Home Tips KesehatanKesehatan Rambut 26 Penumbuh Rambut Alami Paling Efektif

26 Penumbuh Rambut Alami Paling Efektif

by Erlita

Rambut rontok bisa menjadi masalah cukup besar bagi banyak orang karena ketika rontok secara berlebihan, maka ini bisa mengakibatkan kebotakan. Tak hanya kerontokan saja yang menjadi masalah, namun bagi orang-orang yang memang memiliki rambut sedikit atau tipis, ini juga menjadi masalah. Tak perlu harus menggunakan obat-obat kimia untuk menumbuhkan rambut kalau mempunyai penumbuh rambut alami.

Supaya tak khawatir lagi soal rambut yang tipis maupun yang suka rontok, ada beberapa bahan yang bisa dicoba untuk membuat rambut terangsang tumbuh secara alami. Karena yang alami selalu lebih baik, tentu Anda perlu mempertimbangkan berbagai bahan alami di bawah ini supaya rambut tumbuh lebat dan juga kuat.

(Baca juga: cara menumbuhkan rambut botak)

1. Minyak Zaitun

Bahan pertama yang bisa dipertimbangkan sebagai obat penumbuh rambut alami adalah minyak zaitun. Tak hanya menumbuhkan rambut, minyak zaitun adalah bahan alami yang bisa mengatasi masalah rambut kering, rambut beruban dan juga rambut bercabang. Supaya rambut tumbuh lebat, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dengan mudah.

Cukup mengoleskan langsung ke rambut dan kulit kepala setiap setelah keramas, Anda bisa melakukannya secara rutin supaya hasilnya maksimal. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan perawatan menggunakan penumbuh rambut ini setiap malam hari dan kemudian menggunakan penutup kepala. Biarkan semalaman supaya minyak teresap sempurna di mana esok paginyalah baru Anda bisa bersihkan.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis tak hanya bisa dijadikan sebagai obat batuk saja karena sebenarnya jeruk nipis juga bisa dijadikan obat untuj menumbuhkan rambut. Kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis sangat tinggi sehingga juga berkhasiat dalam mengatasi kulit berketombe dan juga terasa gatal.

Untuk menggunakannya, caranya sangat sederhana karena cukup dengan menyiapkan 1 buah jeruk nipis yang telah dicuci bersih. Potong menjadi 2 bagian lalu ambil airnya dengan memerasnya. Air perasan jeruk nipis tersebut perlu dioles ke bagian kulit kepala serta rambut dan pijatlah ringan. Sesudah itu, barulah Anda bisa gunakan handuk halus untuk menutup kepala dan diamkan selama beberapa jam sebelum dibasuh air.

(Baca juga: cara mengatasi kepala botak depan)

3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri kerap dianggap sebagai penghitam rambut paling alami dan efektif, namun sebenarnya juga bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut. Tak hanya mencegah kebotakan, minyak kemiri pun bisa mengatasi kebotakan di mana kerontokan rambut terjadi secara berlebihan.

Untuk menggunakannya, cukup dengan menyiapkan kemiri 7 buah dan ditumbuk sampai benar-benar halus. Kemiri tersebut pun bisa dimasak dan masukkan air sedikit sampai keluar minyaknya. Minyak inilah yang dipakai untuk dioles ke kulit kepala dan rambut dan dibiarkan hingga 1 jam sebelum dikeramasi setelah itu. Karena mampu menghitamkan, minyak kemiri sangat dianjurkan untuk yang punya masalah uban.

4. Bawang Merah

Walau ada efek samping bawang merah, tetap saja bumbu dapur ini menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya baik untuk menurunkan darah tinggi, bawang merah juga bisa digunakan sebagai penumbuh rambut yang bekerja secara alami. Tak cuma menambah kelezatan pada masakan, cobalah pakai bawang merah sebagai bahan yang menyuburkan rambut.

Untuk memakainya pun sangat mudah karena Anda cukup mengambil beberapa siung saja dan tumbuklah sampai benar-benar halus. Hasil bawang merah yang telah dihaluskan bisa dioles ke seluruh bagian rambut hingga merata dan tunggu meresap dengan membiarkannya beberapa menit. Lanjutkan dengan mengeramasinya hingga bersih dan lakukan metode ini seminggu 3 kali.

