejala yang ada. Baru sesudah menempuh sejumlah proses pemeriksaan, hasil diagnosanya positif menunjukkan bahwa ia mengidap endometriosis. Endometriosis menjadi penyebab perut kembung Tasha dan ini adalah sebuah kelainan pada endometrium atau jaringan rahim yang tumbuhnya ada di luar rahim.

Sebagai langkah penanganan, Tasha pun perlu menempuh tindakan medis operasi laparoskopi demi membuat gejala-gejalanya berkurang. Operasi ini pun harus dijalaninya sebanyak dua kali, pertama untuk menghilangkan endometriosisnya ditangani oleh dokter kandungan. Pada operasi pertamanya, rasa sakit hanya hilang dalam waktu 3 bulan tapi kemudian gejala kembali lagi.

Barulah setelah itu operasi kedua ia tempuh di mana hasilnya jauh lebih baik meski memang rasa sakitnya belum sepenuhnya hilang; tapi setidaknya lebih baik ketimbang hasil operasi pertama. Pasca kedua operasinya, ia kembali ke dunia modeling tahun lalu. Tak hanya itu, ia juga menjadi finalis Miss Universe Australia dan ingin menjadi penolong wanita lain penderita endometriosis dengan menjadi duta besar Endometriosis Australia.

Selama 6 tahun ia bergumul dengan gejala perut kembungnya dan bahkan sudah 10 dokter lebih yang ia kunjungi. Namun kabar baiknya kini, ia jauh lebih baik setelah ditangani oleh dokter dan cara penanganan yang tepat. Tasha pun menyarankan bahwa meski dokter mengatakan tubuh kita baik-baik saja ketika apa yang dirasakan adalah sebaliknya, jangan menyerah; bila merasa benar-benar ada yang tak beres, cari penyebabnya dan atasi karena kita yang tahu tubuh kita sendiri.