15 Penyebab Kebotakan Rambut Dini di Usia Muda

3540

Kebotakan. Botak. Sudah tidak asing bukan dengan nama itu. Kebotakan atau botak ini sering terjadi ketika usia sudah beranjak tua. Namun hal ini pun bisa terjadi ketika masih muda. Lalu apa saja penyebab kebotakan di usia muda, dan apasih kebotakan itu. Kebotakan merupakan kondisi dimana hilangnya rambut seseorang baik itu hilang secara keseluruhan maupun hilang hanya sebagian saja. banyak penyebab yang menyebabkan kebotakan di usia muda adapun beberapa penyebab terebut adalah

  1. Keturunan

Keturunan bisa menjadi hal yang paling mendasar, jika hormon yang diturunkan dari kedua orang tuanya sama maka hormon tersubut juga akan membuat tumbuh rambut anak menjadi tidak baik dan tentu hal ini bisa menyebabkan kebotakan terutama kebotakan pada usia muda.

  1. Usia sudah tua

Usia yang menjelang tua biasa ditandai dengan habisnya rambut-rambut. Pada usia tua ini hormon tentu sudah berubah sudah tidak akan sesubur dahulu. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan pada rambut kurang subur dan menyebabkan kerontokan dan kebotakan pula pada rambut. Meskipun ini bukan penyebab kebotakan pada usia muda tetapi hal ini juga perlu diketahui.

  1. Adanya perubahan hormon

Hormon mempengaruhi semua pertumbuhan termasuk pada pertumbuhan rambut, hormon dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi baik dan juga buruk. Jika hormon yang ada dalam rambut sesuai dengan pertumbuhan rambut maka rambut dapat tumbuh subur, tetapi jika hormon dalam rambut tidak sesuai dengan kondisi rambut maka akan menyebabkan kerontokan dan kebotakan.

  1. Demam

Demam bisa jadi membuat rambut menjadi rontok dan tidak berdaya. Ketika seseorang mengalami demam ia akan mengalami pula gangguan pada kepala terutama pada kulit kepala. Gangguan pada kulit kepala ini akan membuat kulit kepala menjadi tidak sehat dan tidak normal. Kulit kepala yang tidak sehat dan tidak normal ini akan menyebabkan kerontokan terjadi pada kulit kepala sehingga menjadi penyebab kebotakan. Jika hal ini terjadi di usia muda maka akan terjadi pula kebotakan di usia muda.

  1. Keadaan kulit

Keaaan kulit pada rambut sangat mempengharuhi pertumbuhan rambut, kulit rambut yang sehat akan membuat pertumbuhan rambut pun akan sehat, namun kondisi rambut yang tidak sehat ini akan membuat keadaan rambut juga tidak sehat. Rambut yang sehat ditentukan dengan kulit kepala, kulit kepala sehat ditentukan dengan makanan dan asupan lainya seperti halnya mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dapat membantu pertumbuhan pada rambut.

  1. Menderita penyakit

Menderita penyakit seperti Gejala diabetes dan penyakit lainnya seperti kanker, leukimia dan lain-lain ini dapat menyebabkan kebotakan pada penderitanya. Salah satu gejala dari semua penyakit itu adalah rambut rontok. Sehingga tentu saja penyakit itu akan membuat rambut menjadi rontok dan mengalami kebotakan.

  1. Konsumsi vitamin A yang berlebihan

Vitamin A baik untuk mata dan juga baik untuk rambut, tetapi vitamin A berlebihan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut. Karena akan membuat rambut kesulitan dalam menumbuhkan rambut itu terus-menerus dan bila rambut tidak tumbuh akan menyebabkan kebotakan.

  1. Menggunakan sampo berlebihan

Keramas dan menggunakan sampo memang baik untuk kesehatan tetapi menggunakan sampo secara terus menerus tanpa memperhatikan porsi yang harus dikonsumsi justru akan merusak keratin rambut yang akan membuat rambut mudah rontok. Kerontokan pada rambut inilah yang akan menyebabkan kebotakan. Karena selain kerontokan itu terjadi ada pula kegagalan kulit kepala dalam menciptakan rambut kembali sehingga botak.

  1. Menggunakan sampo yang tidak cocok

Sampo yang tidak cocok untuk kulit kepala akan membuat rambut menjadi rontok, kerontokan pada rambut secara terus menerus tentu akan menyebabkan kebotakan pada kepala. Hal ini disebabkan karena kulit kepala tidak sehat lagi.

  1. Stres

Stress dapat membuat gangguan pada pertumbuhan rambut, pertumbuhan rambut dapat terhambat hanya karena stress ini. Steres memang cukup berbahaya apalagi stress yang berkepanjangan. Stress yang berkepanjangan tidak hanya mampu untuk membuat rambut botak tetapi hal ini dapat membuat kondisi tubuh menjadi rentan terhadap penyakit seperti sakit kepala. Untuk itu ketahuilah bagaimana cara mengatasi stress yang baik dan benar agar tidak mengaggu tubuh.

  1. Terlalu cemas

Cemas yang berlebihan merupakan kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan karena kecemasan yang berlebihan ini dapat mengurangi daya konsentrasi serta dapat membuat seorang lebih mudah tua. Faktor dari kebotakan adalah kecemasan. Kecemasan akan membuat penderitanya menjadi stress sehingga mengurangi daya tumbuh rambut dan rambut akan mengalami kebotakan.

  1. Adanya luka bakar

Luka bakar bila terjadi di kulit kepala tentu akan menyebabkan kulit kepala sulit untuk ditumbuhi rambut lagi. seperti halnya borok. Ketika kulit itu borok pasti akan sulit rambut tumbuh di sana. Untuk ituluka bakar perlu diobati dengan segera agar segera pula rambut bisa kembali lagi.

  1. Melakukan terapi penyinaran

Terapi penyinaran seperti yang dilakukan untuk penyembuhan kanker ini mampu untuk menghambat sel kanker agar tidak tumbuh dengan cepat di tubuh. Tetapi penyinaran juga dapat menyebabkan kebotakan karena ada sl rambu yang harusnya tumbuh menjadi mati akibat penyinaran ini.

  1. Terlalu banyak protein

Makanan yang mengandung protein sangat baik untuk kesehatan. Banyak  pula Makanan tinggi protein yang dapat ditemui dengan mudah seperti layaknya telur dan daging-dagingan, protein tinggi pun dapat di temukan di kacang-kacangan. Meskipun sebenarnya protein  memiliki manfaat yang tinggi untuk tubuh, tetapi penggunaaan protein yang terllaluu berlebihan ternyata mempu membuat kebotakan apalagi pada usia yang masih muda.

  1. Trikotilomania

Trikotiomania merupakan suatu pristiwa dimana adanya dorongan yang cukup kuat untuk menarik rambut sehingga rambut menjadi rontok. Hal ini berasal dari keadaan stress yang dialami oleh seseorang sehingga akan mengalami kebotakan. Tentu stress ini tidak hanya sementara tetapi stress yang berkepanjangan.

Lima belas penyebab kebotakan itu perlu diwaspadai jangan sampai kebotakan menyerang anda apalagi di usia anda yang masih muda. Untuk itu rawatlah rambut anda dengan benar dan jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi prottein dan juga vitamin A. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi hal tersebut dapat membuat kebotakan terjadi di usia muda.