5. Lidah Buaya

Dalam mengatasi rambut tipis atau rontok di mana hal ini bisa menjadi pemicu dari kebotakan, maka lidah buaya adalah salah satu tanaman yang bisa diandalkan. Khasiat lidah buaya untuk kulit memang sudah terkenal sejak dulu, begitu juga khasiatnya bagi rambut.

Untuk menggunakan sebagai penumbuh rambut, tinggal ambil batang tanaman lidah buaya yang kemudian bisa dikupas kulitnya. Ambil gelnya dan kemudian oles dari ujung rambut sampai dengan kulit kepala sampai rata. Gunakan handuk atau shower cap untuk menutup kepala semalaman. Esok paginya barulah Anda keramasi sampai bersih dan lakukan metode ini sekali seminggu secara teratur.

6. Daun Seledri

Tak hanya menjadi pelengkap dan penyedap masakan, daun seledri juga mampu memberikan yang terbaik bagi rambut yang terus-terusan rontok atau rambut yang tipis. Untuk masalah kebotakan, Anda bisa mencoba menggunakan penumbuh rambut ini dengan cara meramu yang sangat sederhana.

Ambil saja 15 batang seledri yang Anda lebih dulu cuci bersih dan potong kecil-kecil sebelum kemudian lanjut dihaluskan. Hasil yang sudah halus bisa dicampur dengan telur dan kemudian dioles ke rambut dan kulit kepala hingga merata sambil memijatnya perlahan. Tunggulah sekitar setengah jam sebelum dikeramasi seperti biasa; penggunaan penumbuh rambut ini bisa seminggu 2 kali saja.

7. Umbi Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan selain apel karena selain tinggi akan vitamin C, kalium pun berkadar besar. Namun untuk menumbuhkan rambut, Anda perlu menggunakan umbinya. Manfaat terbesar bagi kesehatan rambut adalah dari bagian umbinya sehingga sangat boleh untuk langsung dicoba.

Sediakan umbi pisang dan kemudian Anda bisa bersihkan lebih dulu di mana kemudian dibuat lubang dengan kedalaman sekitar 18 cm. Atau kalau ingin membuat lubang dengan kedalaman sejengkal bisa juga di mana tujuannya adalah supaya air bisa terkumpul di dalam umbi. Sesudah itu, air tersebut bisa Anda pakai untuk dioles ke seluruh kulit kepala.

8. Klerak

Penumbuh rambut yang alami dan jelas aman adalah klerak di mana nama lainnya adalah lerak. Khasiat yang besar bisa didapat dari biji klerak ini untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut. Penggunaannya yang mudah menjadi keunggulan juga dari ramuan ini sehingga bisa dipakai oleh siapapun.

Untuk pemakaian, Anda bisa menyediakan biji klerak sebanyak 12 biji dan kemudian bersihkan dulu sebelum mengolahnya. Rendamlah di dalam air hangat sampai air hangat tersebut menjadi dingin. Air rendaman biji klerak inilah yang bisa Anda oles ke kulit kepala sambil memijat-mijatnya. Tutuplah rambut menggunakan penutup kepala atau handuk semalaman.

9. Kelapa Hijau

Untuk menumbuhkan rambut secara efektif dan tanpa efek samping berbahaya, Anda wajib untuk mencoba memakai tumbuhan kelapa hijau. Air kelapa hijau mengandung manfaat besar untuk rambut dan Anda hanya perlu melakukan pemangkasan pada serabut kelapa bagian bawah dan atas.

Ciptakan lubang pada satu sisi dan Anda bisa memasukan sesendok teh garam melalui lubang tersebut. Taruh kelapa di luar rumah pada malam hari dan tinggalkan sampai eskoknya di mana air tersebut kemudian bisa digunakan untuk dioles dan diratakan ke kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan metode ini setiap petang hari sehabis mandi dan rambut kemudian dibungkus menggunakan handuk halus.

10. Daun Kacang Panjang

Tak banyak yang tahu bahwa daun kacang panjang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah sebagai penumbuh rambut. Jenis daun ini bisa dijadikan masker rambut sehingga Anda yang merasa rambutnya terlalu tipis atau terlalu mudah rontok bisa langsung menggunakan bahan ini. Ambil saja daun kacang panjang secukupnya sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Jangan lupa untuk mencucinya lebih dulu dan haluskan dengan menumbuknya. Setelah itu masukkan minyak kastor sebanyak 2 sendok makan, lalu campurkan dengan mengaduknya sampai rata. Masker rambut sudah jadi dan adonan bisa dioles merata ke bagian rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Setiap sehabis mandi sore, lakukan metide ini dan kemudian tutup rambut dan kepala dengan handuk.

