Rambut Suka Rontok, Gunakan 5 Teh Herbal untuk Menumbuhkannya Kembali

Seiring bertambahnya usia, kerontokan rambut menjadi salah satu masalah yang dihadapi walaupun ada pula faktor lain yang mampu meningkatkan risiko tersebut. Entah itu karena stres, penyakit tertentu, efek samping kemoterapi, ataupun kekurangan nutrisi tertentu, ada sejumlah cara untuk membuat pertumbuhan rambut terjadi kembali secara alami. Teh herbal inilah yang bisa coba dipertimbangkan menjadi solusi.

1. Teh Rosemary

Bagi yang ingin menumbuhkan rambut dengan lebih dulu mencari cara melancarkan peredaran darah, teh rosemary adalah herbal yang tepat, apalagi jika memang rambut rontok karena aliran darah yang kurang lancar. Setiap hari minumlah secangkir teh rosemary seperti rekomendasi dari The Illustrated Encyclopedia.

Namun bagi yang sedang berbadan dua alias hamil, jangan sekali-kali mencoba meminum teh rosemary sebagai penumbuh rambut karena dosis besar akan memberikan efek samping perdarahan. Hanya saja untuk orang-orang pasca operasi dan melakukan kemoterapi, silakan minum rutin supaya rambut yang rontok kembali tumbuh.

2. Teh Kamomil

Rekomendasi lainnya datang dari Jean Valnet, seorang penulis The Practice of Aromatherapy yaitu menggunakan air kamomil untuk membilas kulit kepala secara rutin sebagai solusi kebotakan yang alami. Siapkan air mendidih sebanyak 1 liter, masukkan segenggam bunga kamomil ke dalamnya dan biarkan terseduh selama 20 menit.

Setelah 20 menit berlalu, saring dulu air teh yang sudah jadi, dan tunggu dingin. Barulah setelah itu, air teh ini bisa digunakan sebagai pembilas kulit kepala sekaligus rambut; lakukan setiap hari secara teratur. Jangan bilas menggunakan air bersih dulu setelahnya sebab kita perlu menunggu nutrisi dan kandungan baik kamomil meresap sempurna ke dalam kulit kepala.

3. Teh Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba sudah ada dari ribuan tahun lalu lho, dan tanaman ini memang asalnya dari daratan Tiongkok yang juga sudah biasa digunakan sebagai obat, khususnya mengobati gangguan ingatan. Namun lebih dari itu, tanaman ini mampu menjadi stimulan bagi sirkulasi darah sehingga bermanfaat sebagai pereda ketegangan saraf sekaligus solusi bagi kerontokan rambut yang diakibatkan stres.

Minumlah teh ginkgo biloba ini secara rutin untuk meningkatkan peredaran darah pada kulit kepala. Walau memang belum ada bukti nyata secara klinis yang cukup mengenai manfaatnya bagi kerontokan rambut, banyak orang meyakini kalau teh ini bermanfaat asal dosisnya tidak besar. Namun, ada baiknya juga untuk mengonsultasikan dengan ahli medis mengenai penggunaan ginkgo biloba.

4. Teh Jelatang

Jelatang dikenal juga sebagai tanaman yang bila daunnya tersentuh bisa membuat kulit jadi gatal. Namun menurut The Encyclopedia of Healing Plants, sifat diuretik pada tumbuhan jelatang rupanya mampu membantu membuang segala bentuk toksin yang menyumbat sistem sehingga nutrisi yang seharusnya terserap ke dalam kulit kepala dan rambut terhambat.

Bagi yang mengalami rambut rontok karena kekurangan nutrisi, maka meminum teh jelatang adalah salah satu solusinya karena kandungan mineral zat besi di dalamnya cukup tinggi. Selain menumbuhkan rambut kembali, masalah ketombe juga bakal teratasi dengan baik dengan mencampurkan beberapa lembar daun jelatang kering bersama minyak mustard sedikit lalu dioles ke seluruh kulit kepala serta rambut secara rutin.

5. Teh Sage

Tanaman herbal lainnya yang mungkin kedengaran asing tapi padahal sudah lama dijadikan obat adalah sage. Bahkan sage ini sering sekali dipakai sebagai rempah dan bumbu masakan juga. Selain itu, sage bisa mengatasi kebotakan lho, apapun penyebab rambut rontok berlebih, gunakan air teh sage sebagai pembilas rambut sekaligus kulit kepala.

Caranya, siapkan air mendidih sebanyak 1 liter, masukkan ke dalamnya daun sage sebanyak 1 ons. Biarkan, seduh sampai 30 menitan. Kalau sudah dingin, bisa langsung digunakan untuk membilas rambut. Sementara untuk dikonsumsi, seduhlah sesendok makan daun sage kering bersama secangkir air sekitar 10 menit. Tambahkan madu jika suka sebagai pemanis tambahan, lalu minumlah secara rutin secangkir setiap hari; tapi jika dalam kondisi hamil jangan gunakan ya.

Itu dia sederet teh herbal yang bisa digunakan sebagai pembilas rambut dan kulit kepala namun juga bisa dikonsumsi agar memperlancar peredaran darah pada bagian kulit kepala. Pilihlah cara yang sesuai dengan keinginan, lakukan perawatan secara rutin supaya rambut kembali tumbuh.