Ini 5 Faktor Rambut Menjadi Rusak

50

Punya rambut indah dan sehat pastinya diinginkan semua orang. Tapi kenyataannya kadang kita mengalami masalah rambut seperti rontok, berketombe, rambut rapuh dan mudah patah ataupun terasa gatal-gatal di kepala yang sangat mengganggu. Ternyata ada 5 faktor ini yang bisa membuat rambut kamu menjadi rusak. Yuk simak biar kamu bisa mencegahnya kalau  salah satunya terjadi padamu, karena pada dasarnya rambut rontok yang berlebihan itu memiliki bahaya rambut rontok loh. Jadi mari simak agar rambut mu sehat dan tidak mudah rontok

1. Kulit kepala mengalami infeksi

Tak jarang, tanpa disadari kulit kepala mengalami infeksi jamur. Infeksi pada kulit kepala ini diketahui dapat menyebabkan kerontokan pada rambut bila tidak segera diobati. Apabila terlanjur terjadi infeksi pada kulit kepala, kamu bisa mencoba menggunaan anti jamur agar kerontokan rambut tidak semakin parah.

2. Terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Bagi kaum perempuan kebutuhan akan kecantikan menjadi hal yang penting. Kegiatan menata rambut di salon ataupun dilakukan sendiri dirumah sudah menjadi hal yang lumrah. Wanita pergi ke salon bukan hanya untuk potong rambut, namun kegiatan meluruskan rambut, mengeriting rambut, mencatok rambut sering sekali dilakukan. Padahal sebenarnya penggunaan alat catok dan keriting rambut ini akan berdampak buruk bagi rambutmu bial terlalu sering dilakukan, jadi jangan terlalu sering ya.

3. Jarang keramas

Saat terpapar sinar matahari rambut akan bercampur dengan keringat. Keringat yang ada di kulit kepala ini akan terserap oleh folikel rambut sehingga rambut menjadi lepek. Bila kamu jarang keramas maka rambut akan semakin lembab dan berminyak sehingga mudah rontok. Lakukan kramas rambut dengan teratur dengan cara yang benar.

Jangan terlalu kencang menggosok kulit kepala, karena itu juga kan merusak folikel rambut, dan itu juga menyebabkan rambut rontok. Dan untuk menjaga kondisi rambut supaya lebih sehat, sebaiknya kamu memilih shampo yang khusus untuk rambut rontok.

Selain kamu jarang keramas yang tidak boleh, ternyata terlalu sering keramas pun tidak diperbolehkan loh, waspadai, bahaya keramas setiap hari, karena hal ini justru dapat membuat kamu justru menjadi rontok. Ngeri bukan ? jadi yuk perhatikan kesehatan rambut mu.

4. Tubuh terpapar racun dari asap rokok

Asap rokok mengandung banyak sekali zat beracun yang dapat merusak organ-organ dalam tubuh kita seperti paru-paru, jantung dan juga dapat mengganggu pertumbuhan rambut sehingga kesuburannya terganggu.

Bukan hanya itu saja,  baru-baru ini  dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal kesehatan Archives of Dematology dikemukakan bahwa kandungan dalam asalp rokok dapat merusak suplai darah ke bagian folikl rambut, sehingga kesehatan rambut terganggu. Asap rokok memang sangat berbahaya, bahkan bahaya asap rokok dapat sampai menyebabkan kematian lho

5. Mengikat rambut terlalu kuat

Mengikat rambut bisa menjadi solusi praktis saat udara terasa gerah, selain itu bagi wanita mengikat rambut juga dilakukan supaya lebih rapi dan untuk memperindah penampilannya. Terkadang, supaya rapi, rambut akan diikat kuat-kuat. Hal ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut, karena akan mmembuat bagian akar rambut tertarik dan akan memicu timbulnya rambut rontok, selain itu juga bisa berakibat sakit kepala. Apabila memang kondisi mengharuskan rambut terikat kuat, maka usahakan agar tidak terlalu lama, maksimal dua jam saja.

Itulah 5 Hal yang harus kamu ketahui mengenai  kesehatan rambut, taukah kamu bahwa banyak yang bilang bahwa rambut adalah mahkota bagi seorang wanita, jadi rawatlah rambut mu ya agar kamu pun tampak cantik.