11. Bayam

Selain baik untuk kesehatan tubuh, bayam adalah jenis sayur yang akan menyelamatkan Anda dari kerontokan rambut dan juga kebotakan. Meski biasanya bayam harus dimasak lebih dulu, Anda bisa menggunakan sayur ini untuk dikonsumsi sebagai obat penumbuh rambut supaya rambut yang tipis atau rontok bisa tumbuh subur kembali.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengambil ½ genggam bayam dan cucilah bersih lebih dulu. Setelah dicuci bersih haluskanlah, lalu Anda bisa menambahkan air hangat sebanyak 1 sendok makan bersama dengan madu murni secukupnya. Setelah itu, peraslah dan saring campuran bayam sampai menghasilkan minuman dan ramuan pun bisa dikonsumsi sehingga merangsang pertumbuhan rambut dari dalam.

12. Daun Mangkokan

Untuk menumbuhkan rambut, ada pula daun mangkokan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Meski jarang terdengar, daun mangkokan menawarkan segudang khasiat bagi rambut dan kulit kepala. Kandungan vitamin A, protein, kalsium, zat besi, vitamin C, fosfor, lemak, dan vitamin B-nya sangat tinggi untuk memberikan nutrisi.

Supaya memperoleh manfaat secara optimal, tak ada salahnya untuk menggunakan daun ini, terlebih bagi Anda yang memang sangat familiar dengan daun ini. Jika bisa dengan mudah memperolehnya, maka tak Anda bisa memakainya sebagai obat penumbuh rambut. Haluskan daunnya dan oles ke kulit kepala, tinggalkan beberapa menit dan keramasi.

(Baca juga: penyebab rambut beruban)

13. Telur

Makanan yang mengandung omega-3 tinggi ini juga terkenal akan kandungan protein serta biotinnya di mana sangat bagus untuk menumbuhkan rambut. Tak semua bagian putih telur bisa dipakai untuk menjadi obat penumbuh rambut. Bila ingin memakainya, Anda bisa mencoba bagian kuningnya saja.

Kalau orang-orang dengan kolesterol tinggi harus menjauhi bagian kuningnya, Anda yang ingin menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut, cobalah bagian kuningnya. Biasanya suplemen kuning telur adalah yang paling sering dikonsumsi. Bagian putihnya justru adalah penghambat penyerapan biotin ke dalam tubuh sehingga memang harus Anda pisahkan dan ambil kuningnya saja bila ingin merawat rambut serta kulit kepala.

14. Ubi Manis

Kaya akan kandungan betakaroten, ubi manis atau ubi jalar adalah makanan mengenyangkan dan menyehatkan. Selain mampu memenuhi nutrisi vitamin A yang diperlukan tubuh, kulit kepala dan rambut yang rapuh juga bisa diatasi dengan bahan satu ini. Untuk menumbuhkan rambut dengan cepat dan efektif, bahan ini boleh dicoba.

Cukup dengan mengonsumsinya secara rutin yakni dengan takaran yang tepat, maka hasilnya pasti akan bisa dirasakan sendiri. Hanya saja, ingat bahwa yang berlebihan itu selalu tak baik bagi tubuh, yakni apabila mengonsumsi ubi manis yang berbetakaroten tinggi dengan kadar 2500 mg. Ini justru bisa menjadi racun bagi tubuh kalau konsumsi tak terkendali.

15. Salmon

Ikan salmon yang kaya akan omega-3 sepertinya sudah tak usah ditanya lagi tentang manfaatnya bagi kesehatan otak. Banyak orang memanfaatkannya sebagai penstimulasi perkembangan otak supaya sempurna dan selalu sehat. Kaya akan protein dan vitamin D juga, salmon bisa membantu untuk menutrisi rambut dan kulit kepala.

Supaya rambut bisa tumbuh dengan cukup cepat dan alami, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memasukkan ikan salmon ke dalam menu diet harian Anda. Selain mendukung pertumbuhan rambut serta menguatkan akarnya, Anda juga akan merasakan bahwa kulit kepala menjadi lebih sehat juga, jadi boleh segera dicoba.

(Baca juga: penyebab rambut rontok)

16. Biji Bunga Matahari

Masih ada lagi bahan yang bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut secara alami, yakni biji bunga matahari. Cukup dengan mengonsumsi beberapa biji setiap harinya, kandungan vitamin E di dalamnya akan membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Dengan demikian, pertumbuhan rambut juga akan terdukung menjadi jauh lebih lancar.

17. Almond

Kacang satu ini menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan almond sendiri juga sebetulnya sangat baik dijadikan cemilan sehat, khususnya bagi yang sedang berdiet. Almond memiliki kandungan biotin yang sangat tinggi sehingga memang terpercaya dalam membuat rambut tumbuh lebih cepat dan tebal.

Untuk menggunakannya, Anda tak usah sulit-sulit meramu karena cukup dengan mengambil kacang almond sebanyak 1 cangkir dan mengonsumsinya rutin saja sudah akan membawa keberhasilan bagi pertumbuhan rambut Anda. Jika mengonsumsi rutin selama kurang lebih 1-2 bulan, hasilnya akan terlihat dan Anda pasti akan merasa puas setelah membuktikannya.

18. Alpukat

Buah yang paling sering dijadikan minuman jus dengan tambahkan susu coklat manis ini memang sangat menyegarkan ketika dinikmati. Namun sebagian dari kita belum begitu tahu bahwa alpukat merupakan buah yang baik untuk pertumbuhan rambut. Asam lemak esensial di dalam alpukat termasuk tinggi sehingga memang berguna untuk mendukung kesehatan kulit serta rambut.

Untuk menggunakannya, biasanya kebanyakan orang akan menjadikannya sebagai masker rambut ketimbang dikonsumsi. Produksi kolagen serta elastin akan terstimulasi dengan pengaplikasian ramuan buah alpukat yang dagingnya sudah dihaluskan. Aplikasikan merata pada rambut dan kulit kepala, lalu tunggu 10-15 menit lamanya sebelum kemudian Anda beranjak untuk membersihkannya. Pasca perawatan dengan alpukat ini, Anda bisa mengeramasi rambut dan kulit kepala.

(Baca juga: penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah)

19. Paprika Kuning

Jika ingin menggunakan obat penumbuh rambut yang alami, ada lagi bahan yang aman dan sangat terekomendasi, yakni paprika kuning. Seperti kita tahu, paprika ada yang berwarna hijau dan merah juga, namun yang warna kuninglah yang bisa membantu pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin C di dalam paprika kuning ada 5 kali lebih banyak ketimbang yang ada di dalam buah jeruk.

Tentunya dengan kadar vitamin C tinggi, paprika kuning otomatis menawarkan antioksidan tinggi yang akan melindungi sekaligus menguatkan akar rambut. Jika tadinya mudah rontok, cobalah untuk mengonsumsi paprika kuning secara teratur dan Anda akan merasakan sendiri manfaatnya di mana kerusakan rambut bakal dicegahs secara efektif.

20. Tiram

Untuk membuat rambut tumbuh lebih lebat, tiram adalah penumbuh rambut lainnya yang bakal bekerja secara alami. Rambut yang rontok bisa terjadi karena kurangnya zinc di dalam tubuh sehingga kulit kepala pun menjadi buruk. Kaya akan kandungan zinc, tiram bisa dikonsumsi rutin supaya Anda bisa membuktikan hasilnya yang memuaskan.

21. Nyamplung

Ada lagi tanaman super dan ajaib yang alami dan efektif untuk membuat rambut tumbuh lebih lebat. Ketika rontok berlebihan, Anda mungkin akan merasa kebingungan karena takut akan risiko kebotakan. Oleh karena itu, carilah tumbuhan bernama nyamplung di mana kandungan di dalamnya bermanfaat banyak untuk kesehatan.

Biji nyamplung adalah yang paling baik untuk dijadikan sebagai obat rambut rontok dan mampu menumbuhkan kembali dengan efektif. Sediakanlah biji nyamplung sebanyak 1 genggaman tangan Anda dan taruhlah di atas piring untuk dijemur. Jemurlah sampai keluar minyak dan minyak dari biji nyamplung inilah yang dioles ke kulit kepala, persis seperti penggunaan minyak kemiri tadi.

(Baca juga: kulit kepala terasa panas dan perih)

22. Cuka Sari Apel

Banyak orang hanya tahu bahwa cuka sari apel berguna bagi penderita tekanan darah tinggi atau penyumbatan pembuluh darah. Padahal, cuka sari apel adalah bahan yang juga berkhasiat bila dipakai untuk merawat rambut. Agar rambut tumbuh dengan cepat dan kuat, cuka sari apel adalah salah satu solusinya.

Cukup gunakan saja secukupnya untuk dioles ke rambut dan kulit kepala secara rutin. Selain mampu menstimulasi folikel rambut, cuka sari apel merupakan bahan yang siap menjaga keseimbangan level pH rambut. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi takut akan kerusakan rambut apalagi kerontokan yang berlebihan.

23. Minyak Jarak

Tahukah Anda bahwa minyak jarak adalah bahan yang mampu mendukung pertumbuhan rambut? Menggunakannya dengan cara dioles ke kulit kepala sekaligus memberikan pijatan akan menstimulasi folikel rambut. Aplikasikan saja minyak jarak yang sudah dihangatkan sebelumnya, lalu jadikan sebagai kondisioner alami bagi rambut Anda.

Oles dan usapkan ke sepanjang rambut Anda berikut juga dipijatkan ke kulit kepala paling tidak selama 3-5 menit. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air biasa. Melakukan metode ini setidaknya seminggu 1 kali saja adalah cara terbaik untuk memberikan nutrisi pada rambut secara maksimal. Hanya saja, selalu panaskan lebih dulu sebelum minyak jarak dipakai supaya hasil lebih optimal.

(Baca juga: penyebab kebotakan)

24. Akar Bit

Akar bit bisa menjadi bahan alami yang dipakai sebagai penumbuh rambut dengan membuatnya sebagai jus. Blenderlah akar bit secukupnya dan kemudian bisa Anda saring untuk mendapatkan hasilnya. Karena kaya akan vitamin C, kalsium, vitamin B, karoten, protein, kalium, magnesium, dan zat besi, maka rambut dan kulit kepala pasti ternutrisi dengan baik.

Supaya pertumbuhan rambut terjadi lebih cepat dan maksimal, maka rajin-rajinlah meminum jus akar bit. Bila ingin, campurkan atau kombinasikan dengan bahan lainnya, seperti ketumbar, mentimun, atau wortel. Bahan-bahan sayuran lainnya juga boleh dicoba sebagai kombinasi dan minumlah seperti meminum smoothies. Rasakan sendiri khasiatnya setelah beberapa bulan.

25. Indian Gooseberry

Kerontokan rambut akan berujung pada kebotakan, entah Anda masih muda atau sudah tua. Untuk menyelamatkan kerontokan rambut yang terjadi secara berlebihan, Anda bisa mencoba mengaplikasikan minyak kelapa yang dikombinasikan dengan Indian gooseberry atau yang disebut dengan istilah amla.

Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan memanaskan dulu minyak kelapa secukupnya dan masaklah amla kering bersama dengan minyak yang dipanaskan tersebut. Saringlah dan tunggu dingin sebelum kemudian diaplikasikan ke kulit kepala serta rambut. Tunggulah sekitar setengah jam lamanya supaya nutrisi terserap maksimal, lanjutkan kemudian dengan mengeramasinya sampai bersih.

26. Rosemary

Bahan lain yang sama ampuhnya dengan bahan-bahan penumbuh rambut yang sudah disebutkan di atas adalah rosemary. Herbal ini akan membantu pertumbuhan rambut menjadi jauh lebih cepat dan baik. Tak sekadar menumbuhkan, rosemary akan membantu agar akar rambut lebih kuat serta menghilangkan ketombe berlebihan.

Untuk menggunakannya, cukup Anda ambil minyak rosemary sebanyak 2 tetes untuk dicampurkan bersama jenis minyak lainnya seperti minyak alpukat, minyak kelapa atau minyak almond. Setelah dicampurkan, Anda bisa mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala sampai rata, baru kemudian setelah 1 ½ jam bisa Anda keramasi seperti biasa.

(Baca juga: bahaya rambut rontok)

Itulah daftar penumbuh rambut alami yang paling bisa diandalkan karena kandungan nutrisi yang tinggi sehingga aman dan efektif untuk mengatasi rambut tipis, kerontokan rambut hingga kebotakan. Asalkan pemakaiannya rutin selama 1-2 bulan, maka Anda baru bisa melihat hasil optimalnya.

You may also like